Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 108)

  • Kisah Keberkahan Halimah...
    Hikmah
    Jum'at, 30 September 2022 - 15:08 WIB
    Pada mulanya, Halimah tidak tertarik untuk menyusui bayi yang yatim itu. Namun karena tidak mendapatkan bayi lain, Halimah pun akhirnya menerima. Keputusan Halimah ini membawa berkah yang berlimpah.
  • Hukum Melawak, Syaikh...
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 11:51 WIB
    Apakah Islam membolehkan seni semacam komedi, humor, atau lawak? Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut sebagian sahabat Nabi ada yang bersenda gurau dan Rasulullah SAW pun membiarkan dan menyetujui.
  • Kisah Nabi Zulkifli,...
    Hikmah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 18:03 WIB
    Di dalam Al-Quran, Nabi Zulkifli digambarkan sebagai sosok hamba yang penyabar, memenuhi janji, amanah, jujur, dan sanggup menanggung risiko maupun kesulitan dalam berdakwah.
  • Penaklukkan Yerusalem...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Banyak anggapan mengatakan bahwa misi merebut Yerusalem oleh pasukan Salib disebabkan Yerusalem adalah tempat lahirnya Kristen dan tempat meninggal dan bangkitnya Yesus.
  • Polemik Ijtihad Umar...
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 18:52 WIB
    Ijtihad Khalifah Umar bin Khattab terkait pembagian harta rampasan berupa tanah-tanah pertanian mengundang perdebatan sengit. Sahabat Nabi yang paling keras menentang adalah Bilal bin Rabah.
  • Peristiwa Muharam: Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 08:23 WIB
    Allah Taala mengusir Adam dari surga, lalu menurunkannya ke bumi pada bulan Muharam akibat memakan biji-bijian surga yang terlarang. Adam dan Hawa diturunkan ke bumi secara terpisah.
  • Syair Cinta Rumi: Nubuat...
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 14:37 WIB
    Jalalaludin Rumi dalam bukunya berjudul Masnavi berkisah, Nabi berkata di telinga pemegang sanggurdi Amirul Mukminin Ali: Ali akan dibunuh oleh tanganmu, aku bersumpah kepadamu!
  • Cara Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 24 Maret 2020 - 09:37 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sangat memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan. Setiap hari beliau mandi dan tidak pernah meninggalkan siwak.
  • Jangan Tinggalkan Amalan...
    Muslimah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 06:25 WIB
    Membaca shalawat nabi adalah salah satu hal penting bagi kita sebagai umat muslim. Membaca shalawat menjadi wajib hukumnya ketika kita mendengar seseorang menyebut nama Rasulullah, dan ketika Tasyahud Akhir saat salat.
  • Kisah Persembunyian...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:29 WIB
    Pikiran Abu Bakar bukan apa yang akan menimpa dirinya, tetapi yang dipikirkannya adalah Rasulullah, kalau sampai kaum Quraisy itu berhasil membunuhnya.
  • Isa bin Maryam Memberi...
    Tausyiah
    Senin, 13 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul Dahsyatnya Hari Kiamat memaparkan sejumlah hadis yang menerangkan tentang penjelasan Isa bin Maryam terkait turunnya Yajuj dan Majuj menjelang hari kiamat.
  • Doa Pembuka Aura Wajah...
    Tips
    Senin, 28 Agustus 2023 - 16:18 WIB
    Doa pembuka aura wajah atau tubuh ini bersumber dari Al-Quran terutama Surat Yusuf. Doa ini banyak diamalkan, karena Nabi Yusuf Alaihissalam diberi kemuliaan wajah yang tampan rupawan oleh Allah SWT.
  • Pohon Gharqad: Pohon...
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2024 - 10:08 WIB
    Imam an-Nawawi mengatakan Gharqad adalah sejenis pohon berduri yang dikenal di Negeri Baitul Maqdis (Palestina). Di sanalah Dajjal dan Yahudi (akan) dibunuh oleh Nabi Isa dan kaum Muslimin.
  • Ini Waktu Paling Mustajab...
    Tausiyah
    Jum'at, 13 Desember 2019 - 07:30 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) telah mengabarkan keutamaan hari Jumat dibanding hari lainnya. Salah satunya adalah waktu mustajab untuk berdoa.
  • 4 Amalan yang Mengiringi...
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 16:18 WIB
    Bulan Ramadhan akan menjadi bulan menambang pahala serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Selain puasa, umat Islam akan melakukan ibadah-ibadah sunnah lainnya.
  • Begini Lafadz Azan saat...
    Tausyiah
    Minggu, 21 April 2024 - 09:52 WIB
    Lafadz azan saat hujan badai melanda penting diketahui umat Muslim. Jika dibandingkan dengan azan biasa, ada sedikit perbedaan dalam bacaannya.
  • Waraqah bin Naufal,...
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 05:15 WIB
    Waraqah adalah ahli Bible, penganut Kristen Nestorian. Ia mengimani kebenaran risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Hanya saja, beberapa hari setelah kenabian, beliau wafat.
  • Kisah Sayyidina Ali...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah (nasihat-nasihat ringan), Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menceritakan kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA yang mengagumkan.
  • Proses Ruh Masuk Dalam...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 14:55 WIB
    Setelah ruh masuk ke dalam otak Adam, di sana ia berputar-putar selama 100 tahun, kemudian ia turun pada kedua mata Adam, dan akibatnya keduanya bisa melihat.
  • Nabi Yeremia Sama dengan...
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Ada yang mengatakan bahwa ia adalah Nabi Khidir, sebagaimana diriwayatkan oleh Adh-Dhahhak dari Ibnu Abbas. Namun riwayat ini aneh dan tidak benar, tulis Ibnu Katsir.