Topik Terkait: Tokoh Agama

  • Rabiah Al-‘Adawiyah,  Sang Guru Tokoh -Tokoh Sufi Dunia
    Muslimah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:35 WIB
    Sosok perempuan muslimah ini cukup dikenal sekitar abad ke 8. Ia tercatat, sebagai guru yang melahirkan tokoh-tokoh sufi terkenal di dunia hingga saat ini
  • Konsep Politik Hasan Al-Banna: Persamaan Agama dan Tidak Dibatasi Geografis
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Puasa dan Transformasi Hidup 3: Keliru Memandang Agama Sendiri
    Tausyiah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 14:48 WIB
    Salah satu dilema umat dalam beragama adalah kekeliruan dalam memandang agama itu sendiri. Umat sangat relijius pada waktu atau tempat tertentu. Tapi pada tempat dan waktu lain menjadi manusia berbeda.
  • Hadis Arbain: Agama Ini Adalah Nasihat
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:43 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-7 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis
  • Pertemuan Tokoh Agama Amerika, Serukan Perdamaian dan Stop Peperangan
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 22:11 WIB
    New Decade, making institutional peace take root. Inilah tema dari acara pertemuan tahunan tokoh-tokoh agama di Kota New York, Amerika Serikat, Minggu 28 Mei 2023 kemarin.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Pernikahan Beda Agama, Partai Perindo Paparkan Hukum Menurut Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 18:47 WIB
    Beberapa waktu yang lalu publik ramai membicarakan tentang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan atau mengizinkan pernikahan beda agama.
  • Hukum Nikah Beda Agama Menurut Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 19:26 WIB
    Hukum nikah beda agama menurut Islam terus menjadi perdebatan. Hal ini terutama menyangkut, bolehkah laki-laki Muslim menikah dengan wanita ahlul kitab?
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengajarkan Agama Tauhid
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 21:44 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam sosok teladan Nabi yang sangat dihormati. Al-Quran menceritakan kisah beliau mengajarkan agama Tauhid kepada ayahnya dan kaumnya.
  • Pemuka Agama di Dunia Berkumpul Bahas Perubahan Iklim, Ini Kata Kiyai Cholil
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 18:05 WIB
    Tokoh lintas agama dari 30 negara berkumpul di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab membahas pemanasan global dan perubahan iklim. Indonesia diwakili KH Muhammad Cholil Nafis.
  • Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Fikih, Berikut Pandangan Perindo
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 20:21 WIB
    Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kembali menggelar Podcast Aksi Nyata, Kamis (21/7/2022). Tema podcast kali ini adalah Pernikahan Beda Agama, Bagaimana Menurut Agama Islam?.
  • Rumah Tangga Tentram Karena Paham Agama
    Muslimah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 07:30 WIB
    Dalam rumah tangga harus ada kasih sayang dari Qolbu di antara suami dan istri. Aktivitas keduanya selalu bernilai ibadah dan difokuskan untuk menjalankan syariat Allah Taala.
  • Konspirasi Yahudi: Tiga Tokoh Berpengaruh dalam Perang Dunia II
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Desember 2023 - 16:12 WIB
    Tiga tokoh berpengaruh di dunia dalam Perang Dunia II adalah PM Britania Raya Sir Winston Leonard Spencer Churchill, Presiden Amerika Serikat ke-32, Franklin Delano Roosevelt, dan Pemimpin Rusia Joseph Stalin
  • 5 Tokoh Dunia Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Berikut tokoh dunia yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Di antara mereka ada yang menjadi raja di negaranya, ada juga kalangan ulama yang sangat dihormati.
  • Agama Bukan Sekadar Kebutuhan Manusia, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 19:24 WIB
    Agama bukan hanya merupakan kebutuhan manusia, tetapi juga selalu relevan dengan kehidupannya. Begitu pendapat Quraish Shihab saat menjawab pertanyaan, apakah agama masih relevan dengan kehidupan masa kini?
  • Kitab Suci Agama Yahudi Sebut Israel sebagai Orang-Orang Suci
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:00 WIB
    Di dalam kitab suci agama ini memaparkan Israel sebagai orang-orang suci yang kehidupannya mencakup pengalaman di pengasingan (diaspora) dan kembali ke tanah yang dijanjikan.
  • Hadis Arbain: Larangan Membuat Sesuatu yang Baru dalam Agama
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:54 WIB
    Barangsiapa yang (memulai) mengada-adakan (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk bagian darinya, maka amalan tersebut tertolak.
  • Buya Hamka : Agama Adalah Cinta
    Hikmah
    Senin, 14 November 2022 - 16:37 WIB
    Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang populer dengan nama penanya Hamka atau Buya Hamka mengatakan bahwa puncak tertinggi dari pandangan hidup seorang muslim adalah cinta.
  • Quraish Shihab: Islam Adalah Agama yang Mendambakan Perdamaian
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:42 WIB
    Quraish Shihab mengatakan Islam adalah agama yang mendambakan perdamaian. Cukup dengan mendengarkan ucapan yang dianjurkan untuk disampaikan pada setiap pertemuan.
  • Theodor Herzl, Tokoh Zionis Israel yang Coba Suap Sultan Abdul Hamid II
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 16:11 WIB
    Theodor Herzl adalah tokoh utama di balik gerakan Zionis Israel yang berkeinginan mendirikan negara Israel di wilayah Syam. Dia pernah mencoba menyuap Sultan Hamid II, tapi gagal.
  • Ini Alasan Michael H Hart Tempatkan Umar bin Khattab di Urutan 51 Tokoh Paling Berpengaruh
    Hikmah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Michael H Hart menempatkan Umar bin Khattab nomor urut 51 di antara 100 tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah. Umar jauh di bawah Isaac Newton dan banyak tokoh lainnya.