Topik Terkait: Peristiwa Penting Bulan Dzulqadah (halaman 484)

  • Suasana Jemaah Haji...
    Dunia Islam
    Senin, 03 Juni 2024 - 17:33 WIB
    Suasana terkini saat jemaah haji Indonesia melakukan umrah sunah di Masjidilharam. Umrah sunah dilakukan jemaah haji Indonesia menjelang puncak haji.
  • PPIH Intensif Persiapan...
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Juni 2024 - 16:19 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengintensifkan persiapan Arafah Muzdalifah dan Mina saat puncak haji, pada Selasa (4/6/2024).
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 06:30 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah ayat 6 ini bisa jadi tambahan ilmu bagi setiap muslim terkait sejarah islam, dan bagaimana kisah sebuah ayat suci diturunkan Allah SWT untuk Rasulullah SAW.
  • Kepala KUH Imbau Jemaah...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Juni 2024 - 09:37 WIB
    Kepala Kantor Urusan Haji (KUH), Nasrullah Jassam mengimbau kepada para jemaah haji untuk membayar Dam di tempat-tempat resmi.
  • Cuaca di Tanah Suci...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Juni 2024 - 16:02 WIB
    Di tempat-tempat suci diperkirakan akan sangat panas. Angin permukaan kencang pada siang hari, yang kadang-kadang dapat menyebabkan badai debu dan pasir, terutama di area terbuka dan di jalan raya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Arab Saudi Kerahkan...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Juni 2024 - 16:10 WIB
    Arab Saudi menyediakan lebih dari 27.000 bus untuk mengangkut jamaah selama haji. Bus sebanyak itu di 16 rute, dengan 11 pemberhentian dan stasiun di sepanjang perjalanannya.
  • Petugas Daker Bandara...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Juni 2024 - 18:12 WIB
    Kepala Satuan Tugas Operasional (Kasatop) Armuzna Harun Arrasyid memaparkan tugas yang harus dijalankan oleh petugas Daker Bandara sebagai Satgas Muzdalifah dalam Operasional Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna).
  • 148 Petugas Haji Tambahan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 04:30 WIB
    Sebanyak 148 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tambahan gelombang 3 tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 19.30 waktu setempat, Kamis 6 Juni 2024.
  • Jemaah Masuk Armuzna...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:00 WIB
    Proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari hotel ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) dilakukan dengan scan barcode Smart Card sebelum naik ke bus.
  • Arab Saudi Gencar Razia,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:25 WIB
    Pemerintah Arab Saudi memperketat pemeriksaan terhadap jemaah, khususnya untuk mengidentifikasi jemaah yang menggunakan visa non haji.
  • Hilal Terlihat di Arab...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 19:21 WIB
    Otoritas Arab Saudi melakukan pemantauan hilal bulan Dzulhijjah 1445 H di beberapa daerah. Dan, pada awal bulan haji ini, penampakan hilal, akhirnya terlihat.
  • Berkurban, Amal yang...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 09:35 WIB
    Amalan utama di bulan Dzulhijjah adalah ibadah kurban, bahkan beberapa hadis menjelaskan bahwa orang yang berkurban maka amal kurbannya dicatat sebagai amal yang paling dicintai oleh Allah SWT.
  • 50 Orang Indonesia Dapat...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 16:40 WIB
    Sebanyak 50 orang dari Indonesia mendapatkan undangan haji dari Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud.
  • Jemaah Haji Mabit di...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 16:59 WIB
    Jemaah haji Indonesia yang mabit di Muzdalifah secara murur akan disiapkan 4 city bus. PPIH Arab Saudi akan memberlakukan skema murur saat Mabit di Muzdalifah.
  • Ketika Norwegia Menunjukkan...
    Dunia Islam
    Senin, 27 Mei 2024 - 05:54 WIB
    Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, menjelaskan bahwa keputusan Norwegia adalah untuk mendukung kekuatan moderat yang mengalami kemunduran dalam konflik yang berkepanjangan dan kejam.
  • Ketika Keffiyeh Sudah...
    Dunia Islam
    Senin, 27 Mei 2024 - 15:25 WIB
    Dunia mode dan politik mencuat dalam Festival Film Cannes. Padahal perhelatan ini mengaku menghindari politik. Para peserta tahun ini menafikkan hal itu.
  • Rilis Aplikasi Kawal...
    Dunia Islam
    Senin, 27 Mei 2024 - 15:02 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) hari ini merilis sebuah aplikasi baru yang disebut Kawal Haji. Aplikasi tersebut sebagai upaya Kemenag memudahkan akses jemaah dalam beribadah.
  • Inilah 5 Rekomendasi...
    Dunia Islam
    Senin, 27 Mei 2024 - 17:25 WIB
    Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi dengan animo masyarakat yang tinggi akan ilmu agama membuat banyaknya pondok pesantren dibangun di wilayah tersebut mulai dari kota besar hingga kecil.
  • Patung Itu Indah, Islam...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Mei 2024 - 14:45 WIB
    Dalam surat Al-Anbiya (21): 51-58 diuraikan tentang patung-patung yang disembah oleh ayah Nabi Ibrahim dan kaumnya. Sikap Al-Quran terhadap patung-patung itu, bukan sekadar menolaknya, tetapi merestui penghancurannya.
  • Seni Dalam Islam: Keindahan...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Mei 2024 - 14:29 WIB
    Bukankah seperti tulis Immannuel Kant, dan dikuatkan juga oleh mantan Pemimpin Tertinggi Al-Azhar Syaikh Abdul-Halim Mahmud, bahwa bukti terkuat tentang wujud Tuhan terdapat dalam rasa manusia, bukan akalnya.