Topik Terkait: Niat Dan Tata Cara Sholat Idul Fitri (halaman 3)

  • Rahasia dan Keutamaan Sholat Witir yang Jarang Diketahui
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 23:10 WIB
    Di antara banyak sunnah Nabi, ada satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan agung. Sholat sunnah ini tidak pernah ditinggalkan Baginda Nabi dan para sahabat.
  • Halal Bilhalal Menurut Al-Quran: Makna Idul Fitri dan Kembali ke Tempat Semula
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 17:09 WIB
    Asal kejadian manusia bebas dari dosa dan suci, sehingga idul fithr antara lain berarti kembalinya manusia kepada keadaan sucinya, atau keterbebasannya dari segala dosa dan noda.
  • Panduan Salat Tarawih dan Witir beserta Tata Caranya
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:19 WIB
    Panduan salat tarawih dan witir ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan salat tarawih baik berjamaah di masjid atau salat sendiri di rumah.
  • Sujud Sahwi, Kapan dan Bagaimana Tata Cara Melaksanakannya?
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 09:10 WIB
    Dalam Islam ada beberapa jenis dan bentuk sujud. Salah satunya adalah sujud sahwi. Sujud ini disyariatkan saat kita lupa dan meninggalkan rukun salat. Bagimana tata cara dan doa sujud sahwi ini?
  • Tata Cara Sholat Idul Adha Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:28 WIB
    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat Idul Adha (sholat Id). Berikut tata cara sholat Idul Adha berikut bacaan niatnya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kiat Mudah Agar Bangun Malam untuk Sholat Tahajud
    Tausyiah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 17:16 WIB
    Bagi sebagian orang sholat Tahajud mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut tips mudah agar bangun melaksanakan sholat Tahadjud.
  • Kisah Keluarga Rasulullah Makan Gandum Basi di Hari Idul Fitri
    Hikmah
    Kamis, 13 Mei 2021 - 05:01 WIB
    Di saat semua orang berbahagia, di saat semua orang makan yang enak-enak. Keluarga Rasulullah justru bahagia dengan hanya makan gandum yang baunya tercium tak sedap.
  • Idul Fitri, Waktunya Kembali ke Fitrah
    Tausiyah
    Rabu, 05 Juni 2019 - 07:01 WIB
    Tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah adalah hari yang dinanti umat muslim setelah sebulan penuh menjalankan kewajiban berpuasa.
  • Salat Ghaib, Niat dan Tata Caranya Lengkap
    Tips
    Sabtu, 04 November 2023 - 11:15 WIB
    Salat ghaib merupakan salah satu salat sunnah yang dilaksanakan untuk mensalatkan muslim yang meninggal di tempat yang jauh.Seperti saat ini, banyak kaum muslim yang wafat dalam peperangan antara Pallestina dan Israel.
  • Khutbah Idul Fitri: 3 Ciri Orang Sukses pada Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Senin, 02 Mei 2022 - 08:15 WIB
    Alhamdulillah hari ini umat Islam di dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah bertepatan Senin (2/5/2022). Berikut Khutbah Idul Fitri yang dapat kita jadikan hikmah.
  • Tata Cara Wudu yang Benar Menurut Al-Quran dan Sunnah
    Tips
    Rabu, 13 September 2023 - 13:31 WIB
    Tata cara wudu yang benar menurut Al-Quran dan Sunnah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Wudu yang sempurna akan membuat kita beribadah lebih khusyu. Berikut ini kami ulas tata cara berwudhu yang benar.
  • Tata Cara Salat Witir 3 Rakaat Lengkap dengan Niat
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 18:35 WIB
    Tata cara salat witir 3 rakaat lengkap dengan niat ini bisa menjadi panduan kaum muslim yang akan melaksanakan salat malam tersebut.
  • Bacaan Niat Sholat Qobliyah Jumat 2 Rakaat dan Pelaksanaannya
    Tips
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:14 WIB
    Niat sholat sunnah sebelum sholat Jumat ini disepakati ulama adalah sholat tahiyatul masjid atau sholat mutlak atau juga sholat sebelum (qobliyah) Jumat.
  • Nasihat Buya Yahya di Hari Idul Fitri, Bergembiralah!
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • Doa Witir:  Begini Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Witir
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 07:51 WIB
    Salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan usai menunaikan sholat tahajud adalah sholat witir. Sholat ini juga dikerjakan pada bulan Ramadhan sebagai penutup sholat tarawih.
  • Doa dan Niat Berkurban Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:02 WIB
    Tak lama lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban pada Hari Idul Adha 20 Juli 2021. Berikut bacaan doa dan niat berkurban yang harus diketahui kaum muslimin.
  • Panduan Khutbah Singkat Idul Fitri dari Lembaga Dakwah PBNU
    Tips
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:49 WIB
    Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan panduan singkat khutbah Idul Fitri untuk keluarga di rumah. Khutbah Idul Fitri ini bisa dibaca oleh keluarga di rumah.
  • Tata Cara Menguburkan Jenazah Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:45 WIB
    Umat muslim wajib mengetahui tata cara menguburkan jenazah sesuai syariat islam. Mengurus jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah. Berikut tata caranya.
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Sore Ini Gerhana Bulan Terlama, Berikut Tata Cara dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 19 November 2021 - 11:33 WIB
    Gerhana bulan akan terjadi pada Hari Jumat (19/11/2021) sore ini sebagaimana dilaporkan oleh NASA. Berikut tata cara dan bacaan niat Sholat Gerhana Bulan atau disebut Khusuf.