Topik Terkait: Pandemi Corona

  • Noordjannah:  Aisyiyah Meluaskan Manfaatnya Dalam Masa Pandemi
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 15:05 WIB
    Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Noordjannah Djohantini, menegaskan bahwa Aisyiyah berusaha semakin meluaskan manfaatnya, terutama dalam masa pandemi.
  • Lebaran di Tengah Pandemi
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 11:57 WIB
    Lebaran Idul Fitri kali ini sangat lain. Orang lebih merindukan kapan pandemi berakhir ketimbang kapan berjumpa Idul Fitri.
  • Airlangga Hartarto: Momentum Ramadhan, Penempaan Pemulihan dari Corona
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 16:55 WIB
    Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1442H kepada seluruh umat Islam di Tanah Air.
  • Puasa di Masa Pandemi Covid-19
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 09:46 WIB
    Wabah Covid-19 ini telah banyak mengubah kebiasaan yang umumnya dilakukan masyarakat. Kegiatan ibadah seperti tarawih berjamaah harus dilakukan di rumah.
  • Ustaz Milenial Najmi Al Malik: Puasa Masa Pandemi Adalah Anugerah
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 18:57 WIB
    Ustaz Milenial Najmi Al Malik menyebut puasa di masa pandemi Covid-19 merupakan anugerah dari Allah SWT. Di mana umat Islam tidak lagi memikirkan diri sendiri dan keluarga melainkan berbagi dengan yang lain dan berharap agar pandemi segera berakhir.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Hukum Merenggangkan Saf dan Pakai Masker Saat Pandemi, Ini Fatwa MUI
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Ngaji Online hingga Menanam Sayuran di Masa Pandemi Corona
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 10:03 WIB
    Pondok pesantren (ponpes) harus berpikir keras untuk tetap mengajarkan ilmu agama dan bertahan hidup kepada para santri di masa pandemi corona.
  • Doa Singkat Ini Bisa Diamalkan di Masa Pandemi, Berikut Faedahnya
    Tips
    Sabtu, 24 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Doa adalah sumber kekuatan bagi orang beriman. Ada satu doa singkat memiliki faedah agung yang bisa kita amalkan di masa pandemi ini. Berikut doanya.
  • Brunei Bebas Corona (4): Selain Hidupkan Al-Quran, Juga Lakukan 11 Hal Ini
    Dunia Islam
    Kamis, 24 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Sudah setahun lebih Brunei Darussalam bebas dari ancaman wabah Covid-19. Selain menghidupkan Al-Quran, Brunei juga melakukan 11 langkah pencegahan berikut.
  • Dua Kali Ramadhan di Tengah Pandemi, Masyarakat Muslim Diminta Sabar
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 14:56 WIB
    Kabid Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal, Faried F Saenong pun menganjurkan di Ramadhan tahun ini masyarakat bersabar dan menahan diri tidak mudik.
  • Brunei Bebas Corona (2): Berikut Titah Sultan Hassanal Bolkiah
    Dunia Islam
    Senin, 21 Juni 2021 - 15:52 WIB
    Brunei Darussalam menjadi salah satu negara di dunia yang bebas dari wabah Corona. Berikut titah Perdana Menteri Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah.
  • Tata Cara Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Bisa Dilakukan di Rumah
    Tausyiah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 06:34 WIB
    Salat Idul Adha tahun ini masih dalam kondisi pandemi sehingga bisa dilakukan secara berjamaah di rumah. Bila dilakukan di masjid atau lapangan mesti mengikuti protokol pencegahan covid-19.
  • NU Minta Masjid Siarkan Pencegahan Corona dan DBD Sebelum Azan
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 20:24 WIB
    Lembaga Takmir Masjid PBNU meminta para pengurus atau takmir majid mengingatkan kewaspadaan kepada umat melalui pengeras suara masjid dan mushala terkait kondisi terkini.
  • Cara Ustaz Asroi Menghidupkan Iman dan Imun di Tengah Pandemi
    Tausyiah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 15:03 WIB
    Hampir setahun masa pandemi telah memunculkan peradaban baru dan mengubah pola hidup masyarakat. Begini cara Ustaz Muhammad Asroi menghidupkan iman dan imun.
  • Inilah Sikap Paling Bijak Menghadapi Wabah Corona
    Tausiyah
    Kamis, 19 Maret 2020 - 08:07 WIB
    Menyikapi wabah Corona, ada baiknya seorang muslim bersikap bijak sebagaimana tertuang dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Alternatif Lain, 7 Menit Khutbah Idul Fitri di Rumah Saat Corona
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Salat Berjamaah di Rumah Saat Pandemi, Samakah Fadhilahnya dengan di Masjid?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 21:22 WIB
    Sebagian kaum muslimin memilih salat berjamaah di rumah ketimbang di masjid. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Samakah fadhillahnya dengan salat berjamaah di masjid?
  • Doa Memohon Perlindungan dari Wabah agar Pandemi Segera Pergi
    Tips
    Kamis, 24 Juni 2021 - 08:56 WIB
    Doa memohon perlindungan dari wabah atau berbagai ragam penyakit ini, harus terus kita amalkan. Karena doa ini merupakan ikhtiar kita di saat menghadapi pandemi Corona yang terus mengkhawatirkan.
  • Brunei Bebas Corona (3): Semua Warganya Wajib Baca Yasin Setiap Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Juni 2021 - 14:51 WIB
    Ada yang menarik dari cara pemerintah Brunei Darussalam menangani wabah Covid-19. Kini masyarakat di negara kaya minyak itu sudah tidak lagi memakai masker.