Topik Terkait: Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Perppu (halaman 500)

  • 40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan, Jangan Abaikan! (Bagian 8-Penutup)
    Tausiyah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 18:30 WIB
    Al-Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya &ldquoIthaful Ikhwan&rdquo merangkum 40 amalan sunnah-sunnah di bulan Ramadhan. Berikut akhir rangkumannya.
  • Kisah Nabi Musa Ingin Jadi Umat Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 16:24 WIB
    Kisah Nabi Musa Alaihisslam (AS) ingin menjadi umat Nabi Muhammad SAW ini cukup populer dan bisa menambah motivasi kita untuk semakin taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
  • Surga Itu Tidak Gratis
    Hikmah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 17:00 WIB
    Ada sebuah kisah menarik yang konon pernah terjadi pada diri seorang ulama besar kenamaan, Imam Hasan al-Bashri. Pada suatu hari sang Imam pergi ke pasar dengan cara menyamar sebagai seorang biasa.
  • Apa Hukumnya Menggerak-gerakkan Jari Telunjuk Saat Tahiyat?
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 19:15 WIB
    Apa hukumnya menggerak-gerakkan jari telunjuk ketika tahiyat? Berikut penjelasan Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa (1973-2013), pimpinan Majelis Rasulullah.&nbsp
  • Jabal Uhud, Bukit yang Kelak Ada di Surga
    Hikmah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 21:18 WIB
    Tak jauh dari Masjid Nabawi, sebuah bukit yang indah menjadi tempat favorit bagi para peziarah. Bukit ini dinamakan Jabal Uhud. Lokasinya sekitar 6 Km di sebelah utara Masjid Nabawi, Kota Madinah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Memetik Hikmah dari Kisah Abu bin Hasyim
    Tausiyah
    Sabtu, 26 Mei 2018 - 08:47 WIB
    Pengalaman adalah guru sekaligus pengingat terbaik dalam hidup. Pengalaman adalah ilmu yang tidak sekadar teori. Tapi realita dari sebuah peristiwa yang terjadi dalam perjalanan hidup kita.
  • Bolehkah Kumur-kumur Bagi Orang yang Berpuasa?
    Tausiyah
    Sabtu, 26 Mei 2018 - 12:02 WIB
    Ada yang mengatakan bahwa kumur-kumur atau Istinsyaq dalam wudhu&rsquo berpengaruh terhadap sahnya puasa. Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad dalam Buku 30 Fatwa Seputar Ramadhan.
  • Kisah Khalifah Umar dan Gadis yang Jujur
    Hikmah
    Senin, 28 Mei 2018 - 17:11 WIB
    Khalifah Umar bin Khaththab radhiallahu anhu (RA) memiliki kegemaran ronda malam sendirian untuk melihat langsung kondisi rakyatnya.
  • Puasa Menumbuhkan Nilai Spritual
    Tausiyah
    Senin, 28 Mei 2018 - 17:52 WIB
    Manusia itu menjadi manusia karena tiga elemen dasar penciptaannya menyatu dalam bangunan hidupnya. Saya menyebut tiga elemen ini sebagai pilar hidup.
  • Salat Tarawih Terlalu Cepat? Ini Penjelasan Ustaz Somad
    Tausiyah
    Senin, 28 Mei 2018 - 21:19 WIB
    Apa hukum melaksanakan salat Tarawih terlalu cepat? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad dalam Buku 30 Fatwa Seputar Ramadhan.
  • Kisah Fathimah dan Batu Gilingan yang Berputar Sendiri
    Hikmah
    Selasa, 29 Mei 2018 - 10:00 WIB
    Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah RA, diceritakan kisah batu gilingan Fathimah yang berputar sendiri berkat bacaan Rasulullah SAW.
  • Gaya Bicara Nabi Menurut Penuturan Sahabat
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 15:50 WIB
    Bagaimana sifat dan struktur bicara Nabi Muhammad SAW ketika berbicara, berpidato dan membaca Alquran, semuanya diketahui melalui penuturan para sahabat.
  • Kisah Khalifah Umar Menaklukkan Sungai Nil
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 16:33 WIB
    Kisah Khalifah Umar bin Khattab RA (sahabat setia Rasulullah SAW) membebaskan sungai nil dari tradisi syirik telah diceritakan dalam banyak kitab.
  • Kisah Terbelahnya Bulan yang Bikin Takjub Para Pembesar Quraisy
    Hikmah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 10:00 WIB
    Sungguh, telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.
  • Anugerah Ramadhan Bagi Negeri Tropis Indonesia
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 14:59 WIB
    Islam tidak memberikan batasan waktu yang baku tentang lamanya berpuasa di setiap tempat atau negara. Alquran hanya memberikan batasan umum dari terbitnya fajar hingga terbenamnnya matahari.
  • Kisah Inspiratif, Allah Mengampuni Semua Dosa (Bagian 2-Penutup)
    Hikmah
    Jum'at, 01 Juni 2018 - 09:30 WIB
    Allah SWT membuka pintu-pintu pengampunan dan taubat bagi semua hamba yang ingin mendapatkannya. Besarnya kasih sayang Allah kepada hambaNya diceritakan dalam kisah berikut ini.
  • Puasa Eksis, Pahala Habis?
    Tausiyah
    Sabtu, 02 Juni 2018 - 10:00 WIB
    Fenomena pengaruh media sosial saat ini menjadikan banyak orang ingin tampil eksis dengan mengupload segala hal yang berkenaan dengan aktivitasnya, termasuk ibadah puasanya.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama
    Hikmah
    Jum'at, 01 Juni 2018 - 16:00 WIB
    Gua Hira di puncak Jabal Nur, Makkah, menjadi tempat bersejarah bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali dari Allah Swt di gua tersebut.
  • Doa Nabi Ayyub Ketika Ditimpa Penyakit
    Hikmah
    Sabtu, 02 Juni 2018 - 17:30 WIB
    Ayyub alaihissalam (AS) adalah seorang nabi mulia yang nasabnya sampai kepada Nabi Ibrahim AS. Kesabarannya patut diteladani meskipun diuji dengan kehilangan seluruh harta, keluarga dan serangan penyakit.
  • Mengapa Tangan Diangkat Ketika Berdoa?
    Tausiyah
    Sabtu, 02 Juni 2018 - 21:01 WIB
    Mengapa tangan diangkat ke atas ketika berdoa? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad yang dikutip dari Buku 30 Fatwa Seputar Ramadhan.