Kumpulan Artikel: Imam Shamsi Ali

  • Kemenangan itu Nyata, Berikut Beberapa Fakta Sejarah
    Dunia Islam
    Rabu, 08 November 2023 - 17:24 WIB
    Penyerangan pejuang Palestina di tanggal 7 Oktober lalu yang disebut sebagai surprise attack itu ternyata menjadi momentum yang lebih dahsyat akan kemenangan yang nyata (fathun mubinan).
  • 7 Solusi untuk Konflik Israel dan Palestina
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 20:14 WIB
    Berikut beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina. Salah satunya memandang konflik ini sebagai isu kemanusiaan.
  • Mengenal ISNA, Organisasi Islam Tertua di Amerika Utara
    Dunia Islam
    Rabu, 06 September 2023 - 14:13 WIB
    Tidak dapat diingkari bahwa Islam di Amerika dan Barat menjadi perhatian tersendiri bagi dunia Islam. Ada semacam harapan bahwa kebangkitan Islam bakal datang dari arah Barat. Allahu Alam.
  • Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (4): Selalu Berkasih Sayang kepada Sesama
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:27 WIB
    Ketika Allah mengaitkan kata ibaad dengan sifat mulia-Nya yang Maha Rahman, sesungguhnya tanpa kita sadari Allah mengingatkan bahwa hamba-hambaNya itu memiliki karakter tersebut.
  • Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (3): Selalu Merespons dengan Salam dan Kedamaian
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:10 WIB
    Karakteristik ketiga dari ibaad ar-Rahman (hamba-hamba Yang Maha Penyayang) adalah ketika orang-orang jahil berkata-kata kepada mereka, mereka merespons dengan Salaam.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (2): Berjalan di Muka Bumi dengan Rendah Hati
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 13:50 WIB
    Berikut lanjutan deskripsi hamba-hamba Yang Maha Penyayang. Sifat atau karakteristik yang kedua adalah mereka yang berjalan di muka bumi ini dengan rendah hati.
  • Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (1): Menghambakan Diri kepada Allah
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 14:53 WIB
    Di berbagai tempat dalam Al-Quran menyebutkan berbagai sifat atau karakteristik hamba-hamba Allah yang beriman dan bertakwa. Sifat-sifat itu memiliki konteksnya secara khusus.
  • Makna Kemerdekaan dari Perspektif Maqashid as-Syariah
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:44 WIB
    Kali ini saya mencoba menghubungkan kemerdekaan dengan Maqashid As-Syariah atau hal-hal yang menjadi tujuan dari pelaksanaan Syariah atau hukum Islam.
  • 3 Prinsip Kepemimpinan yang Efektif Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 21:07 WIB
    saya ingin merelevansikan prinsip-prinsip tersebut dengan tiga prinsip kepemimpinan yang tersimpulkan dalam Al-Quran Surat As-Sajadah ayat 24.
  • Menjenguk Pasien yang Juga Pendeta Senior Kristiani, Begini Percakapannya
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 10:05 WIB
    Salah satu tugas sehari-hari saya saat ini adalah memberikan pelayanan spiritual (spiritual care) kepada para pasien dan pekerja rumah sakit di RS Bellevue di Kota New York.
  • Berharap pada Makhluk Akan Kecewa, Mengharap kepada Allah Hidup Mulia
    Tausyiah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:00 WIB
    Pengalaman hidup banyak mengajarkan kita bahwa berharap dari makhluk hanya akan menjatuhkan kehormatan dan mendatangkan kehinaan.
  • Pentingnya Kalkulasi Perjalanan Hidup Manusia
    Tausyiah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 22:33 WIB
    Begitu banyak manusia yang kecenderungan hidupnya hanyalah jamaa maalan (mengakumulasi kekayaan) dan addadah (menghitung-hitungnya).
  • Malam Hijrah Nabi yang Menegangkan (4): Tiba di Madinah dengan Sambutan Luar Biasa
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 22:49 WIB
    Tidak lama setelah Rasulullah SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu meninggalkan rumah tua itu, sang suami juga tiba kembali di rumahnya.
  • Malam Hijrah Nabi yang Menegangkan (3): Suraqah Temukan Jejak Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 18:22 WIB
    Suraqah (versi Indonesia: Serakah) menaiki kudanya dan menghentakkan kakinya. Kuda itupun berlari kencang di tengah teriknya matahari di padang pasir yang menghampar.
  • Malam Hijrah Nabi yang Menegangkan (2): Bersembunyi di Gua Tsur
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 06:35 WIB
    Ketika matahari terbenam di hari Jumat sore itu, Ali bin Abi Thalib sudah berada di rumah Rasulullah. Ali ketika itu baru berumur sekitar 18-19 tahunan.
  • Malam Hijrah Nabi yang Menegangkan (1): Abu Jahal Merencanakan Pembunuhan
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 17:07 WIB
    Kali ini saya ingin menggambarkan sedikit situasi dua malam pertama Hijrah Rasulullah ? yang sangat menegangkan itu. Hijrah menjadi sangat penting dalam rentetan peristiwa sejarah Islam.
  • Musibah dalam Kehidupan dan Cara Meresponsnya
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 15:49 WIB
    Sebagaimana kehidupan, dunia ini sendiri identik dengan tempat di mana ujian itu pasti berlaku. Bahkan ujian itu bersifat natural (alami) dan pasti.
  • Menjaga Silaturrahim Umat Bisa dengan Saling Mengunjungi
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 14:28 WIB
    Ada satu ajaran penting dan mendasar agama Islam dalam membangun relasi sosial di antara pemeluk agama. Ajaran itu disebut silaturrahim. Orang Indonesia menyebutnya silaturrahmi.
  • Bukan Sekadar Pergantian Tahun, Esensi Hijrah Adalah Perubahan
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 17:01 WIB
    Khutbah saya kali ini fokus pada urgensi perubahan sebagai esensi yang paling mendasar dari tahun baru Hijrah yang sedang kita peringati.
  • 10 Karakteristik Kepemimpinan Nabi Ibrahim yang Layak Diteladani
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 19:48 WIB
    Semua rentetan perjalanan sejarah hidup dan perjuangannya mengandung nilai-nilai yang sarat dengan kepemimpinan. Berikut sepuluh karakteristik dasar kepemimpinan Nabi Ibrahim.