Topik Terkait: Penyebab Kematian (halaman 16)

  • Peristiwa Penting di...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 06:14 WIB
    Peristiswa-peristiwa penting yang terjadi di Padang Mahsyar, penting diketahui umat Islam. Karena sebagai Padang Mahsyar (????) adalah salah satu perkara ghaib yang wajib diimani setiap muslim.
  • Mengapa Takut Mati?...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 September 2024 - 10:56 WIB
    Al-Quran seperti dikemukakan berusaha menggambarkan bahwa hidup di akhirat jauh lebih baik daripada kehidupan dunia. Sesungguhnya akhirat itu lebih baik untukmu daripada dunia (QS Al-Dhuha 93: 4).
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:10 WIB
    Dilarangnya melukis dan memahat (makhluk hidup) tidak menjadi penyebab terpuruknya dunia seni Islam. Bahkan menjadikan seni Islami memiliki ciri khas yang menarik dan keindahan tersendiri.
  • Inilah Penyebab Sakitnya...
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 07:31 WIB
    Sebagai manusia kita pasti mengalami sakit hati atau hati yang tersakiti. Lantas, adakah faktor-faktor penyebab sakitnya hati ini menurut pandangan syariat?
  • Malaikat Izrail Tertawa...
    Hikmah
    Senin, 17 Mei 2021 - 14:42 WIB
    Izrail adalah Malaikat pencabut nyawa dan salah satu Malaikat terkemuka setelah Jibril, Mikail dan Israfil. Berikut kisahnya saat ditugaskan mencabut nyawa manusia.
  • 3 Doa Pendek Memohon...
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 10:30 WIB
    Dalam Islam, kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Ini Penyebab Retaknya...
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Gara-gara Haditsul Ifk itulah, Sitti Aisyah r.a. sangat kecewa mendengar Ali bin Abi Thalib r.a. dibaiat sebagai Khalifah oleh penduduk Madinah.
  • Wabah Corona, Gus Baha:...
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 10:49 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, mengingatkan agar umat Islam tidak gelisah dan takut yang berlebihan dalam menghadapi wabah virus corona.
  • Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 07:30 WIB
    Ketika Abu Sulaiman ad-Darani mendekati ajal, sahabatnya datang menjenguknya dan berkata: Berbahagialah, karena engkau akan menghadap Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
  • 6 Penyebab Kejahilan,...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 14:55 WIB
    Pertama, ada orang yang gagal menemukan Allah lewat pengamatan, lantas menyimpulkan bahwa Allah itu tidak ada dan bahwa dunia yang penuh keajaiban-keajaiban ini menciptakan dirinya sendiri atau ada dari keabadian.
  • Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 17:43 WIB
    Berikut lanjutan kisah para khalifah dan orang-orang saleh saat menghadapi kematian (Al-Maut) yang bersumber dari Dibalik Tabir Kematian karya Imam Al-Ghazali.
  • Rezeki Sempit? Ini Doa...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 September 2022 - 19:34 WIB
    Bagi yang merasa rezekinya sempit, barang kali dapat mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW berikut. Redaksinya pendek namun fadhilahnya sangat dahsyat.
  • Ini Penyebab Mengapa...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 18:06 WIB
    Dalam Kajian Kitab Al-Hikam, Al-Habib Segaf Baharun menjelaskan hakikat nasihat dan perumpamaan orang yang diberikan nasehat. Inilah sebab mengapa seseorang susah terima nasihat.
  • Keinginan Manusia Pada...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 18:49 WIB
    Pada saat maut menghampiri manusia, ia akan mengharap kembali ke dunia. Seandainya ia orang kafir, bisa jadi ia berharap masuk Islam. Kalau ia banyak dosanya, ia berharap untuk taubat .
  • Kisah Izrail Menyamar...
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 11:13 WIB
    Bagi para pecinta harta akan membenci semuanya kala ajal akan menjemput. Harta memang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia namun harta tak ada nilainya jika kita mati.
  • Gus Baha Bercerita Tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:51 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) bercerita tentang hakikat kematian dan wabah Corona. Dalam tausiyahnya, beliau menerangkan salah satu kalam hikmah Sayyidina Ali.
  • Benarkah Orang Mati...
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 17:18 WIB
    Banyak yang bertanya, benarkah orang yang meninggal bisa bermanfaat bagi orang yang masih hidup di dunia? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Inilah Kenikmatan Penyebab...
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 19:12 WIB
    Ada banyak penyebab penyakit sombong, salah satunya karena adanya kenikmatan-kenikmatan. Kenapa kenikmatan? Karena kenikmatan yang dirasakan oleh seseorang itu justru merusak hatinya.
  • Mengapa Takut Mati?...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 06:47 WIB
    Tetapi tentu saja ada faktor-faktor ekstern yang dapat menjadikan kematian lebih lezat dari tidur atau menjadikannya amat mengerikan melebihi ngerinya mimpi-mimpi buruk.
  • Siksa dan Nikmat Kubur:...
    Tausyiah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Yang dimaksud beriman kepada hari akhir yaitu mengilmui dengan setiap perkara yang berkaitan dengan kejadian setelah kematian seorang hamba sambil dibarengi keyakinan yang sempurna.