Topik Terkait: Imam Hatim Alasham

  • Ketika Imam Hatim Al-Asham Ditanya tentang Salat, Begini Jawabannya
    Tausyiah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 20:25 WIB
    Hatim Al-Asham adalah seorang ulama ahli ibadah dan sangat bertakwa. Pada suatu hari, ia kedatangan tamu bernama Isham bin Yusuf dan mengutarakan pertanyaan.
  • 8 Nasihat Imam Hatim Al-Asham yang Menggugah Hati
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 17:41 WIB
    Siapa yang tak kenal Imam Hatim Al-Asham (wafat 237 H), seorang ulama besar Khurasan yang mendapat julukan Al-Asham (yang tuli). Berikut 8 nasihatnya yang menggugah hati.
  • Siapa yang Lebih Berhak Menjadi Imam Sholat?
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?
  • Begini Bacaan Doa dan Zikir Saat Itidal yang Dipraktikkan Imam Syafii
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 14:59 WIB
    Imam dibolehkan memperpanjang salatnya apabila makmumnya juga memperbolehkan ia salat dengan bacaan yang panjang. Hal ini disebabkan karena kondisi makmum yang berbeda-beda.
  • Nasihat Imam Syafii kepada Pengasuh Putra Khalifah Harun Ar-Rasyid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Nasihat Imam Syafii (150-204 H) kepada pengasuh putra Khalifah Harun Ar-Rasyid (wafat 809 M) dapat diamalkan oleh kaum muslim. Terlebih bagi yang punya pembantu atau pengasuh anak.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Imam Junaid dan Pengemis, Pelajaran Bagi yang Suka Ghibah
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 15:05 WIB
    Kisah Imam Junaid Al-Baghdadi dan seorang pengemis ini patut dijadikan pelajaran berharga. Kisah ini juga menyelamatkan Imam Junaid dari dosa ghibah. Berikut kisahnya.
  • Kisah Ulama yang Dijuluki Al-Ashom Alias si Tuli, Begini Ceritanya
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 22:31 WIB
    Bagi kalangan santri atau penuntut ilmu, sosok ulama yang satu ini pasti sudah tidak asing. Kisahnya cukup populer dan satu-satunya tokoh ulama yang dijuluki Al-Ashom alias si tuli.
  • Banyak Imam Mahdi Lahir Tapi Gagal Mengemban Misinya?
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:09 WIB
    Imam Mahdi yang datang itu tidak seorang melainkan banyak. Anehnya, para Imam Mahdi itu gagal mengemban misinya sebagaimana disebutkan dalam hadis.
  • Nasihat Berharga Ustaz Zulkifli Muhammad Ali
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 17:16 WIB
    Dai asal Pariaman Sumatera Barat ini mengingatkan kita agar tidak melupakan nikmat dan menyalahkan Allah hanya karena satu musibah. Berikut nasihatnya.
  • Kisah Imam Syafii Saat Bertamu ke Rumah Imam Ahmad
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 05:45 WIB
    Imam As-Syafii (150-204 Hijriyah) adalah satu dari empat imam mazhab. Ulama kelahiran Ghazzah (perbatasan Syam ke arah Mesir) ini punya kisah menarik ketika bertamu ke rumah Imam Ahmad.
  • Anak Belum Baligh Jadi Imam Sholat Berjamaah, Bolehkah?
    Tips
    Rabu, 28 Juli 2021 - 15:21 WIB
    Sholat berjamaah memiliki keutamaan lebih besar dibanding sholat sendirian. Lalu bagaimana hukumnya jika sholat berjamaah dipimpin oleh anak kecil yang belum baligh?
  • Tips Imam Syafii Agar Hati Terbuka dan Mudah Memahami Ilmu
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 22:02 WIB
    Imam Syafii punya tips agar hati terbuka dan mudah memahami serta menghafalkan ilmu. Dalam istilah tasawuf, Futuh artinya terbukanya pemahaman melalui hati.
  • Adab Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 21:13 WIB
    Adab imam dan makmum dalam sholat berjamaah penting untuk diketahui kaum muslimin. Sebagaimana diriwayatkan, sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian 27 derajat.
  • Safanah binti Hatim, Sang Diplomat Dakwah yang Santun
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 16:56 WIB
    Banyak kisah muslimah yang dapat kita teladani, di antarnya adalah Safanah binti Hatim ath-thai. Ia merupakan salah satu shahabiyah yang dikenal akan kesantunnya dalam berperilaku dan berbicara.
  • Bagaimana Cara Tuan Sholat? Begini Jawaban Imam Hatim Al-Asham
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 19:58 WIB
    Imam Hatim Al-Asham (wafat di Bagdad 237 H) seorang ulama sufi pernah ditanya seseorang tentang sholat khusyu. Berikut jawaban beliau yang menakjubkan.
  • Mazhab Imam Mahdi Ketika Muncul di Akhir Zaman
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 16:56 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan bahwa di akhir zaman nanti akan muncul seorang pemimpin yang akan memimpin dunia dengan keadilan namanya Imam Mahdi. Apakah mazhab beliau?
  • Keutamaan Mengingat Kematian Menurut Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 23:58 WIB
    Dalam Buku Di balik Tabir Kematian karya Imam Al-Ghazali disebutkan beberapa keutamaan mengingat kematian dalam setiap keadaan. Berikut pesannya.
  • Tempat Imam Lebih Tinggi dari Makmum, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 18:18 WIB
    Terkadang di beberapa masjid maupun musholla kita menemukan posisi imam lebih tinggi dari posisi makmum. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Sukarno Menemukan Makam Imam Bukhari di Era Uni Soviet?
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:23 WIB
    Lokasi makam Imam Bukhari berhasil ditemukan lagi meski dalam keadaan terlantar. Untuk menyambut dan menyenangkan hati Sukarno, makam perawi hadis terkemuka itu direnovasi.
  • Mengapa Imam Syafii Dijuluki Nashir As-Sunnah (Pembela Sunnah)?
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 21:05 WIB
    Imam Asy-Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafii. Beliau adalah seorang mufti besar Islam Sunni yang juga pendiri mazhab Syafii.