Topik Terkait: Tafsir Ayat Kursi (halaman 39)

  • Khasiat Surat Al-Hasyr,...
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 13:25 WIB
    Barangsiapa yang menulisnya di atas gelas kaca dan mencucinya dengan air hujan lalu meminumnya maka dia akan diberi kemudahan untuk menghapal dan juga diberi kecerdasan.
  • Surat Al Waqiah Juz...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 November 2023 - 14:14 WIB
    Membaca, memahami, dan merenungkan makna dari surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan. Beberapa di antaranya termaktub dalam hadis-hadis yang menyebutkan keberkahan bagi mereka yang membiasakan diri membaca surat ini.
  • Allah Berdialog dengan...
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 18:02 WIB
    Banyak rahasia yang terkandung di dalam Surah Al-Fatihah. Ketika membaca Surah Al-Fatihah kita harus meyakini bahwa kita sedang berdialog dengan Allah Azza wa Jalla.
  • Khasiat Surah Al-Ankabut,...
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 08:36 WIB
    Keistimewaan surah Al-Ankabut, barangsiapa yang meminumnya maka akan hilang penyakit demam darinya dan berbagai penyakit lainnya. Surah ini sebagai wasilah doa untuk meredakan penyakit malas.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tips
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:31 WIB
    Keutamaan surat Ar Rahman banyak sekali, salah satunya akan diridhai Allah Subhanahu wa taala. Surat Ar Rahman atau dikenal dengan nama Arus Al Quran, yang secara harfiyah berarti pengantin Al Quran.
  • Surat Ali Imran Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:34 WIB
    Nabi Zakariya AS adalah nabi yang dipuji Allah SWT berkat adab berdoa yang lembut. Nabi Zakaria terkenal dengan doa memohon keturunan yang saleh. Begini doanya.
  • Kisah 3 Perempuan dalam...
    Muslimah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 15:15 WIB
    Surat at-Tahrim yang terletak di akhir juz dua puluh delapan. Merupakan surat yang Allah turunkan untuk mengingatkan nabi dan istri-istri nabi yaitu Aisyah dan Hafshah radhiyallahu anha yang cemburu kepada Zainab radhiyallahu anha.
  • Kisah Wanita Thawaf...
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 19:49 WIB
    Turunnya perintah berpakaian terbaik ketika masuk masjid ternyata berkaitan dengan kisah seorang wanita yang thawaf di Kabah dalam keadaan telanjang. Berikut kisahnya.
  • Beda Sebutan Kaum Yahudi...
    Tausyiah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 08:57 WIB
    Ayat di atas, kata Quraish, secara tegas menyatakan bahwa selama seseorang itu Yahudi maka ia pasti tidak akan rela terhadap umat Islam hingga umat Islam mengikuti agama/tatacara mereka.
  • 7 Ayat Cinta Dalam Al-Quran,...
    Muslimah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 16:32 WIB
    Arti cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan. Dalam Al-Quran pun banyak tercantum ayat-ayat tentang cinta ini.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 19:47 WIB
    Surat Al-Fath ayat 27 menjelaskan tentang mimpi Nabi Muhammad SAW yang kemudian menjadi sebuah kebenaran atas kehendak Allah. Berikut asbabun nuzulnya.
  • 5 Ayat Tentang Riba...
    Tausyiah
    Senin, 12 Agustus 2024 - 11:08 WIB
    Ada beberapa ayat Al Quran terkait larangan dan dosa riba. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.
  • 2 Metode Penafsiran...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 06:41 WIB
    Penafsiran satu surah dalam Al-Quran dengan menjelaskan tujuan-tujuannya secara umum dan khusus atau tema sentral surah tersebut, kemudian menghubungkan ayat-ayat yang beraneka ragam itu satu dengan lain.
  • Ingin Terhindar dari...
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 18:25 WIB
    Setan dan bala tentaranya akan menggoda manusia dari segala arah, depan, belakang, samping kanan dan samping kiri.Ibnu Qayyim Al Jauziyah memberikan resep agar selamat dari godaan syetan dari arah manapun.
  • Apakah Israiliyyat Ada...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Dalam tafsir al-Quran bertabur kisah-kisah Israiliyyat, terutama tentang kisah nabi-nabi. Apakah hal ini ada hubungannya dengan Israel dan Yahudi?
  • Keistimewaan Surat Al-Kafirun,...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 08:30 WIB
    Barangsiapa membacanya saat terbitnya matahari sebanyak sepuluh kali kemudian dia berdoa dengan doa apa saja yang diinginkannya maka doanya akan terkabul.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 25 Juli 2024 - 09:42 WIB
    Hukum tajwid Surat Al Kahfi ayat 110 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Imam Syafii Tak Pernah...
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 06:30 WIB
    Dalam satu kitabnya, ulama bernama Muhammad bin Idris Asy-Syafii ini menegaskan bahwa Allah tidak bertempat. Allah ada tanpa permulaan dan tanpa tempat.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:00 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 99 ini ada beberapa macam, mulai dari Mad Tabii hingga Mad Arid Lissukun. Setiap hukum tajwid ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya tidak menimbulkan salah tafsir ketika membaca Al Quran.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Tips
    Minggu, 28 Juli 2024 - 07:25 WIB
    Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas ayat 1 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Ketika mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut.