Topik Terkait: Oscar (halaman 278)

  • Kisah Sayyidah Aisyah,...
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 10:03 WIB
    Aisyah adalah istri Rasulullah SAW. Sepeninggal Nabi beliau hidup sangat sederhana. Tunjangan yang diberikan para khalifah disumbangkan kepada fakir miskin.
  • Mahad Aly se-Indonesia...
    Santri
    Senin, 28 November 2022 - 20:37 WIB
    Asosiasi Mahad Aly Indonesia (Amali) menunjukkan konstribusinya dalam memajukan pendidikan pesantren di Indonesia. Kegiatan bahtsul masail digelar di 10 titik secara beruntun.
  • Sejarah Bangkalan Dijuluki...
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 09:26 WIB
    Sejarah Bangkalan dijuluki Kota Dzikir dan Sholawat bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. Masyarakat Bangkalan, sejak dahulu gemar berkumpul dalam acara keagamaan.
  • Catatan Mualaf Jerman...
    Dunia Islam
    Rabu, 30 November 2022 - 16:32 WIB
    Mualaf asal Jerman Murad Wilfred Hoffman membuat catatan harian bertajuk Selamat Datang Pantheisme, Hegelianisme, dan Gnostisisme. Berikut catatan selengkapnya.
  • 5 Sifat Teladan Sayyidah...
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 22:38 WIB
    Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha binti Abu Bakar adalah istri baginda Nabi Muhammad SAW yang sangat istimewa. Berikut 5 sifat teladan beliau yang patut ditiru.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Memuliakan Wanita, Adab...
    Muslimah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 10:05 WIB
    Dalam islam, mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum wanita menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum Hawa tersebut.
  • Sosiolog Ernest Gellner:...
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Desember 2022 - 13:16 WIB
    Sosiolog terkenal, Ernest Andr Gellner mengatakan hanya Islam yang mampu bertahan sebagai keimanan yang serius, yang mengatasi baik tradisi kecil maupun tradisi besar.
  • Tugas Utama Suami Menjaga...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 14:35 WIB
    Dalam Islam, tugas utama seorang suami atau kepala keluarga adalah harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka
  • Ngerinya Api Hitam Neraka...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:03 WIB
    Ngerinya api hitam neraka yang dikisahkan Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam harus membuat kita sadar bahwa neraka adalah seburuk-buruk tempat kembali.
  • Begini Asal Mula Filsafat...
    Hikmah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:45 WIB
    Aleksander Yang Agung bukan hanya membawa kaum militer tetapi juga kaum sipil ketika datang ke Timur Tengah. Tujuannya menanamkan kebudayaan Yunani di daerah-daerah yang dimasukinya.
  • Begini Aturan Islam...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 11:44 WIB
    Jangan gampang bersumpah dan bernazar karena jika melanggarnya ada hukumannya dalam Islam. Jika sumpahnya tidak benar atau nazarnya tidak dipenuhi maka ada kaffarah atau penebus yang harus ditunaikan.
  • Doa Ketika Gunung Meletus,...
    Tips
    Selasa, 06 Desember 2022 - 15:22 WIB
    Doa ketika gunung meletus atau zikir-zikir lain saat terjadi bencana sangat penting kita panjatkan dan kita wiridkan sebagai bentuk kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Taala.
  • 11 Keutamaan Ali bin...
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 21:17 WIB
    Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu (599-661) adalah khalifah keempat dari Khulafa Ar-Rasyidin. Berikut 11 keutamaan Ali bin Abi Thalib yang jarang diketahui.
  • Arti Penting Pengetahuan...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 19:09 WIB
    Kiai Haji Masdar Farid Masudi mengatakan pengetahuan tentang asbab al-Nuzul akan membantu seseorang memahami konteks diturunkannya sebuah ayat suci.
  • Hakikat dan Keutamaan...
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 13:23 WIB
    Bertobat dari segala dosa yang pernah dilakukan sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa bertobat, manusia akan menderita kerugian di akhirat selama-lamanya.
  • Dahsyatnya Pahala Sholawat...
    Tips
    Senin, 12 Desember 2022 - 15:30 WIB
    Di antara bacaan sholawat, salah satunya adalah shalawat al-alil Qodri. Dialah bacaan sholawat agar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam senantiasa hadir dalam hati dan pribadi kita.
  • Nasihat yang Perlu Disampaikan...
    Tips
    Selasa, 13 Desember 2022 - 09:20 WIB
    Sudah selayaknya bagi seorang yang menjenguk saudaranya sesama muslim yang sakit untuk memberinya nasihat dengan jujur, menyuruhnya berbuat maruf dan mencegahnya dari kemunkaran.
  • Doa dan Jampi Saat Membezuk...
    Tips
    Kamis, 15 Desember 2022 - 17:40 WIB
    Cara seorang muslim menjenguk saudaranya yang sakit berbeda dengan cara yang dilakukan orang lain (selain Islam), karena disertai dengan jampi dan doa.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran...
    Tips
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Surat Al Qariah menceritakan kejadian-kejadian pada hari kiamat, yang tentu menjadi mengingat kita untuk mempersiapkan bekal akhirat nanti.
  • Kisah Dramatis Ayuba...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:13 WIB
    Ayuba Suleiman Diallo adalah seorang hafid al-Quran, bangsawan Muslim asli asal Afrika Barat. Saat ia berusia 31 tahun secara dramatis nasibnya berubah total. Ia dijual sebagai budak ke Amerika.