Topik Terkait: Yajuj Dan Majuj (halaman 4)

  • Begini Idealnya Hubungan Suami Istri Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 17:01 WIB
    Interaksi dan muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Ekspedisi Sallam Tardjuman Menemukan Tembok Yakjuj dan Makjuj
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Juli 2023 - 23:52 WIB
    Tembok Yakjuj dan Makjuj memang masih misteri. Namun ada satu kisah menarik tentang penemuan lokasi tembok yang pernah dibangun Raja Dzulqarnain tersebut.
  • Izhar Halqi: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 18:11 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh bacaan Izhar Halqi akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran menggunakan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain bagi setiap muslim.
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur dan Orang yang Selamat
    Hikmah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:21 WIB
    Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir tentang beberapa perkara. Berikut gambaran Munkar dan Nakir dan pertanyaannya kepada mayit.
  • Tips Agar Ibadah Tawaf dan Sai Lancar Tanpa Hambatan
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:13 WIB
    Untuk mengerjakan ibadah Tawaf dan Sai setidaknya butuh tenaga berjalan kaki sejauh 5,5 Kilometer. Berikut tips sederhana agar Tawaf dan Sai lancar tanpa hambatan.
  • Makna Ucapan MasyaAllah dan Tabarakallah serta Manfaatnya
    Hikmah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 13:00 WIB
    Ucapan MasyaAllah dan Tabarakallah sudah familiar di kalangan kaum muslimin. Sebenarnya apa arti makna ucapan tersebut, serta apa pula manfaatnya?
  • Emas dan Sutera Asli Haram untuk Orang Laki-Laki, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 18 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Islam telah menyerukan kepada umatnya supaya berhias dan menentang keras kepada siapa yang mengharamkannya namun Islam mengharamkan bagi laki-laki emas dan sutera alam.
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Musim Liburan, Inilah Rekreasi dan Wisata Menurut Pandangan Al Quran
    Muslimah
    Senin, 01 Januari 2024 - 14:45 WIB
    Ternyata rekreasi atau piknik ini ada dalam penjelasan Al Quran. Sedikitnya, ada tujuh ayat Al Quran yang mengaitkan langsung perintah berekreasi atau memandang alam dengan perjalanan tersebut
  • Aktualisasi Akhlak Muslim, Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 01:01 WIB
    Seseorang dikatakan jujur apabila menyatakan kebenaran sesuai dengan fakta yang ada tanpa menambah-nambahi ataupun mengurang-ngurangi Jujur juga bermakna kesesuaian kata hati dengan ucapan
  • Manfaat dan Doa Perlindungan dari Niat Jahat
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 18:51 WIB
    Sebagai muslim kita diperintahkan agar berdoa dan zikir memohon perlindungan baik dari kejahatan setan maupun kejahatan manusia lainnya.
  • Perihal Dosa Warisan dan Kutukan terhadap Adam-Hawa Bukan Ajaran Islam
    Hikmah
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:36 WIB
    Dosa warisan, kutukan terhadap Hawa dan Adam bukanlah berasal dari ajaran Islam. Nasaruddin Umar menyebut sejumlah ajaran Yahudi maupun Kristen yang mengajarkan doktrin perihal masalah itu.
  • Ucapan dan Doa Ulang Tahun Dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Sabtu, 10 April 2021 - 05:00 WIB
    Ucapan Barakallah Fii Umrik, seringkali kita dengar bila ada teman, rekan kerja atau saudara yang tengah berulang tahun. Ucapan ini dimaksud mendoakan kepadanya semoga Allah melimpahkan dan memberkahi atas umurmu.
  • Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin
    Hikmah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 21:25 WIB
    Nabiyullah Sulaiman alaihissalam (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Taala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimiliki manusia di muka bumi.
  • Pernikahan Sang Pengantin Langit,  Hanzhalah dan Jamilah
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 13:51 WIB
    Pernikahan antara Hanzhalah dan Jamilah bertepatan dengan persiapan perang di Uhud. Sore hari menikah, maka pagi harinya, Hazhalah pergi ke medan perang. Hanya semalan berstatus suami istri, Jamillah pun mendapat gelar istri seorang syuhada.
  • Fadhilah 4 Rakaat Qabliyyah Ashar, Diberi Rahmat dan Menghindarkan dari Siksa Neraka
    Tips
    Senin, 10 Januari 2022 - 13:26 WIB
    Shalat sunnah qabliyyah ashar adalah shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum shalat Ashar.Biasanya dilakukan sebanyak 4 rakaat. Kesunnahan melaksanakan qabliyah ashar ini juga memiliki keutamaan bagi yang melakukannya
  • Mengenal Bangsa Jin dan Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 15:44 WIB
    Makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa taala dapat dibedakan antara yang bernyawa dan tak bernyawa. Di antara yang bernyawa adalah jin. Bagaimana sebenarnya wujud jin tersebut?
  • Makna Allah Pemilik Kerajaan Langit dan Bumi serta Apa yang Terdapat antara Keduanya
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 14:27 WIB
    Menurut Quraish, ayat Al-Fatihah ini, menekankan bahwa kepemilikannya menyangkut hari kemudian adalah mutlak serta amat nyata, sehingga --ketika itu-- jangankan bertindak, berbicara pun hanya berbisik.
  • Mengenal Perbedaan Kafir Harbi dan Kafir Dzimmi
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 17:36 WIB
    Terdapat perbedaan antara Kafir Harbi dan Dzimmi yang perlu diketahui umat Muslim. Kedua istilah tersebut merupakan beberapa contoh dari golongan orang kafir.