Topik Terkait: Membantu Orang Lemah (halaman 34)

  • 15 Dosa-Dosa Besar Menurut...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 18:44 WIB
    Ada setidaknya 15 dosa besar yang disebut di dalam Al-Quran. Dosa-dosa besar ini sebagian dianggap biasa oleh sementara umat Islam. Apa saja itu?
  • Larangan Berdusta serta...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 11:29 WIB
    Berdusta adalah perbuatan yang sangat tercela, ini salah satu sifat yang buruk. Perbuatan dusta juga merupakan sifat dari orang-orang munafik, maka Islam sangat melarang keras perbuatan dusta ini.
  • Aspek Hukum Puasa bagi...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 14:38 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka. Ibnu Sirin, pernah ditemui makan di siang hari bukan Ramadan, dengan alasan jari telunjuknya sakit.
  • Doa Nabi Ibrahim agar...
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 10:00 WIB
    Nabi Ibrahim bermohon agar dianugerahi hikmah. Dalam hubungannya dengan kepribadian orang yang saleh, hikmah diartikan sebagai petunjuk Tuhan dalam beramal.
  • Bolehkah Berkurban untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • 3 Syarat Menunaikan...
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 23:17 WIB
    Menunaikan zakat merupakan satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Ada tiga syarat wajib menununaikan Zakat Fitrah yang perlu kita ketahui.
  • Orang Tua Menyuruh Anaknya...
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:10 WIB
    Dalam dinamika rumah tangga mungkin kita pernah mendengar kisah orang tua menyuruh anaknya untuk mentalak (menceraikan) istrinya. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Apakah Orang Kafir Boleh...
    Hikmah
    Kamis, 16 November 2023 - 17:37 WIB
    Tanah Haram atau Masjidil Haram di Makkah dan Madinah menjadi tempat istimewa bagi setiap muslim. Saking istimewanya, bahkan hingga disebutkan jika orang kafir tidak diperbolehkan masuk ke dalamnya.
  • Nabi Syuaib: Pengikut...
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 15:35 WIB
    Nabi Syuaib AS adalah nabi yang sedikit pengikutnya. Beliau diutus Allah SWT di tengah kaum Madyan. Nabi Syuaib berdakwah di kalangan pedagang yang nakal.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Mereka yang percaya bahwa kemajuan spiritual semata-mata tergantung pada penguasaan hal-hal pahala dan siksa, sering kali dikejutkan oleh kisah Sufi tentang Isa ini.
  • Berdoa kepada Orang...
    Tausyiah
    Kamis, 30 November 2023 - 15:36 WIB
    Seseorang yang berdoa kepada orang yang sudah mati dengan harapan memperoleh manfaat atau dijauhkan dari bahaya, tidak akan menuai hasil apapun selain kerusakan agama (keyakinan) dan kesia-siaan belaka.
  • Habib Ahmad: Jangan...
    Tausyiah
    Senin, 12 Juli 2021 - 07:15 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Hawthoh Al-Jindaniyah Habib Ahmad bin Novel bin Salim Jindan berpesan agar jangan pernah menganggap diri kita lebih baik dari orang lain.
  • Air Surga dari Orang...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 06:17 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Setan Selalu Menakut-nakuti...
    Tausyiah
    Rabu, 02 November 2022 - 10:44 WIB
    Setan menakut-nakuti orang beriman dengan seluruh bala tentara dan pengikutnya agar orang beriman tidak berjihad melawan mereka dan menjadi lemah ibadahnya. Dan agar orang beriman tidak lagi berdakwah amar maruf (menasehati berbuat kebaikan) dan nahi munkar (mencegah kemungkaran).
  • Azab Mengerikan bagi...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 10:03 WIB
    Hukum bagi seorang muslim yang membatalkan puasa dengan sengaja tanpa alasan yang dibenarkan syariat sungguh sangat berat. Dia telah melakukan kesalahan atas hak dirinya sendiri dan juga hak masyarakatnya.
  • Doa agar Dijauhkan dari...
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 12:46 WIB
    Sebagai muslim kita diperintahkan agar berdoa dan zikir memohon perlindungan baik dari kejahatan setan maupun kejahatan manusia lainnya. Berikut ada doa agar dijauhkan dari niat jahat orang lain.
  • Tradisi Bubur Asyura:...
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Juli 2024 - 20:25 WIB
    Tradisi bubur Asyura dilakukan di beberapa daerah di Indonesia dalam menyambut 10 Muharram. Di Sumenep Madura, misalnya, tradisi Muharraman diwarnai dengan tradisi membuat bubur.
  • Hukum Orang Sakit dan...
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 15:21 WIB
    Tak semua orang sakit tidak terkena kewajiban berpuasa. Ibnu Juzai mengelompokkan orang sakit dan puasa menjadi empat kasus, dengan masing-masing hukumnya.
  • Umar bin Khattab: Hanya...
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Nabi Yehezkiel memiliki mukjizat dapat menghidupkan orang mati. Keyakinan ini juga terdapat di kalangan orang-orang Yahudi. Namun Umar bin Khattab bilang hanya Nabi Isa yang memiliki kemampuan itu.
  • Cerita Ajaran: Pemburu...
    Hikmah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 06:35 WIB
    Ketika ia memotong semangka tersebut dan tangkainya, kemudian mengambil sepotong dan memakannya, orang-orang justru menjadi makin takut padanya daripada terhadap semangka tadi.