Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 45)

  • Selamat Datang Rabiul...
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 15:35 WIB
    Selamat datang Rabiul Awal 2022. Hari ini kita memasuki bulan kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam 1 Rabiul Awal 1444 Hijriyah bertepatan Selasa (27/9/2022).
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Tausiyah
    Minggu, 24 November 2019 - 08:05 WIB
    Hubungan antara seorang mukmin dan Rasulnya bukan hubungan biasa. Tapi hubungan di atas segalanya, setelah Allah Taala tentunya.
  • Begini Doa dan Zikir...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 19:09 WIB
    Menurut Imam Nawawi, ketika berdiri dari ruku sunnahnya adalah mengatakan samiAllahu liman hamidah dan boleh mengatakan man hamidallaha samia lahu.
  • Sang Penakluk Konstantinopel...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Kekuatan Sultan Muhammad al Fatih terletak pada ketinggian pribadinya. Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun.
  • Kisah Tanda Cahaya Muhammad...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 17:58 WIB
    Syits punya seorang anak laki-laki yang diberi nama Anusy. Di kening Syits terdapat cahaya Muhammad yang berpindah kepadanya dari Adam. Setelah Anusy lahir, cahaya itu berpindah ke keningnya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Istri-Istri Nabi Cemburu...
    Hikmah
    Minggu, 14 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Umar menemui istri-istri Nabi dan berkata kepada mereka: Kalau kalian tidak mau mengubah sikap kamu Allah akan menggantikan kamu dengan yang lebih baik dari kamu semua.
  • Begini Nasib Sahabat...
    Hikmah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 18:33 WIB
    Pada suatu hari ketika Abdullah bin Umar diminta pernyataan baiatnya, ia menolak. Ia baru bersedia membaiat Ali r.a., kalau semua orang sudah menyatakan baiatnya.
  • Kisah Allah Taala Mengangkat...
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:05 WIB
    Allah SWT mengangkat Nabi Idris ke langit pada 10 Muharam dan mewafatkannya di sana. Ibnu Katsir dalam Qashash Al-Anbiya menyebut Nabi Muhammad saat Mikraj bertemu Nabi Idris di langit keempat.
  • Nabi Idris Serahkan...
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:24 WIB
    Nabi Idris naik ke langit, yang menyerahkan urusannya Matusyilakh. Setelah Matusyilakh meninggal, tabut dan suhuf diserahkan kepada anaknya, Lamik.
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 22:33 WIB
    Gus Musa Muhammad dalam satu kajiannya menceritakan satu kisah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang mencium tangan seorang sahabat. Berikut kisahnya.
  • Jumat Berkah, 11 Keutamaan...
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat ke atas Nabi. Wahai orang-orang beriman, bersalawatlah kamu ke atasnya dan ucapkanlah salam dengan penghormatan.
  • Inilah Penyebab Terjadinya...
    Hikmah
    Senin, 02 Maret 2020 - 21:11 WIB
    Pasukan kecil kaum muslim yang berjumlah 300-an orang bertempur menghadapi pasukan kafir Quraisy Mekkah yang berjumlah 1.000-an orang. Berikut kisahnya.
  • Surat Yusuf Ayat 58:...
    Hikmah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 07:05 WIB
    Lanjutan tadabur Surat Yusuf mulai memasuki cerita yang sangat menarik. Berikut ini kisah pertemuan Nabi Yusuf dengan saudara-saudara yang pernah menzaliminya.
  • Nabi Muhammad SAW Belajar...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:36 WIB
    Kaum musyrik menuduh Nabi Muhammad menyampaikan dalil-dalil dalam Al-Quran kepada mereka, setelah beliau belajar dari orang lain.Menunjuk menunjuk guru Nabi SAW itu adalah seorang lelaki Nasrani.
  • Kisah Sultan Muhammad...
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Penguasa Turki Utsmaniyah, Sultan Muhammad Al-Fatih atau Mehmed II atau Mehmed Sang Penakluk, membangun militer semakin tangguh setelah menaklukkan Konstantinopel pada 1453.
  • Nabi Yeremia Sama dengan...
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Ada yang mengatakan bahwa ia adalah Nabi Khidir, sebagaimana diriwayatkan oleh Adh-Dhahhak dari Ibnu Abbas. Namun riwayat ini aneh dan tidak benar, tulis Ibnu Katsir.
  • Subhanallah, Inilah...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 23:14 WIB
    Dalam satu Hadis diceritakan bahwa sahabat bernama Abu Dzar Al-Ghifari radhiyallahu anhu pernah meminta wasiat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • Kudeta di Kerajaan Nabi...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Kudeta sempat mewarnai Kerajaan Nabi Daud. Putra tertua Nabi Daud, Absalom melancarkan kudeta setelah membaca gelagat dirinya tak bakal ditunjuk ayahnya sebagai pengganti raja.
  • Rasulullah Jatuh Pingsan...
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:02 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) sendiri pernah jatuh pingsan ketika mendengar penjelasan Jibril tentang neraka dan penghuninya. Berikut kisahnya.
  • 13 Fakta Perang Khaibar:...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 14:44 WIB
    Setidaknya ada 13 fakta Perang Khaibar: 1.600 Pasukan Rasulullah SAW Binasakan 10.000 Pasukan Yahudi. Ini adalah perang terbesar di era itu dan berlangsung sangat sengit.