Topik Terkait: Muhammad Bin Hasan ASysyaibani (halaman 2)

  • Diselamatkan dari Neraka Berkat Memuliakan Nama Nabi Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 13:21 WIB
    Tak terhitung banyaknya riwayat-riwayat yang ditulis para Ulama terkait kemuliaan nama Nabi Muhammad atau keberkahan orang yang memiliki nama sama dengan nama Muhammad.
  • Sudah 12 Abad Jasad Nabi Daniel Masih Utuh,  Minta Dikubur Umat Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 16:46 WIB
    Jasad Nabi Daniel ditemukan pada saat pasukan Muslim melakukan penaklukan kota Tustar. Setelah dimandikan dan disholatkan, jasad itu kemudian dikebumikan.
  • Adab Bersalawat yang Diajarkan Habib Umar bin Hafizh
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 22:48 WIB
    Salah satu keutamaan bulan Syaban adalah turunnya perintah bersalawat kepada baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut adab bersalawat yang diajarkan Habib Umar bin Hafizh.
  • Selalu Menang Perang, Khalid bin Walid Tabaruk dengan Rambut Nabi
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 06:38 WIB
    Masih ingat kisah sahabat Nabi yang selalu menang di medan pertempuran? Beliau ialah Khalid bin Walid radhiyallhu anhu, sahabat yang selalu dikenang dalam sejarah peradaban Islam.
  • Keberanian Imam Said bin Musayib kepada Penguasa Zalim
    Hikmah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Sebuah kisah luar biasa tentang keberanian ulama Tabiin, Imam Said bin Musayib rahimahullah kepada penguasa zalim yang ditakuti pada masanya. Simak kisahnya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Umar bin Khattab: Si Kidal Penggembala Unta dengan Ayah yang Pemarah
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 16:05 WIB
    Gambaran Umar bin Khattab semasa jahiliyah lebih mirip dalam dunia kelam. Ayahnya yang miskin dan pemarah.Umar adalah si kidal penggembala unta.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara (2)
    Tausiyah
    Minggu, 24 November 2019 - 08:05 WIB
    Hubungan antara seorang mukmin dan Rasulnya bukan hubungan biasa. Tapi hubungan di atas segalanya, setelah Allah Taala tentunya.
  • Konsep Politik Hasan Al-Banna: Persamaan Agama dan Tidak Dibatasi Geografis
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Duka Umar bin Abdul Aziz Ketika Diangkat Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz tidak memiliki ambisi menjadi khalifah. Ia bahkan berniat menghindar. Begitu ia tahu harus menggantikan Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik ia menangis dan berucap, Innalillah...
  • Nasihat Berharga Sayyid Muhammad Al-Maliki Tentang Sholat
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 16:58 WIB
    Nasihat As-Sayyid Muhammad Al-Maliki tentang sholat ini layak kita jadikan motivasi agar tidak termasuk golongan orang-orang yang melalaikan sholat, termasuk sholat Subuh.
  • Habib Ahmad: Orang Berakal Pasti Jatuh Cinta pada Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Jum'at, 06 November 2020 - 17:42 WIB
    Tak hanya orang beriman, orang berakal pasti jatuh cinta pada Nabi Muhammad shallalalhu alaihi wasallam ketika mengkaji sejarah kehidupan beliau yang tidak ada cacatnya.
  • Doa Hasan al-Bashri saat di Bawah Ancaman Algojo Hajjaj bin Yusuf
    Hikmah
    Selasa, 26 April 2022 - 03:00 WIB
    Hasan al-Bashri membuat banyak pejabat Irak terheran-heran. Penguasa Irak, Hajjaj bin Yusuf ats-Tsaqafi, yang telah menyiapkan algojo untuk membunuhnya, tiba-tiba luruh setelah berhadapan dengannya.
  • Fakhitah bin Abu Thalib, Cinta Kandas Pertama Nabi Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Sebelum menikah dengan Sayyidah Khadijah, Muhammad SAW jatuh hati dengan Fakhitah. Sayang, cinta ini kandas. Lamaran pria berjuluk Al-Amin ini ditolak.
  • Begini Sidang Majelis Syuro Saat Menetapkan Utsman bin Affan Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 20:12 WIB
    Sesuai dengan wasiat Khalifah Umar r.a. maka 50 orang Anshar lengkap dengan pedangnya rnasing-masing, ditugaskan menjaga pintu-pintu rumah. Kepada 6 orang itu dipersilakan berunding.
  • Kisah Umar Bin Khattab Minta Perlindungan Allah Taala dari Bilal Bin Rabah
    Hikmah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 18:51 WIB
    Tantangan yang dihadapi Umar bin Khattab saat menjadi khalifah tidaklah ringan. Terutama pada saat beliau melakukan ijtihad dalam persoalan ummat.
  • Ketegangan Saat Sahabat Nabi Menolak Jadi Khalifah, Gantikan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
    Kaum pemberontak menyadari, tanpa kerjasama dan bantuan aktif kaum Muhajirin dan Anshar, mereka tidak akan berhasil menentukan pengganti Khalifah Utsman r.a.
  • Kampanye Keji untuk Menumbangkan Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:26 WIB
    Secara demonstratif sampul surat Muawiyah diperlihatkan kepada orang banyak. Semua orang ingin tahu apa yang terjadi akibat pembangkangan Muawiyah.
  • Umair bin Saad, Gubernur Miskin yang Menenun Jubahnya Sendiri
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:41 WIB
    Umair mengambil kantong kulitnya. Ia memasukkan bekalnya. Kemudian menggantungkan peralatan itu di bahunya. Ia berjalan kaki dari Himsha menuju Madinah.
  • Said bin Amir: Gajinya sebagai Gubernur Dibagikan untuk Rakyat Miskin
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:45 WIB
    Said bin Amir menjadi gubernur di wilayah Syria. Hidupnya bersahaja bahkan cenderung miskin. Gajinya sebagai pejabat tinggi sebagian besar dibagi-bagikan kepada rakyatnya yang miskin.
  • Kisah Utsman bin Affan Menangis karena Kuburan, Ini Nasihatnya
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Biasanya orang menangis dan ketakutan apabila mendengar cerita tentang neraka dan hari Kiamat, namun tidak demikian bagi Sayyidina Utsman bin Affan.