Topik Terkait: Talbis Dan Ghurur (halaman 3)

  • Doa dan Zikir ketika Dilanda Rasa Malas, Yuk Amalkan!
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 11:17 WIB
    Doa dan zikir ketika malas tengah melanda diri, perlu kita amalkan agar dapat lebih produktif dalam beraktivitas. Sebab rasa malas hanya akan menimbulkan dampak negatif yang berbuntut pada penyesalan.
  • Perbedaan Adzan dan Iqamah dalam Mazhab Syafii
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 21:12 WIB
    Perbedaan antara adzan dan iqamah pastinya telah banyak diketahui umat Islam. Namun dalam Mazhab Syafii terdapat beberapa perbedaan mendasar terkait dua panggilan ibadah ini.
  • Mad Lazim: Pengertian, Contoh dan Cara Bacanya
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:21 WIB
    Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Quran yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, hukum bacaan yang satu ini kerap di temui dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • Hiasan Rumah dalam Islam: Ini Lambang Kemewahan dan Kemusyrikan yang Dilarang
    Tausyiah
    Selasa, 01 September 2020 - 05:00 WIB
    Seorang muslim tidak dilarang untuk menghias rumahnya dengan karangan bunga yang warna-warni, dan ukiran-ukiran serta hiasan yang halal. Namun demikian, Islam tidak suka yang berlebih-lebihan.
  • Waspada, Setan Mengintai Hati yang Lalai
    Muslimah
    Kamis, 29 Juli 2021 - 06:40 WIB
    Ibnul Jauzi mengibaratkan hati manusia seperti sebuah benteng yang dikelilingi oleh pagar dan ada penjaga-penjaga yang senantiasa menjaga benteng tersebut dari serangan musuh.
  • Mengapa Ada Manusia Kaya dan Miskin? Begini Penjelasan Dalilnya
    Hikmah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:50 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala yang berkehendak menentukan seseorang itu miskin atau kaya. Allah maha mengatur siapa yang layak mendapat kelebihan harta dan siapa yang panas diberi dengan kondisi sedikit kekurangan.
  • Niat Puasa Arafah Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 11:05 WIB
    Niat puasa Arafah beserta keutamaannya perlu diketahui umat muslim. Mengapa demikian? Kita akan memasuki Dzulhijjah, yakni bulan mulia yang diagungkan Allah dan di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan keberkahan.
  • Doa Mandi Nifas Beserta Caranya Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya
    Muslimah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 11:31 WIB
    Doa mandi nifas beserta caranya penting diketahui oleh kaum muslimah yang telah melahirkan. Nifas sendiri merupakan hadas besar yang harus disucikan dengan cara mandi besar (wajib) sebelum kembali memulai beribadah.
  • Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Beserta Keutamaannya
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 08:06 WIB
    Perayaan Hari Raya Idul Adha tinggal bebeberapa hari lagi. Bagi umat muslim di seluruh dunia disunnahkan melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah. Bagaimana niat dan keutamaannya?
  • Mitos-mitos Wanita Haid dan Faktanya Menurut Islam
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Surat An Naba’ Ayat 10-11: Hikmah Dijadikan Siang dan Malam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 10:38 WIB
    Allah menciptakan malam hari sebagai waktu untuk mengistirahatkan semua anggota badan, setelah bekerja selama seharian, begitu juga siang hari diciptakan untuk mencukupi segala kebutuhan manusia.
  • Melaksanakan Tawaf dan Sai Pakai Skuter Diperbolehkan
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:50 WIB
    Arab Saudi menyediakan fasilitas skuter untuk jemaah yang akan melakukan tawaf dan sai di Masjidil Haram. Fasilitas tersebut disiapkan untuk jemaah lanjut usia (lansia) dan yang memiliki keterbatasan fisik.
  • Fakta Gunung Bergerak, Berikut Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:59 WIB
    Mungkin banyak yang mengira gunung yang terlihat kokoh selalu berada di tempatnya. Berikut penjelasan bahwa gunung tidak diam melainkan terus bergerak.
  • Tadabbur Al-Anam Ayat 96: Menyingsingkan Pagi dan Menjadikan Malam untuk Istirahat
    Hikmah
    Sabtu, 18 November 2023 - 23:51 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang kekuasaan Allah menyingsingkan waktu pagi dan malam yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk-Nya.
  • Lokasi Tembok Yakjuj dan Makjuj Diyakini di Antara Samarkand dan India
    Dunia Islam
    Kamis, 08 September 2022 - 23:44 WIB
    Lokasi tembok Yakjuj dan Makjuj (Gog dan Magog) makhluk perusak di akhir zaman menarik untuk kita ulas. Para sejarawan menyakini tempatnya di antara Samarkand dan India.
  • 7 Kalimat Dzikir yang Sering Dibaca Nabi dan Mudah Diamalkan
    Tips
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 15:14 WIB
    Ada tujuh (7) kalimat dzikir yang sering dibaca Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan mudah untuk diamalkan. Kalimat ini termasuk dzikir yang dicintai Allah Taala.
  • Rukun Haji dan Umrah Lengkap dengan Keutamaan dan Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:15 WIB
    Alhamdulillah musim Haji telah tiba. Bagi yang diberi kesempatan menunaikannya, berikut rukun haji dan umrah yang wajib dipenuhi jamaah selama melaksanakan haji.
  • Antara Jilbab dan Akhlak,  Adakah Korelasinya?
    Muslimah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 14:57 WIB
    Kerap kali permasalahan jilbab atau hijab dikaitkan dengan akhlak seseorang. Hingga hampir mencoreng kesucian dari makna hijab itu sendiri. Sebenarnya adakah keterkaitan antara jilbab dengan akhlak ini?
  • Hati-Hati, Jin Juga Punya Syahwat dan Jatuh Cinta dengan Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:18 WIB
    Interaksi antara manusia dan jin bisa dalam bentuk pengagungan manusia kepada jin, dan jin merasa bangga dengan tindakan mereka. Bisa juga terjadi karena dorongan nafsu syahwat.
  • Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tausyiah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 17:44 WIB
    Bacaan Surat Yasin dan Tahlil lengkap bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia adalah amalan yang dianjurkan karena bertabur pahala dan keutamaan.