Topik Terkait: Zainab Putri Rasulullah (halaman 500)

  • Ternyata Ada Iri yang Diperbolehkan, Begini Penjelasan Imam Al Ghazali
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 07:20 WIB
    Kata iri atau dengki biasanya berkonotasi negatif. Namun ternyata, ada juga iri yang diperbolehkan. Seperti apa bentuk iri yang diperbolehkan itu?
  • Prof McCandless: Israel dan Sekutunya Akan Terpaksa Mundur
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 11:00 WIB
    Pengadilan nasional juga menjadi wadah bagi masyarakat sipil untuk mengungkap keterlibatan pemerintah mereka dalam perang Israel di Gaza, dan standar ganda yang menentukan tatanan global.
  • Khotbah Jumat: Menghindari Jahiliyah Gaya Baru
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 11:29 WIB
    Berikut ini adalah naskah lengkap khotbah Jumat berjudul Menghindari Jahiliyah Gaya Baru yang dinukil dari laman resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Cara Mengenalkan Puasa Ramadan pada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Cara mengenalkan puasa Ramadan pada anak penting dipahami oleh para orang tua, terutama pasangan keluarga muslim yang masih memiliki anak usia dini atau anak yang belum baligh.
  • Benarkah Umrah di Bulan Ramadan Sama dengan Pahala Berhaji?
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Bagi sebagian umat Muslim, bulan Ramadan juga diniatkan untuk menunaikan ibadah umrah karena keistimewaannya. Benarkah umrah di bulan suci ini setara pahalanya dengan ibadah haji?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Benarkah Ajal Datang Sesuai Kebiasaan ketika Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 11:14 WIB
    Orang beriman pasti mengetahui bahwa kematian akan mengikuti kebiasaan saat hidupnya, dan orang beriman akan menyadari betul bahwa kematian akan kapan saja bisa menghampiri.
  • Bacaan Doa Nabi Yunus Lengkap dengan Arab, Latin dan Manfaatnya
    Tips
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 12:57 WIB
    Doa Nabi Yunus ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya dapat mendapat keutamaan atau manfaatnya. Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang tengah menghadapi ujian.
  • Shannah: Metode Kuno Menyimpan dan Mengawetkan Kurma di Jazirah Arab
    Dunia Islam
    Minggu, 03 Maret 2024 - 09:09 WIB
    Di Al-Ula dan Semenanjung Arab yang lebih luas, metode kuno dalam menyimpan dan mengawetkan kurma, dikenal sebagai shannah. Shannah dibuat dari kulit domba merupakan elemen penting dalam proses penyimpanan kurma.
  • Niat Puasa Ramadan Wajib Dilakukan Sebelum Terbit Fajar
    Tips
    Minggu, 03 Maret 2024 - 08:01 WIB
    Jika telah jelas masuknya bulan Ramadan dengan penglihatan mata atau persaksian, maka wajib atas setiap muslim yang mukallaf untuk niat puasa di malam harinya.
  • Rachel Shapiro: Kisah Aktivis Solidaritas Yahudi Pro-Palestina
    Dunia Islam
    Minggu, 03 Maret 2024 - 19:15 WIB
    Keturunan penyintas Holocaust yang aktif dalam gerakan pembebasan Palestina dan kelompok Sozialismus von unten (Sosialisme dari bawah) di Jerman ini menyampaikan uneg-unegnya.
  • Sandiaga Uno: Aplikasi Belajar Ngaji Bantu Masyarakat untuk Perdalam Pemahaman terhadap Kalam Illahi
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Maret 2024 - 09:25 WIB
    Peluncuran inovasi baru terhadap teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin membantu masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari
  • Jadwal Imsakiyah Wilayah Kota Surabaya
    Tips
    Selasa, 05 Maret 2024 - 09:52 WIB
    Berikut ini jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya berdasarkan hisab Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Inilah Komposisi Makanan Sehat dan Seimbang yang Dijelaskan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 05 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh, dan Al Quran banyak menjelaskan tentang hal itu dalam ayat-ayatnya.
  • Menentukan Awal 1 Ramadan Berlandaskan Dalil Hadis
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 13:28 WIB
    Menentukan awal Ramadan penting diketahui dan dipahami umat muslim dan dalam Islam, secara umum ada dua metode dalam penentuan awal bulan Ramadan maupun bulan-bulan lainnya dalam kalender Qomariyah (Hijriyah).
  • Surat Al-Lahab Ayat 1-5: Ummu Jamil Membawa Kayu untuk Membakar Suaminya
    Tausyiah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 12:22 WIB
    Abu Lahab berkata, Jika apa yang dikatakan oleh keponakanku ini benar, maka sesungguhnya aku akan menebus diriku kelak di hari kiamat dari azab dengan harta dan anak-anakku.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Kota Manado Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 13:09 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Manado, Sulut, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah
  • Bacaan Wirid Setelah Salat Tarawih dan Witir Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 17:40 WIB
    Bacaan wirid setelah salat tarawih dan witir ini perlu diketahui oleh setiap muslim untuk nantinya dapat diamalkan dalam rangka memperbanyak amalan ibadah di bulan suci Ramadan.
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H untuk Jayawijaya Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Kamis, 14 Maret 2024 - 17:16 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Jayawijaya, Papua Pegunungan dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.
  • Kisah Penyandang Disabilitas Disiksa Tentara Israel, Meninggal dalam Tahanan
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 05:34 WIB
    Banna menderita kelumpuhan dari pinggang ke bawah. Ia ditangkap oleh tentara Israel pada akhir November dari sebuah gedung tempat ia mencari perlindungan di Kota Gaza.
  • UU Anti-Muslim: Orang Islam Dianggap Orang Pakistan Bukan India
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 18:05 WIB
    Tujuan utama diterapkannya UU Anti-Muslim adalah untuk tetap fokus pada Muslim atau Islam dengan cara yang paling licik dengan memilih tiga negara mayoritas Muslim di mana penganiayaan agama terjadi.