Topik Terkait: Tata Cara Qadha Puasa

  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Niat Qadha Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • Mengqadha Puasa Ramadhan, Inilah Doa, Niat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 08:44 WIB
    Karena kekhususan kaum perempuan seperti mengalami haid atau nifas, menjalankan puasa Ramadhan tidak dapat sebulan penuh dilaksanakan. Maka ia pun harus membayarnya dengan mengqadha puasa
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dan Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Sunnah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • Hukum Qadha Puasa bagi Orang yang Sudah Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Syaban Bulan Terakhir Qadha Puasa, Yuk Segerakan!
    Muslimah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 10:40 WIB
    Bulan Syaban merupakan bulan terakhir untuk menqadha (mengganti) puasa Ramadhan. Karena itu, menyegerakan qadha puasa itu lebih utama, apalagi ketika telah tiba saat-saat terakhir dibolehkan mengqadhanya
  • 30 Hari Menuju Ramadhan, Kesempatan Terbaik untuk Qadha Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ramadhan 1443 Hijriyah tinggal 30 hari. Bagi yang masih memiliki utang puasa Ramadhan, saat ini merupakan kesempatan terbaik untuk meng-qadha (menggantinya).
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul
    Tips
    Kamis, 03 Februari 2022 - 16:55 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, seperti puasa Rajab dan Senin Kamis ini
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Tata Cara Puasa Syawal, Fadilah dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Kamis, 05 Mei 2022 - 11:05 WIB
    Tata cara puasa Syawal berikut fadilah dan niatnya penting untuk diketahui umat muslim. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal.
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan bagi Lansia dan Orang Sakit
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:55 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa ramadan bagi lansia dan orang sakit diatur dalam surat Al Baqarah ayat 184. Di sini diatur ketentuan tentang siapa saja yang boleh tidak berpuasa.
  • Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal Lengkap Bacaan Arab dan Latin
    Tips
    Selasa, 10 Mei 2022 - 15:14 WIB
    Nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan: Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.
  • Niat Ganti Puasa Ramadhan karena Haid
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:47 WIB
    Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah Taala kepada hamba-Nya. Bukan hanya umat Nabi Muhammad SAW, namun juga umat-umat sebelum Nabi.
  • Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk berbuka ini, ada cara berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah.
  • Aturan dan Tata Cara Utang Puasa yang Terlewat Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:36 WIB
    Menjelang Ramadhan, umat muslim yang masih memiliki utang puasa harus segera melunasinya. Namun, bagaimana dengan utang puasa yang masih terlewat karena berbagai alasan. Haruskah tetap dilunasi atau harus membyar denda?
  • Status Utang Puasa Orang yang Murtad Lalu Kembali ke Islam
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Menurut jumhur ulama, orang yang sejak kecil terlahir sebagai orang yang bukan muslim, ketika ia masuk Islam, tidak diwajibkan untuk mengganti semua perintah dan kewajiban agama.
  • Tata Cara Sujud yang Benar, Dahi Jangan Tertutup Peci
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 22:19 WIB
    Tata cara sujud yang benar dalam sholat penting diketahui muslim agar sholatnya sah. Yuk perhatikan cara sholat kita agar sesuai dengan tuntunan Nabi.