Topik Terkait: Salat Istikharah (halaman 2)

  • Begini Tata Cara Salat Saat Kondisi Bencana
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Bagi yang berada dalam kondisi bencana, tidak ada batasan pasti kapan paling lama jamak dilakukan. Batasan sebenarnya adalah hilangnya kesukaran dan kesempitan itu sendiri.
  • 5 Kiat Agar Khusyuk dalam Salat
    Tausiyah
    Senin, 13 Mei 2019 - 14:29 WIB
    Ibadah salat merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman. Bagaimana kiat dan acara agar khusyuk dalam salat, berikut penjelasannya.
  • Siapakah Orang yang Salat Tapi Celaka? Ini Penjelasan Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 05:10 WIB
    Siapakah orang yang salat tapi dihukumi celaka? Ini merupakan peringatan bagi yang lalai dalam salatnya. Berikut keterangan Al-Quran terkait orang yang celaka meskipun salat.
  • Syarat-syarat untuk Muslimah yang Ingin Salat Tarawih di Masjid
    Muslimah
    Sabtu, 01 April 2023 - 08:29 WIB
    Sebaik-baiknya tempat salat bagi muslimah adalah di rumahnya, akan tetapi muslimah pun diperbolehkan melakukan salat di masjid namun dengan syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan syariat.
  • Salat dalam Keadaan Darurat Najis, Ini Pendapat Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 22:12 WIB
    Jika seseorang dalam keadaan tidak bisa menghilangkan najis dari badannya, sementara waktu shalat hampir habis, apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya.
  • Fiqih Salat Malam, Bolehkan Salat Tahajjud Setelah Witir?
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 23:30 WIB
    Bagaimana hukumnya Salat Tahajjud setelah Salat Witir, sementara Witir disebut sebagai salat penutup salat malam? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir Lc.
  • Tata Cara Salat Sunnah Taubat Berikut Doanya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 21:52 WIB
    Salat Sunnah Taubah (Tobat) adalah salat sunnah yang dicintai Allah Taala. Salat tobat ini disebut juga permohonan ampunan kepada Allah atas dosa yang dilakukan seorang hamba.
  • Panduan Salat Tarawih dan Witir beserta Tata Caranya
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:19 WIB
    Panduan salat tarawih dan witir ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan salat tarawih baik berjamaah di masjid atau salat sendiri di rumah.
  • Rukun Salat Iduladha Tak Berbeda dengan Salat Idulftri
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Rukun salat Iduladha tidak berbeda dengan rukun salat Idulfitri dan mirip dengan salat lain. Demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunahkan.
  • Bacaan Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir Lengkap Beserta Artinya
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 18:28 WIB
    Doa setelah selesai mengerjakan salat tarawih dan witir ini dianjurkan untuk diamalkan. Doa tersebut biasanya disebut dengan doa kamilin.
  • Rajin Menjaga Salat Dhuha, Pahala Akan Terus Mengalir
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 19:37 WIB
    Dalam ibadah salat, ada salat sunnah Dhuha yang pahala dan fadhilahnya luar biasa besar untuk memperberat timbangan amal kebaikan kita. Ibadah salat Dhuha ini merupakan cara meningkatkan amal ibadah dan cara meningkatkan akhlak manusia
  • Hadis tentang Keutamaan Salat di Awal Waktu dan Mengucapkan Aamiin
    Tips
    Jum'at, 26 April 2024 - 20:32 WIB
    IbnuMasud bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam: Apakah amalan yang paling afdhal?, beliau bersabda: Shalat pada waktunya,
  • Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Zikirnya
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 21:27 WIB
    Salat Hajat adalah salat sunnah yang dikerjakan agar hajat (keinginan/kebutuhan) dikabulkan Allah Taala. Hajat yang dimaksud di sini adalah hajat yang dibenarkan oleh syariat.
  • Niat Salat Tarawih 11 Rakaat dan Witir Beserta Artinya
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 11:03 WIB
    Niat salat tarawih 11 rakaat dan witir serta artinya bisa diamalkan ketika akan mengawali salat tarawih di malam pertama Ramadan.Waktu pelaksanaan salat Tarawih dimulai setelah salat Isya, berakhir sampai terbit fajar baik secara berjamaah atau dilakukan sendiri.
  • Bacaan Bilal Salat Jumat yang Biasa Dipraktikkan Kalangan Nahdliyin
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 05:40 WIB
    Berikut ini adalah urut-urutan bacaan bilal saat salat Jumat yang biasa dipraktikkan kalangan Nahdliyin atau anggota Nahdlatul Ulama (NU) dari azan pertama sampai salat Jumat selesai.
  • Wabah Corona, Bolehkah Salat Memakai Masker?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:18 WIB
    Sudah menjadi pemandangan biasa di berbagai masjid dan mushalla, kaum muslimin salat memakai masker. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Apakah dibolehkan?
  • NU Terbitkan Panduan Praktis Salat Jumat di Tengah Pandemi Covid-19
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 13:09 WIB
    PWNU Jawa Timur menerbitkan panduan praktis salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 sebagai bagian dari khidmah diniyyah bagi kaum muslimin di tengah situasi mutakhir.
  • Tata Cara Salat Orang Tunarungu dan Tunanetra
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 12:20 WIB
    Tata cara salat orang tunarungu dan tunanetra prinsipnya sama dengan tata cara salat orang yang nomal. Hanya saja, orang yang mengalami dua difabilitas tersebut tidak diwajibkan salat.
  • Hadis: Salat Berjamaah Walau Hanya Berdua Lebih Utama Ketimbang Sendirian
    Hikmah
    Rabu, 22 November 2023 - 06:09 WIB
    Hadis berikut ini menunjukkan bahwa jemaah paling sedikit adalah yang terdiri dari imam dan satu makmum. Salat berjamaah walaupun hanya berdua lebih utama daripada salat sendirian
  • 6 Perkara yang Makruh Dalam Salat
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 21:10 WIB
    Apabila salatnya baik, maka baiklah pulalah seluruh amalnya yang lain. Dan jika salatnya rusak maka rusak pula amalnya yang lain. Berikut perkara makruh dalam salat.