Topik Terkait: Pengajian (halaman 11)

  • Hadis-hadis Seputar...
    Tausiyah
    Selasa, 30 April 2019 - 11:45 WIB
    Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa karena di dalamnya banyak barokah dan kebaikan yang tak dimiliki bulan-bulan lainnya.
  • Keutamaan Madinah, Kota...
    Hikmah
    Selasa, 30 April 2019 - 15:49 WIB
    Madinah Al-Munawwarah yang berarti &lsquokota bercahaya&rsquo adalah sebuah kota di daerah Hijaz sekaligus ibukota dari Provinsi Madinah di Arab Saudi.
  • 3 Peristiwa Besar di...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Mei 2019 - 14:48 WIB
    Para ulama menyebut bulan Ramadhan merupakan bulannya umat Nabi Muhammad SAW karena di dalamnya Allah SWT melimpahkan kebaikan, berkah, rahmat dan karunia yang banyak.
  • Khutbah Rasulullah Menjelang...
    Tausiyah
    Senin, 06 Mei 2019 - 14:27 WIB
    Berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Salman menyatakan bahwasanya Rasulullah SAW setiap kali di hari akhir bulan Sya&rsquoban, beliau senantiasa berkhutbah.
  • Sejarah Salat Tarawih...
    Hikmah
    Senin, 06 Mei 2019 - 15:13 WIB
    Dalam Kitab Fiqih Imam Syafii radhiallahu anhu (RA), tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama dari tarwihatun yang berarti waktu sesaat untuk istirahat.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hadis-hadis Seputar...
    Tausiyah
    Senin, 06 Mei 2019 - 18:35 WIB
    Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan harus mengetahui apa saja keutamaan, hadits maupun sunnah-sunnah di bulan Ramadhan.
  • Dahsyatnya Fadhilah...
    Tausiyah
    Senin, 06 Mei 2019 - 21:44 WIB
    Wudhu&rsquo adalah salah satu aktivitas mulia yang disyariatkan jika hendak beribadah. Pengertian wudhu menurut bahasa artinya bersih dan indah.
  • Kisah Perempuan Salehah...
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 16:14 WIB
    Dalam Kitab Uqudulijain yang dikarang Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan kisah istri salehah yang berjuang di jalan Allah.
  • Inilah Keutamaan Salat...
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 20:01 WIB
    Ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan fadhillah keutamaan salat berjamaah.
  • Esensi Puasa itu Menahan...
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 14:20 WIB
    Intisari dari puasa adalah al-imsak atau menahan. Yaitu menahan diri atau ego dan hawa nafsu dari melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.
  • Kekuatan Istighfar
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 15:06 WIB
    Dikisahkan pada suatu hari, Imam Abu Hanifah ingin sekali pergi ke Kota Baghdad, meskipun sebenarnya beliau memiliki banyak kesibukan.
  • Apakah Salat Mesti Dikerjakan...
    Tausiyah
    Kamis, 09 Mei 2019 - 21:18 WIB
    Umat Islam wajib melaksanakan salat wajib 5 (lima) waktu sehari-semalam (17 rakaat) sebagaimana disyariatkan dalam Alquran dan Sunnah Nabi.
  • Lupa Salat karena Tertidur,...
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 07:01 WIB
    Bagaimana pandangan hukum Islam tentang seseorang yang tertidur sehingga dia tidak melaksanakan salat? Berikut penjelasan M Quraish Shihab.
  • Puasa itu Proses Menghadirkan...
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 15:05 WIB
    Dalam Alquran, secara khusus Allah SWT memanggil orang-orang beriman untuk berpuasa, &ldquoWahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu bwrpuasa&rdquo (Al-Baqarah: 183).
  • Puasa Itu Transformasi...
    Tausiyah
    Sabtu, 11 Mei 2019 - 03:40 WIB
    &ldquoBarangsiapa yang belum meninggalkan perkataan dan perbuatan dosa, maka tiada hajat bagi Allah untuk dia tinggalkan makan dan minum&rdquo. (Al-Hadist)
  • Di Bulan Ramadhan: Allah...
    Tausiyah
    Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:05 WIB
    Di tengah keterpesonaan dunia terhadap Cleopatra yang konon kecantikannya menyihir para raja, ada seorang wanita mulia nan agung yang kisah hidupnya sederhana, Siapakah dia?
  • Kisah Seorang Arab Badui...
    Hikmah
    Minggu, 12 Mei 2019 - 10:05 WIB
    Sudah 15 abad Rasulullah Al Musthafa Muhammad shallallahu &lsquoalaihi wa sallam (SAW) berpulang ke rahmat Allah, namun ajaran dan kemuliaan akhlaknya terus bersinar dan dikenang.
  • Puasa Itu Membangun...
    Tausiyah
    Minggu, 12 Mei 2019 - 20:52 WIB
    Sesungguhnya hanya Allah yang akan memberikan pahala kepada orang-orang yang bersabar di hari Kiamat&rdquo (Al-Quran).
  • Puasa Itu Membawa Kejutan-kejutan
    Tausiyah
    Senin, 13 Mei 2019 - 12:45 WIB
    Tak diingkari bahwa Ramadhan itu adalah bulan yang penuh dengan kejutan-kejutan (surprises). Dalam bahasa agama kejutan-kejutan ini dikenal dengan &ldquo mu&rsquojizaat&rdquo atau kemukjizatan
  • Apakah Hukum Membaca...
    Tausiyah
    Senin, 13 Mei 2019 - 15:57 WIB
    Dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi penjelasan terkait hukum membaca doa iftitah.