Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 55)

  • Surat Yasin Ayat 15-17:...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 November 2021 - 16:09 WIB
    Surat Yasin ayat 15-17 menceritakan bagaimana dialog antara para utusan dengan penduduk Antokiah. Kaum ini menolak kehadiran para utusan dengan dalih utusan itu juga manusia biasa.
  • Hamzah bin Abdul Muthalib:...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 17:41 WIB
    Pertempuran ini terjadi kurang lebih setahun lebih seminggu setelah Perang Badar. Pertempuran di dekat bukit Uhud ini Hamzah bin Abdul Muthalib syahid.
  • Sejarah singkat Masjid...
    Dunia Islam
    Senin, 29 Mei 2023 - 07:22 WIB
    Masjid Bir Ali terletak 11 kilometer dari Masjid Nabawi. Tepatnya sebelah barat Lembah Aqiq. Bir Ali dahulu dikenal sebagai Dzulhulaifah, sebuah desa yang berjarak 6 atau 7 mil dari Kota Madinah.
  • Ini Mengapa Palestina...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 09:29 WIB
    Palestina seringkali disebut sebagai Tanah Kanan. Hal ini terjadi karena yang pertama kali bermukim di wilayah Barat Daya negeri Syam ini dikenal dalam sejarah adalah bangsa Kanan.
  • Malam Hijrah Nabi yang...
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 18:22 WIB
    Suraqah (versi Indonesia: Serakah) menaiki kudanya dan menghentakkan kakinya. Kuda itupun berlari kencang di tengah teriknya matahari di padang pasir yang menghampar.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Shaleh, Tuntutan Kaum...
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 09:59 WIB
    Kaum Tsamud menuntut hal yang sanga muskil kepada Nabi Shaleh, namun Allah Taala mengabulkan semua tuntutan itu. Lalu, sebagian di antara mereka beriman.
  • Zubair bin Awwam: Ahli...
    Hikmah
    Sabtu, 09 April 2022 - 12:34 WIB
    Zubair bin Awwam salah seorang sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Beliau wafat pada saat pecah konflik di tubuh ummat Islam. Zubair ditikam pendukung Khalifah Ali bin Abu Thalib.
  • Beberapa Contoh tentang...
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 17:10 WIB
    Persiapan kekuatan semampu mungkin, bersikap waspada terhadap musuh, serta melatih umat, juga sama. Alat-alat dan perangkat dapat berubah, sementara ajaran dan tujuannya adalah tetap.
  • Mengapa Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 16:19 WIB
    Masyarakat pada masa Isa as, membutuhkan bukti-bukti yang bersifat suprarasional. Sedangkan Nabi Muhammad tidak menggunakan hal-hal yang seperti itu sebagai bukti kebenaran ajarannya.
  • Perang Salib III: Kisah...
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2024 - 09:02 WIB
    Kemenangan demi kemenangan yang diraih pasukan Salib membuat semangat bertempur semakin bertambah. Pertempuran kembali terjadi antara Shalahuddin dengan Richard I di Jaffa pada Agustus 1192.
  • Kisah Ibrahim bin Adham...
    Hikmah
    Kamis, 30 September 2021 - 14:23 WIB
    Fariduddin Attar mengisahkan pertobatan Ibrahim bin Adham, Raja Balkh, dan seluruh dunia berada di bawah perintahnya. Awalnya, ia didatangi Nabi Khidir. Begini dialognya.
  • Nabi Yusuf AS Tak Sekadar...
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:32 WIB
    Kisah Nabi Yusuf bisa jadi pelajaran berharga tatkala dunia berada di tubir krisis ekonomi menyusul serangan virus corona. Langkah-langkah antisipatif ketahanan pangan hari ini akan sangat menentukan nasib bangsa ke depan.
  • Saat Abu Thalib Melamar...
    Hikmah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 08:02 WIB
    Abu Thalib berkata kepada Khadijah, aku mendengar engkau mengupah orang dengan dua ekor anak unta. Tapi buat Muhammad, aku tidak setuju kurang dari empat ekor.
  • Surat Yasin Ayat 5-6:...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 November 2021 - 15:42 WIB
    Surat Yasin ayat 5-6 menegaskan bahwa diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai pemberi peringatan. Rasulullah SAW ditugaskan kepada kaum yang nenek moyang mereka belum pernah diberi peringatan.
  • Rabiul Awal, Bulan Maulid...
    Tausyiah
    Kamis, 05 September 2024 - 05:15 WIB
    Rabiul Awal dikenal juga sebagai bulan Maulid atau bulan kelahiran Baginda Nabi Muhammad Shalallahu Alihi wa sallam. Banyak keistimewaan di bulan tersebut yang perlu diketahui umat muslim.
  • Doa Nabi Ibrahim agar...
    Tips
    Selasa, 22 Maret 2022 - 18:31 WIB
    Selain dengan niat yang ikhlas karena Allah, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa atas setiap amal perbuatan yang kita lakukan. Adapun doa yang bisa diucapkan agar tiap amal ibadah mudah diterima oleh Allah subhanahu wa taala ini,
  • Kisah Nabi Idris, Orang...
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:46 WIB
    Nabi Idris patut berjuluk sang pelopor. Beliau orang pertama kali yang menulis dengan pena. Pertama yang menulis suhuf. Beliau orang pertama ahli ilmu nujum.
  • Menelisik Akar Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 14:21 WIB
    Belakangan ini generasi peneliti baru menaruh minat meneliti akar Islam kuno masyarakat Amerika Latin. Di era media sosial, konten semacam itu nyatanya cukup diminati orang Amerika Latin.
  • Belajarlah dari Sejarah...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:28 WIB
    Al-Quran penuh dengan sejarah. Sejarah itu penting, karena dengan sejarah manusia belajar untuk berubah dan menjadi lebih baik di masa kini dan mendatang.
  • Kisah Turki Bin Abdullah...
    Dunia Islam
    Selasa, 23 November 2021 - 05:15 WIB
    Turki bin Abdullah memulai kekuasaannya dari puing-puing setelah pada tahun 1818 dihancurkan oleh pasukan Mesir yang dipimpin oleh Ibrahim Pasha. Dinasti Saud II berdiri pada tahun 1824