Topik Terkait: Met Gala (halaman 194)

  • Hadhramaut, Negeri Wali...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 23:42 WIB
    Hadhramaut, sebuah lembah di negeri Yaman dikenal sebagai surganya ilmu dan buminya para Waliyullah. Dari sinilah lahir para ulama dan embrio penebar dakwah Islam di Nusantara.
  • Nuzulul Quran: Tafsir...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 04:00 WIB
    Surat pertama yang turun ini memiliki penamaan surat al-alaq, surat iqra, surat bil-qalam karena Allah mengawali surat ini dengan kata-kata tersebut.
  • Konsep Ketenangan Hati...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:37 WIB
    Manakala Allah membuka pintu pemahaman kepada engkau ketika Dia tidak memberi engkau, maka ketiadaan pemberian itu merupakan pemberian yang sebenarnya.
  • Setelah 500 Tahun Berpisah,...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:56 WIB
    Allah mewahyukan kepada Adam: Pindahlah dari negeri Hindi ke Makkah, thawaf-lah di sekitar tempat Baitullah dan mintalah pengampunan dari-Ku, tentu Aku akan mengampuni.
  • Inilah Tanda-tanda Kiamat...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:45 WIB
    Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri menjelaskan hadis tanda-tanda Hari Kiamat dalam kajian online di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, belum lama ini.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Bijak di Medsos untuk...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:01 WIB
    Dalam bermedsos orang yang sedang berpuasa seyogianya mampu menjaga lisan dengan menghindari bergunjing, ucapan tercela, atau berkata kasar yang bisa mengurangi pahala ibadah.
  • Pada Masa Pandemi, Perempuan...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 09:06 WIB
    Umat muslim, terutama kalangan perempuan, perlu menjadi sosok sociopreneurship di tengah situasi pandemi Covid-19. Pada masa sulit seperti ini banyak anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan.
  • Kisah Sufi: Bukti Cinta...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 14:44 WIB
    Ketika tiba giliran lelaki itu Rasulullah saw mengusirnya dan menyuruhnya pergi. Lelaki itu berteriak, Ya Rasulullah, aku ini umatmu yang mencintaimu juga.
  • Penghulu Wanita di Surga,...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 16:11 WIB
    Rasulullah mengabarkan pada Fatimah, ia adalah orang pertama dari keluarganya yang akan menyusulnya. Beliau berkata: Tidakkah engkau ridha, menjadi penghulu wanita di surga?
  • Ibadah yang Kosong dari...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 19:28 WIB
    Jika kita mengingat Allah di saat senang, maka Allah akan mengingat kita di saat susah. Jika kita mengingat Allah di saat sehat, maka Allah akan ingat kita ketika sakit.
  • Sejarah Turunnya dan...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:16 WIB
    Quraish Shihab membagi sejarah turunnya Al-Quran dalam tiga periode. Meski pada hakikatnya periode pertama dan kedua adalah kumpulan dari ayat-ayat Makkiyah.
  • Raja Minta Nasehat Agama...
    Hikmah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:28 WIB
    Engkau kupanggil bukan untuk kupermainkan atau kuperangkap. Aku benar-benar memerlukan bantuanmu, kata Baginda kepada Abu Nawas dengan wajah serius.
  • Nasihat Rasulullah SAW...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Filosofi hidup untuk memahami hidup ini, sejatinya kita tak membutuhkan filosof Yunani, filosof Barat maupun Timur. Cukup satu Hadis Nabi Muhammad SAW.
  • 3 Amalan yang Dicintai...
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Tak terasa hari ini sudah memasuki hari ke-14 Ramadhan di tengah suasana pandemik. Dalam konteks puasa (shiyam) banyak amalan yang sudah dilalui (dikerjakan) oleh kaum muslimin.
  • Begini Tata Cara Salat...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Di tengah wabah corona, umat Islam bisa mengerjakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Salat Id di rumah itu, lakukan seperti salat subuh. Begini tata caranya.
  • Kisah Rasulullah dan...
    Hikmah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 22:50 WIB
    Allah memuji Rasulullah SAW karena akhlaknya yang sangat agung sebagaimana diabadikan dalam Al-Quran: Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur.
  • Kisah Sufi: Sultan yang...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 04:20 WIB
    Syaikh meminta Sultan memasukkan kepalanya dalam air sesaat saja. Segera setelah Sultan melakukan itu, ia merasa berada di sebuah pantai yang sepi.
  • Subhanallah! 2 Amalan...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 08:02 WIB
    Semua orang pasti mendambakan syafaat (pertolongan) ketika datangnya hari yang sulit (Kiamat). Selain shalawat kepada Nabi, ada dua amalan yang akan memberikan syafaat pada hari Kiamat.
  • Abu Yazid: Ka’bah...
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 13:27 WIB
    Akhirnya sampailah Abu Yazid ke Kabah tetapi ia tidak pergi ke Madinah pada tahun itu juga. Tidaklah pantas perkunjungan ke Madinah hanya sebagai pelengkap saja, katanya.
  • Bukan Ini Kali Saja...
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 03:45 WIB
    Pada tahun 1449 M Kota Suci Makkah juga pernah diserang wabah penyakit. Ibnu Hajar mencatat, wabah tersebut mengakibatkan korban meninggal mencapai 1.700 orang.