Topik Terkait: Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud (halaman 145)

  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 22:48 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq berkaitan dengan sakit yang pernah dialami Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. Surat ini memiliki keutamaan sebagai perlindungan.
  • Dialog Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 11:24 WIB
    Dialog Rasulullah SAW dengan Abu Dzar ini dinukil Ibnu Katsir tatkala menafsirkan Surat An-Nisa ayat 163-165. Kisah ini merupakan hadis dari Abu Dzar yang berisi dialog Nabi dengan dirinya tentang banyak hal.
  • Kisah Ibnu Umar: Memiliki...
    Hikmah
    Kamis, 07 April 2022 - 15:17 WIB
    Imam ath-Thabarani meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari Muhammad bin Sirin, beliau mengatakan, Kadang-kadang Abdullah bin Umar buka puasa dengan menjimai istrinya.
  • Wasiat Berharga Ali...
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 11:59 WIB
    Imam Ibnul Jauzi mengungkap wasiat Khalifah Ali bin Abi Thalib kepada Kumail bin Ziyad. Wasiat tersebut sangat berharga ini disampaikan pada saat mereka sedang duduk berdua.
  • Apa Tulisan di Kiswah...
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 14:38 WIB
    Apa tulisan di kiswah Kakbah? Di bagian atas, ada tulisan Allahu Rabbi, Hasbiyallah, dan Allahu Rabbi. Pada bagian lain, tertera tulisan ayat Qad naraa taqalluba wajhika fis-samaa.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Surat Al-Insyirah: Bersama...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:29 WIB
    Surat Al Insyirah, bersama kesulitan ada kemudahan. Surat ini dikenal sebagai surat penghibur Rasulullah sekaligus menguatkan hati beliau ketika mengemban misi dakwah.
  • Hukum Melihat Aurat...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Agustus 2024 - 16:45 WIB
    Rasulullah SAW telah melarangnya sekalipun antara laki-laki dengan laki-laki atau antara perempuan dengan perempuan baik dengan syahwat ataupun tidak.
  • Mukjizat Turun Ketika...
    Hikmah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:03 WIB
    Mereka minum, mandi dan mengambil air sepuas-puasnya. Matahari pun sudah makin tinggi. Tiba-tiba dari segenap penjuru unta-unta itu datang kembali dan menderum di depan mereka.
  • Surat Yasin Ayat 13-14...
    Tausyiah
    Kamis, 18 November 2021 - 20:13 WIB
    Surat Yasin Ayat 13-14 menjadi peringatan kepada orang-orang yang ingkar kepada risalah Nabi Muhammad SAW sebagaimana Ashab al-Qaryah yang mengingkari risalah Nabi Isa as.
  • Beda Pendapat Tafsir...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 13:38 WIB
    Akan tetapi apa yang dimaksud dengan pengecualian itu? Inilah yang mereka bahas secara panjang lebar sekaligus merupakan salah satu kunci pemahaman ayat tersebut.
  • Kisah Penebar Hadis...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 17:41 WIB
    Kemunculan para tukang cerita yang menggandalkan hadis-hadis palsu ternyata bukan saja terjadi saat ini. Jauh sejak masa tabiut-tabien pada abad kedua dan ketiga Hijriyyah sudah banyak tersebar.
  • Kisah Nabi Isa dan Enam...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 05:21 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Nabi Isa alaihissalam (Isa Al-Masih) memiliki 6 mukjizat yang diabadikan dalam Al-Quran. Mukjizat itu sebagai tanda dan bukti kenabian beliau.
  • Kisah Ayuba Suleyman...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 17:49 WIB
    Diallo adalah seorang pedagang dan guru Al-Quran dari Negara Islam Bundu di Senegal. Ia diculik pada tahun 1730 di Gambia dan dijual kepada kapten Stephen Pike dari Kapal Arabella.
  • Imam Al-Ghazali (1):...
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 14:16 WIB
    Kendati penemuan-penemuan, psikologi dan ilmu pengetahuan Imam al-Ghazali, dihargai secara luas oleh bermacam kalangan akademis, tetapi tidak diperhatikan sebagaimana mestinya,
  • Hukum Seni Lawak, Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 05:58 WIB
    Sesungguhnya tertawa itu termasuk tabiat manusia. Tertawa itu datang setelah memahami dan mengetahui ucapan yang didengar atau suatu sikap dari gerakan yang dilihat, sehingga ia tertawa karenanya.
  • Seorang LGBT Bertanya...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Seorang Transgender (LGBT) bertanya kepada Habib Umar bin Hafizh mengenai dosa dan neraka saat menghadiri Majelis para ulama di Ampang, Malaysia. Berikut jawabannya.
  • 4 Syarat Fashion Muslimah...
    Muslimah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 14:49 WIB
    Sebenarnya banyak referensi yang tersebar tentang pakaian atau fashion muslimah dalam sumber-sumber tertulis seperti Al Quran dan Hadis Nabi Shallallahu alihi wa sallam.
  • Bolehkah Membaca Al-Quran...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:10 WIB
    Banyak Hadis menerangkan keutamaan membaca Al-Quran, salah satunya diganjar 10 kebaikan dari satu huruf yang dibaca. Pertanyaannya, bolehkah membaca Al-Quran tanpa berwudhu?
  • Zikir yang Diajarkan...
    Tips
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:53 WIB
    Siapa saja yang mengamalkan wirid harian ini, maka hidupnya akan mendapatkan keberkahan dan dimudahkan untuk memperoleh ilmu, pesan al-Ghazali sebagaimana dikutip Syekh Dairabi.
  • Ketika Abu Hanifah Berdebat...
    Hikmah
    Sabtu, 24 Juli 2021 - 07:17 WIB
    Numan bin Tsabit Al-Marzuban yang dikenal dengan Abu Hanifah dikenal pandai dan cerdas. Kepandaian dan kecerdasannya ini banyak diunjukkan dalam berbagai kasus