Topik Terkait: Rumah Tangga Dalam Islam (halaman 55)

  • Surat Luqman Ayat 6...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:35 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud dan Ibnu Abbas serta sebagian Tabiin, bahwa mereka mengharamkan nyanyian berdasarkan QS Luqqman ayat 6.
  • Supaya Hijrah Menjadi...
    Muslimah
    Selasa, 16 November 2021 - 14:46 WIB
    Hakikat hijrah untuk kita saat ini adalah meninggalkan apa yang dibenci oleh Allah menuju kepada hal yang dicintai oleh Allah. Sehingga ketika kita menyadari bahwa masa lalu kita membawa kita jauh dari ridho Allah.
  • Ilmu Kalam, Peranan...
    Hikmah
    Sabtu, 21 September 2024 - 07:50 WIB
    Dalam perjalanan sejarah pemikiran Islam, pengaruh Khawarij tetap saja menjadi pokok problematika pemikiran Islam. Yang paling banyak mewarisi tradisi pemikiran Khawarij ialah kaum Mutazilah
  • Sifat Qanaah: Arti,...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
    Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.
  • Cak Nur: Fiqih Sudah...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 14:33 WIB
    Fiqh adalah yang paling kuat mendominasi pemahaman orang-orang Muslim akan agama mereka sehingga, karenanya, paling banyak membentuk bagian terpenting cara berpikir mereka.
  • Bacaan Ijab Kabul Akad...
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:35 WIB
    Bacaan ijab kabul akad nikah bahasa Indonesia dan Arab mengandung arti penyerahan dari pihak wali si perempuan. Sedangkan Kabul (Qobul) mengandung arti penerimaan dari pihak calon suami.
  • Pra Islam: Ketika Orang-Orang...
    Hikmah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:32 WIB
    Kala itu, kekuasaan di Irak dan di Syam silih berganti antara kedua imperium Persia dan Romawi. Adakalanya Persia merebut Syam dari Romawi lalu digabung dengan Irak yang ada di bawah kekuasaannya.
  • Benarkah Al-Quran Menggunakan...
    Hikmah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 16:24 WIB
    Al-Quran menggunakan Bahasa Arab. Namun, banyak dialek dalam Bahasa Arab. Lalu, dalam dialek apakah al-Quran diturunkan? Sejak zaman Nabi Muhammad sampai kini soal ini mengundang perdebatan.
  • Benarkan Pintu Ijtihad...
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:45 WIB
    Sebagian ulama berpendapat bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Ini digelorakan ulama mutakhirin setelah dunia Islam diliputi kabut taashub mazhab serta banyaknya mujtahid karbitan.
  • Patung dan Bimbingan...
    Tausyiah
    Rabu, 02 September 2020 - 05:00 WIB
    Islam samasekali tidak suka berlebih-lebihan dalam menghargai seseorang, betapapun tingginya kedudukan orang tersebut, baik mereka yang masih hidup ataupun yang sudah mati.
  • Kisah Imam Al-Ghazali...
    Hikmah
    Rabu, 24 November 2021 - 16:34 WIB
    Imam al-Ghazali tak sepi dengan ancaman dalam aktivitas dakwahnya. Pada saat di Baghdad berhadapan dengan sekte pembunuh Hashashin. Perdana Menteri Nizam al-Mulk menjadi salah satu korban.
  • Inggris Rusuh, Komunitas...
    Dunia Islam
    Senin, 05 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Kerusuhan sayap kanan Inggris dan serangan islamophobia merembet ke banyak kota pada Ahad malam, beberapa hari setelah insiden penusukan di Southport. Insiden ini secara keliru dikaitkan dengan Muslim.
  • Mengabadikan Pengembara...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 September 2022 - 12:58 WIB
    Pengembaraan Ibnu Batutah tercatat sepanjang 120.000 kilometer selama 30 tahun dikenang sejumlah negara. Bukan hanya negeri Islam, negeri Barat pun mengenangnya.
  • Pengertian dan Definisi...
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 11:24 WIB
    Pengertian dan definisi nikah disampaikan beragam oleh para ulama. Bahkan ulama dari 4 mazhab berbeda-beda dalam mendefinisikan tentang pernikahan.
  • Mengapa Hari Sabtu Terlarang...
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 16:08 WIB
    Meski ada 7 nama hari, namun di dalam dasar hukum islam Al-Quranul Karim hanya ada 2 hari yang disebut, yaitu hari Jumat dan hari Sabtu. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Ketika Musibah Datang...
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 06:35 WIB
    Musibah menjadi peringatan bagi orang-orang yang meyakini Allah sebagai Rabb-nya, akan tetapi keyakinannya tidaklah kuat. Lisannya berikrar syahadatain, tubuhnya menjalankan salat, tetapi hatinya mudah sekali goyah dan terbawa godaan syaitan.
  • Kabah: Kisah Paganisme...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Sudah banyak nabi yang diturunkan di wilayah sekitar Kabah sebelum Nabi Muhammad. Sebut saja, Nabi Hud, Nabi Syuaib, dan Nabi Saleh. Tetap saja mereka menyembah berhala.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib...
    Hikmah
    Kamis, 02 Januari 2020 - 16:30 WIB
    Berikut ini penjelasan tentang hal-hal yang dilarang bagi yang tidak berwudhu. Dilarang bagi yang tidak ada wudhu melakukan tiga hal berikut.
  • Jin Qorin Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 16:44 WIB
    Setiap manusia diikuti jin dan jin itu disebut jin qorin. Jin tersebut mempengaruhi manusia untuk berbuat jahat. Kecuali jin qorin yang mengiringi Nabi Muhammad SAW.
  • Sholat Tarawih Paling...
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 09:39 WIB
    Bagi umat muslim, ibadah sholat tarawih di bulan Ramadhan sangat dianjurkan (hukumnya sunnah muakkadah). Boleh dilaksanakan berjamaah di masjid ataupun sendiri-sendiri di rumah.