Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 133)

  • Benarkah Membunuh Cicak...
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 23:06 WIB
    Benarkah membunuh cicak hukumnya sunnah? Pertanyaan ini sering diperbincangkan sebagian kalangan muslim. Yuk simak penjelasan berikut ini.
  • Semua Agama Samawi Mengharamkan...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Agustus 2024 - 05:23 WIB
    Syaikh Yusuf Al Qardhawi mengatakan seluruh agama Samawi mengharamkan dan memberantas perzinaan. Terakhir ialah Islam yang dengan keras melarang perzinaan serta memberikan ultimatum yang sangat tajam.
  • Tertinggi, Aktivitas...
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:51 WIB
    Pada 2023, aktivitas ekonomi non-migas Arab Saudi berkontribusi 50 persen terhadap produk domestik bruto. Ini adalah tingkat tertinggi yang pernah terjadi.
  • Para Nabi dan Rasul...
    Tausyiah
    Kamis, 19 September 2024 - 09:34 WIB
    Al Quran menyampaikan kepada kita bahwa Rasul-rasul Allah yang diutus kepada bangsa-bangsa diperintahkan untuk beristighfar. Secara sendiri atau bersamaan.
  • Hukum Puasa Setelah...
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Selamat Datang Dzulqadah,...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Selamat datang Dzulqaqah, Marhaban Yaa Asyhurul Hurum. Hari ini kita memasuki 1 Dzulqadah 1442 Hijriyah bertepatan Sabtu (12 Juni 2021). Berikut keutamaanya.
  • Pelantikan PCNU Jakpus...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Februari 2020 - 15:51 WIB
    Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Jakarta Pusat (Jakpus) masa khidmat (periode) 2020-2025 resmi dilantik, Jumat, 14 Februari 2020.
  • Tidak Ada Istilah Bidah...
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 17:50 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim tersebut menjelaskan bahwa semua bidah itu jelek dan tertolak. Tidak ada istilah bidah hasanah dalam agama, ujarnya.
  • Rasulullah Jatuh Pingsan...
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:02 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) sendiri pernah jatuh pingsan ketika mendengar penjelasan Jibril tentang neraka dan penghuninya. Berikut kisahnya.
  • Mengonsumsi Barang Haram...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 15:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan para ulama fiqih berbeda pendapat perihal daruratnya berobat, yaitu ketergantungan sembuhnya suatu penyakit pada memakan sesuatu dari barang-barang yang diharamkan.
  • Kisah Heraklius Lepas...
    Hikmah
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 08:42 WIB
    Sia-sia mereka menunggu datangnya bala bantuan Kaisar yang begitu lama. Musim dingin pun berlalu dan datang musim semi, pasukan Muslimin masih tidak beranjak dari pengepungannya.
  • Dosa Mempersulit Urusan...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 21:10 WIB
    Dosa mempersulit urusan orang lain perlu diketahui umat muslim. Dalam Hadis terdapat ancaman serius bagi orang yang mempersulit urusan orang lain.
  • Profil Muhammad Siddeeq,...
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Januari 2023 - 16:37 WIB
    Imam Muhammad Siddeeq adalah ulama Amerika Serikat yang menuntun Mike Tyson mengucapkan 2 kalimat syahadat pada tahun 1995. Ia terlahir dengan nama Clark Moore.
  • Salat Id di Rumah, Buya...
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 21:34 WIB
    Hukum salat id adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Bisa dilakukan di mana saja. Di saat tidak bisa di masjid, disunahkan melaksanakan di rumah masing-masing.
  • Tanda Kebaikan dalam...
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Akhlak dan kelembutan adalah modal utama keluarga bahagia. Karena itu, Suami dan Istri serta anak-anak harus senantiasa menjaga kebaikan akhlak dalam rumah tangga. Dan, ulama sudah memberi panduan dalam jalan kebaikan ini.
  • Yesus Bukan Pencipta...
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 05:36 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri mengatakan Yesus bukan Tuhan sebab mereka bukan pencipta alam semesta. Bagaimana kita tahu bahwa dia bukan pencipta alam semesta? tanya Prof Dr Wilson H. Guertin.
  • Ibu Adalah Karomah bagi...
    Muslimah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 08:33 WIB
    Peran Ibu melampaui batas-batas kebiasaan manusia. Islam pun kerap kali membahas tentang dahsyatnya doa seorang ibu bagi anak-anaknya. Ibu sejati hanya punya satu niat yang tulus, yaitu ingin membahagiakan anaknya
  • Adab Orang Tua kepada...
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 15:46 WIB
    Setiap anak harus berbhakti dan menunjukkan adab yang baik kepada orang tuanya. Sebaliknya, orang tua juga dituntut untuk bersikap yang baik terhadap anaknya. Hal itu merupakan salah satu adab terbaik orang tua kepada anak-anaknya.
  • Kisah Imam Al-Ghazali...
    Hikmah
    Rabu, 24 November 2021 - 16:34 WIB
    Imam al-Ghazali tak sepi dengan ancaman dalam aktivitas dakwahnya. Pada saat di Baghdad berhadapan dengan sekte pembunuh Hashashin. Perdana Menteri Nizam al-Mulk menjadi salah satu korban.
  • Doa Agar Dilindungi...
    Tausiyah
    Senin, 13 Januari 2020 - 15:24 WIB
    Banyak amalan dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW demi kebaikan umatnya. Termasuk amalan agar dipelihara (dilindungi) dari kejahatan penguasa dan kezaliman makhluk-Nya.