Topik Terkait: Membantu Orang Lemah (halaman 4)

  • Dahsyatnya Doa Orang...
    Muslimah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 15:41 WIB
    Ini mengenai kejahatan dan dampak buruk dari sebuah fitnah. Bukan hanya merugikan orang lain yang kita fitnah saja, melainkan tentu bagi diri kita sendiri karena akan mendapat azab dari Allah.
  • Cara Kirim Doa Yasin...
    Tips
    Selasa, 05 Desember 2023 - 19:39 WIB
    Cara mengirim doa Yasin untuk orang meninggal termasuk amalan yang dianjurkan dalam Islam. Berikut tata tacaranya beserta bacaannya.
  • Kiriman Doa untuk Orang...
    Tips
    Senin, 28 Maret 2022 - 15:21 WIB
    Ketika ada orang yang meninggal dunia, biasanya orang yang masih hidup berkirim doa untuk sang mayit. Benarkah doa yang dikirim akan sampai pada orang yang meninggal tersebut?
  • Orang Kaya yang Tertipu:...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Imam Al-Ghazali menyebut kelompok orang-orang kaya yang tertipu. Mereka rajin menumpuk dan menyimpan harta kekayaannya tapi sangat pelit (bakhil) untuk membelanjakan harta kekayaan tersebut.
  • 3 Doa untuk Orang Tua...
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:40 WIB
    Pentingnya mendoakan orang tua baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, karena kita tahu bahwa ridho Allah SWT yang bergantung pada ridho orang tua.
  • Gus Baha: Kalau Masih...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 15:35 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab dipanggill Gus Baha mengatakan kalau masih miskin maka berbahagialah. Ada apa dengan orang miskin hingga Gus Baha menyampaikan pujiannya?
  • Shafiyah yang Terpelajar,...
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 13:05 WIB
    Shafiyah binti Huyai merupakan sSalah satu istri Rasulullah Shallallaahu alaihi wa sallam yang bukan keturunan Arab Quraysh melainkan putri tokoh yahudi Khaibar.
  • 3 Ciri Orang Bertakwa...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Dalam Surat Ali Imran ayat 133134, dijelaskan tentang tiga ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang bertakwa. Ciri-ciri seperti apakah itu:
  • Rasulullah Tertawa Saat...
    Hikmah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 07:57 WIB
    Dalam satu riwayat diceritakan bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tertawa ketika menceritakan orang terakhir yang masuk surga. Berikut kisahnya.
  • Cara Mengirim Doa untuk...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 23:29 WIB
    Mendoakan orang meninggal atau memohon istighfar kepada Allah untuk mereka merupakan anjuran syariat. Berikut cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal.
  • Inilah Bentuk Keteladanan...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 17:29 WIB
    Dalam konsep pendidikan Islam, orang tua teladan hendaknya memiliki rasa takut kepada Allah jika meninggalkan anak-anaknya dalam kondisi lemah dan jauh dari rahmat Rabbnya.
  • Kisah Hikmah : Mengajarkan...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Banyak kisah hikmah dari para sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yang bisa menjadi teladan untuk anak-anak. Salah satu kisahnya yakni tentang Uwais Al-Qarni.
  • Hadis dan Ayat tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 15:27 WIB
    Ada sejumlah hadis dan ayat tentang larangan mempersulit urusan orang lain dalam Islam. Larangan ini bisa menjadi renungan kita bersama, khususnya dalam hal sikap berempati dan tolong-menolong.
  • Diam-diam Mendoakan...
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 16:50 WIB
    Tidak akan rugi seseorang yang mendoakan kebaikan untuk orang lain, terlebih lagi jika mendoakannya secara diam-diam. Karena doa yang kita minta untuk orang lain itu merupakan salah satu sebab terkabulnya doa-doa kita.
  • Cara Anak Meminta Maaf...
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 15:28 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Kisah Seorang Yahudi...
    Hikmah
    Rabu, 12 Juni 2024 - 18:39 WIB
    . Kala itu, di era Khalifah Umar bin Khattab, penguasa Romawi Heraklius tak lagi menuntut kembali kawasan itu, kecuali konon hanya yang mengenai Kaisariah atau Kaisarea Qaisariah.
  • Pengaruh Mansa Musa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:52 WIB
    Kisah Mansa Musa orang terkaya sepanjang masa bertalian dengan penyebaran Islam di Afrika Barat. Di wilayah ini dianggap identik dengan kemajuan. Lalu, bagaimana sejatinya penyebaran Islam di Afrika Barat pada waktu itu?
  • Bolehkah Menasihati...
    Tausyiah
    Kamis, 19 September 2024 - 05:15 WIB
    Apakah seorang anak boleh menasihati kedua orang tuanya? Apalagi jika mereka terjatuh dalam sebuah kesalahan? Bagaimana pandangan Islam tentang hal tersebut?
  • Inilah Sholat yang Tidak...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 22:52 WIB
    Munafik sering diartikan sebagai orang bermuka dua. Karakternya suka berpura-pura dan tidak ikhlas ketika beramal. Bagi orang munafik, ada satu sholat yang mereka tidak sukai.
  • Bukan Fakir Miskin,...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 14:39 WIB
    Kaum muslimin hendaknya jangan keliru saat mengeluarkan infak dan sedekah. Bukan fakir miskin, inilah orang paling utama dan paling berhak menerima infaq dari kita.