Topik Terkait: Social Distancing (halaman 286)

  • Kisah Hikmah : Jangan...
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Siapa Penghuni Surga...
    Muslimah
    Senin, 09 Januari 2023 - 10:07 WIB
    Siapakah penghuni surga yang paling banyak? Ternyata kaum wanitalah yang akan menjadi penghuni terbanyak surga. Ini ditegaskan dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • Perilaku-perilaku Manusia...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 11:04 WIB
    Adakah ciri dari perilaku-perilaku manusia yang mempercepat turunnya dajjal? Ternyata, banyak sekali yang sudah terlihat saat ini. Apa saja ciri dari perilaku manusia tersebut?
  • Sejarah Perang Khandaq:...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.
  • Kisah Sufi: Orang yang...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:51 WIB
    Walaupun anugerah bisa direnggut oleh orang cerdik, kemampuan yang diambil secara benar dari seorang guru seperti Si Pemurah dari Bokhara itu memiliki kekuatan yang melampaui apa yang kasat mata.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ada yang Menabukan Ijtihad,...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 21:38 WIB
    Di kalangan ulama klasik ada pendapat hampir merata bahwa ijtihad adalah suatu tugas yang penuh gengsi, tapi justru karena itu menuntut persyaratan banyak dan berat.
  • 4 Doa Pembuka Hati agar...
    Tips
    Rabu, 11 Januari 2023 - 09:41 WIB
    Baik atau buruknya seluruh anggota badan manusia tergantung dari baik atau buruknya hati. Karena itu, hati perlu mendapat asupan doa.
  • Kisah Kedatangan Nabi...
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:14 WIB
    Kisah kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman versi Islam dan Nasrani hampir sama. Rasulullah SAW menyatakan, sesungguhnya menjelang hari kiamat nanti, Isa akan turun kembali ke bumi.
  • 3 Kelemahan Kristen,...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:37 WIB
    Untuk mengapresiasi dengan benar titik temu pertama antara Islam dan Kristen yang diperlukan bagi umat yang beragama Kristen adalah agar mereka sadar akan kelemahan Kristiani di periode zaman itu.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 11:11 WIB
    Surat Qaf banyak menjelaskan tentang kehidupan yang akan dijalani manusia setelah kematian, hari kebangkitan, penciptaan langit dan bumi hingga peringatan bagi orang yang takut pada ancaman Allah SWT.
  • Inilah Gambaran Dunia...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 14:24 WIB
    Tidak beriman seseorang jika tidak percaya adanya malaikat, sebab para malaikat adalah hamba Allah Subhanahu wa Taala yang dibebani untuk melaksanakan ibadah.
  • Inilah Dosa Jariyah...
    Muslimah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Masih banyak kaum wanita muslimah yang menyepelekan dosa-dosa jariyah, bahkan menganggap hal tersebut sebagai hal biasa saja.
  • 7 Fakta Sultan Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Nama Sultan Muhammad Al-Fatih tak hanya harum dalam peradaban Islam, kisahnya juga dibadikan dalam banyak buku sejarah dunia. Berikut 7 faktanya menaklukkan Konstantinopel
  • Perhatikan Ini Syarat...
    Muslimah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 15:35 WIB
    Di antara hal yang wajib diperhatikan kaum muslimah dalam sholat adalah tentang syarat sahnya. Berikut beberapa syarat sah sholat bagi kaum perempuan.
  • 3 Keutamaan Membaca...
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 19:39 WIB
    Membaca Surat Ad-Dhukhan pada malam Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di samping membaca Surat Al-Kahfi. Berikut tiga keutamaannya.
  • Kisah Sufi: Timur Agha...
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Adab Makan yang Diajarkan...
    Tips
    Minggu, 08 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan adab makan karena di dalamnya terdapat keberkahan dan nilai ibadah.
  • Kisah Bangsawan Lady...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Lady Evelyn Zeinab Cobbold saat lahir bernama Lady Evelyn Murray. Dia menyatakan diri memeluk Islam pada tahun 1915 yakni pada era Victoria. Berikut penuturannya.
  • Kisah Nabi Isa yang...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 19:04 WIB
    Para pengarang Sufi sering kali menganggap Yesus sebagai Jalan (a Master of the Way). Kisah ini ditemukan, dengan sedikit perbedaan bentuk, dalam lebih dari satu koleksi Darwis.
  • Konsep Taabbudi dan...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 17:23 WIB
    Taabbudi dan Taaqquli merupakan dua konsep pemahaman yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam. Berikut penjelasan dan contoh-contohnya.