Topik Terkait: Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (halaman 111)

  • Asal-usul Imsak dan...
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 03:01 WIB
    Setiap Ramadhan kita sering mendengar pemberitahuan Imsak dari masjid-masjid sebelum Subuh. Inilah tradisi Ramadhan yang hanya ada di Indonesia.
  • Kisah Sufi yang Tidak...
    Hikmah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 18:00 WIB
    Kisah ini memperkenalkan legenda lisan para darwis yang secara tradisional disusun oleh Al-Mutanabbi. Kisah-kisah ini, wasiatnya, tidak boleh dituliskan selama seribu tahun.
  • Kesalahan Suami yang...
    Muslimah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:13 WIB
    Ada kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan dalam Islam, bahkan perbuatannya tersebut sangat dibenci Allah Subhanahu wa taala. Kesalahan kesalahan apa saja iti?
  • Biografi Abu Hasan Al-Asyari,...
    Hikmah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 23:52 WIB
    Sosok ulama satu ini pasti tak asing bagi umat muslim karena dikenal sebagai pendiri manhaj Ahlu Sunnah Waljamaah. Beliau adalah Imam Abu Hasan Al-Asyari, kelahiran Basrah abad ke-3 H.
  • Kenapa Awal Bulan Hijriah...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juni 2024 - 11:20 WIB
    Dalam kalender hijriah, awal tahun baru dinamakan bulan Muharram. Mengapa dinamakan demikian dan bagaimana sejarah penamaannya?
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Adab Berhias bagi Muslimah...
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 09:35 WIB
    Sebagai muslimah, sudah sepatutnya kita memahami adab dalam berhias. Adanya adab berhias dalam Islam ini semata-mata untuk memberikan kebaikan sekaligus menunjukkan salah satu karakter atau ciri-ciri beriman kepada Allah.
  • Ramadan 1444 H, Majelis...
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin (MHM) TGB Zainul Majdi mengajak umat Islam menjadikan momentum Ramadan 1444 H untuk memperkuat persaudaraan.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya,...
    Tips
    Kamis, 14 Maret 2024 - 20:17 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 15 Maret 2024/4 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Jangan Minta Harta Berlimpah,...
    Tausyiah
    Kamis, 24 November 2022 - 21:42 WIB
    Umat muslim tidak dianjurkan berdoa meminta harta berlimpah karena bisa menyebabkan kelalaian dan jatuh kepada kesombongan sebagaimana Qarun dan Firaun.
  • Penting Diketahui Hikmah...
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 08:38 WIB
    Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan. Sebagai persiapan menjalankan puasa sepanjang hari, sahur memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Apa dan bagaimana sebenarnya perihal sahur ini?
  • Kompleksitas Dunia Modern...
    Tausyiah
    Senin, 02 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Kata Islaam disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. Satu di antaranya adalah sesungguhnya agama (yang diterima) di sisi Allah adalah Islaam.
  • 4 Adab dalam Memilih...
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 10:58 WIB
    Berteman merupakan hubungan yang mendatangkan pahala karena mengarah kepada ibadah muamalah dalam wujud ukhuwah (persaudaraan) islamiyah. Lantas, bagaimana adab berteman dalam Islam?
  • Jadwal Sholat Jakarta...
    Tips
    Senin, 28 Agustus 2023 - 21:10 WIB
    Jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari Selasa 29 Agustus 2023 atau 12 Safar 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi rujukan umat Muslim wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu.
  • Ini Hukum Memajang Kaligrafi...
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 November 2021 - 23:26 WIB
    Memajang kaligrafi nama Nabi Muhammad SAW di dalam rumah merupakan salah satu kebiasaan umat islam di Indonesia.
  • 8 Muslimah Pelopor Ilmu...
    Muslimah
    Minggu, 19 November 2023 - 15:42 WIB
    Dari ilmuwan-ilmuwan muslim populer di dunia, beberapa di antaranya ternyata seorang muslimah. Mulai dari dunia ilmu pengetahuan hingga dunia bisnis. Siapa saja mereka?
  • 2 Kunci Amalan Diterima...
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 07:59 WIB
    Hadis tersebut mengatakan ibadah tidak akan diterima hingga terpenuhi dua syarat: Pertama: Ikhlas karena Allah Kedua, sesuai dengan tuntunan syariat yang telah digariskan dalam Al-Quran dan Sunnah.
  • Ketika Ada Dusta Di...
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:06 WIB
    Kesalahan atau aib masa lalu yang kita tutupi rapat-rapat tiba-tiba tersingkap oleh pasangan, bolehkah seorang istri atau suami berdusta? Atau ketika ada masalah rumah tangga kemudian takut membesar, maka berbohong tentangnya? Bolehkah berdusta?
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya,...
    Tips
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:30 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 30 Maret 2024/ 19 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Mushab Bin Umair, Sahabat...
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:21 WIB
    Sahabat Mushab bin Umair dikaruniai wajah rupawan dan paling ganteng di antara remaja di Makkah kala itu. Akhir hayatnya, beliau wafat sahid pada perang Uhud.
  • 6 Perkara yang Membatalkan...
    Tausiyah
    Sabtu, 22 Februari 2020 - 17:49 WIB
    Ustaz Muhammad Ajib (pengajar di Rumah Fiqih Indonesia) mengulas secara singkat hal-hal yang membatalkan wudhu dalam bukunya Fiqih Wudhu Versi Madzhab Syafii.