Topik Terkait: Pasutri Paham Agama (halaman 2)

  • Mengenal Istilah Sunnah, Jangan Sampai Gagal Paham!
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juli 2021 - 14:45 WIB
    Sungguh telah aku tinggalkan dua hal yang tidak akan membuatmu sesat selama kamu berpegang teguh pada keduanya, yaitu Kitabullah dan Sunnah rasulnya.
  • Pandangan Islam Terhadap Syiah dan Ahmadiyah
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 16:33 WIB
    Bagaimana pandangan Islam terkait keberadaan Syiah dan Ahmadiyah dan bagaimana status keduanya dalam bingkai kenegaraan? Berikut pendapat beberapa Dai.
  • Ketika Ada Dusta Di Antara Pasutri, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:06 WIB
    Kesalahan atau aib masa lalu yang kita tutupi rapat-rapat tiba-tiba tersingkap oleh pasangan, bolehkah seorang istri atau suami berdusta? Atau ketika ada masalah rumah tangga kemudian takut membesar, maka berbohong tentangnya? Bolehkah berdusta?
  • Salah Paham Umat Islam terhadap Tasawuf dan Kaum Sufi
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:38 WIB
    Sebelum abad ke-19, hampir mustahil untuk mengklaim bahwa Sufisme tidak ada kaitannya dengan Islam. Ini karena, hingga akhir abad ke-18, ulama terkemuka di Makkah dan Madinah sangat dipengaruhi oleh tasawuf.
  • Makna Radikalisme dalam Pandangan Al-Quran, Menteri Agama Harus Tahu Ini
    Tausyiah
    Rabu, 09 September 2020 - 15:56 WIB
    Sesungguhnya kata radikalisme atau ektremisme bukan hal baru dan asing. Bahkan dalam ajaran agama hal ini sejak awal telah diingatkan. Intinya, radikalisme itu adalah keluar dari batas-batas.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Hukum Nikah Beda Agama dalam Islam yang Wajib Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pernikahan beda agama kembali menjadi perbincangan di masyarakat, lantas bagaimana sebenarnya hukum pernikahan berbeda agama tersebut dalam Islam?
  • Selain Yahudi, Berikut Adalah Agama Mayoritas di Israel
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:00 WIB
    Tak hanya Yahudi, ternyata ada beberapa agama yang juga diakui di Israel. Israel, sebuah negara yang terletak di Timur Tengah, sering kali diidentifikasi dengan Yahudi karena mayoritas penduduknya menganut agama Yahudi.
  • Inilah Para Pendusta Agama dalam Penjelasan Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 06:44 WIB
    Ingin tahu siapa saja para pendusta agama dan yang mendustakan hari pembalasan? Surat Al Maun menjelaskannya kepada kita siapa saja mereka.
  • Imam Besar Masjid Istiqlal Hadiri Dialog Lintas Agama, Ini Pesannya
    Dunia Islam
    Kamis, 11 November 2021 - 20:48 WIB
    Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof KH Nasaruddin Umar hadir memberikan paparannya saat Dialog Lintas Agama di Aula Al-Fattah Masjid Istiqlal Jakarta.
  • Salah Paham dan Salah Terap dalam Talak Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:25 WIB
    Kebanyakan kaum Muslimin telah salah dalam menfungsikan talak. Mereka menempatkannya bukan pada tempatnya dan mereka menggambarkan talak itu seakan seperti pedang yang dihunus lalu diletakkan di atas leher sang isteri.
  • Hikmah Agama Menurut Nurcholish Madjid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • Quraish Shihab: Islam Adalah Agama yang Mendambakan Perdamaian
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:42 WIB
    Quraish Shihab mengatakan Islam adalah agama yang mendambakan perdamaian. Cukup dengan mendengarkan ucapan yang dianjurkan untuk disampaikan pada setiap pertemuan.
  • Tidak Ada Istilah Bidah Hasanah dalam Agama, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 17:50 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim tersebut menjelaskan bahwa semua bidah itu jelek dan tertolak. Tidak ada istilah bidah hasanah dalam agama, ujarnya.
  • Perkawinan Beda Agama: Hukum Menikahi Perempuan Ahli Kitab
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 14:54 WIB
    Al-Quran telah mengizinkan lelaki muslim mengawini perempuan-perempuan ahli kitab baik dari kalangan Yahudi maupun Nasrani, untuk mengadakan pergaulan dengan mereka.
  • Stafsus Menag: Paling Penting Multikulturalisme Adalah Menghargai Perbedaan
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 17:36 WIB
    Multikulturalisme merupakan bagian dari program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) yakni moderasi beragama. Tujuannya agar kehidupan beragama di Indonesia menjadi berkualitas dan lebih baik.
  • Kisah Pemikir Yahudi Eropa Menyokong Paham Sesat Thuraniyah di Ottoman
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 09:23 WIB
    Orang-orang Yahudi Eropa dan Yahudi lokal yang berada di wilayah Utsmani selama dua abad --abad ke-19 dan 20-- telah memainkan peran yang demikian besar dalam menjangkarkan gelombang gerakan Thuraniyah.
  • Jangan Gagal Paham! Ini Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 09:25 WIB
    Al-Quran adalah hudal lin-naas, petunjuk bagi semua manusia. Pertanyaannya, bagaimana hukum membaca Al-Quran di kuburan?
  • Hukum Nikah Beda Agama Menurut Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 19:26 WIB
    Hukum nikah beda agama menurut Islam terus menjadi perdebatan. Hal ini terutama menyangkut, bolehkah laki-laki Muslim menikah dengan wanita ahlul kitab?
  • Mengajarkan Anak tentang Agama di Rumah, Ini Panduannya
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 13:12 WIB
    Dalam Islam, anak adalah amanah. Maka amanah dari Allah ini harus dijaga sebaik-baiknya seperti yang dikehendaki Allah Taala. Orang tua harus berusaha mendidik anaknya menjadi anak yang saleh sejak dini.
  • Paham Wahdat al-Wujud Ibnu Arabi Menurut Harun Nasution
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 14:06 WIB
    Setelah pengalaman persatuan manusia dengan Tuhan yang dibawa al-Bustami dalam ittihad dan al-Hallaj dalam hulul, Ibn Arabi membawa ajaran wahdat al-wujud.