Topik Terkait: Ibadahnya Ulama Salaf

  • Semangat Ulama Salaf Saat Menimba Ilmu, Gurunya Mencapai Ribuan
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 21:52 WIB
    Semangat Ulama Salaf terdahulu patut diapresiasi karena semangat mereka menimba ilmu. Mereka benar-benar luar biasa karena punya banyak guru yang jumlahnya mencapai ribuan.
  • Semangat Para Ulama Generasi Salafush Shalih dalam Mencari Nafkah
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:35 WIB
    Para ulama dari generasi salafus shalih (ulama terdahulu) sangat bersemangat dalam mencari nafkah. Karena mereka memahami mencari nafkah adalah sumber mendapatkan rezeki yang halal dan berkah dari Allah Subhanahu wa Taala.
  • Ulama Indonesia yang Paling Banyak Menulis Kitab
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 07:45 WIB
    Ulama Indonesia yang paling banyak menulis kitab adalah orang-orang berpengaruh pada zamannya. Karya mereka sangat terkenal dan hingga kini masih dipelajari.
  • Pentingnya Mendidik Remaja Mengikuti Generasi Salafus Shalih, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:14 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umau Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Bahaya Ulama Instan
    Tausyiah
    Senin, 06 Juli 2020 - 23:49 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan: Ulama itu adalah pewaris para Nabi. Hari ini kita menyaksikan begitu banyak yang dadakan menjadi ustaz, dai, dan penceramah instabile yang selebritas.
  • Begini Cara Ulama Salaf Menyikapi Istri yang Durhaka
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 15:23 WIB
    Salah satu ujian bagi para suami adalah ketika memiliki istri durhaka yang punya perangai buruk. Namun, bagi para salafus saleh, mereka punya cara sendiri menyikapinya.
  • Imam Al Baihaqi, Ulama Besar dari Khurasan Berjuluk Tali Allah
    Hikmah
    Selasa, 14 September 2021 - 15:36 WIB
    Imam Al Baihaqi adalah ulama besar dari Khurasan --desa kecil di pinggiran kota Baihaq-- dan penulis banyak buku terkenal. Beliau berjuluk Tali Allah.
  • Begini Cara Islam Mengajarkan Berakhlak Pada Ulama
    Tips
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:45 WIB
    Kedudukan para ulama (orang yang ahli ilmu agama) sangat tinggi di hadapan Allah Subhanahu wa Taala. Islam pun mengajarkan bagaimana cara umat agar menghargai dan berakhlak pada ulama.
  • Beginilah Perlakuan Ulama Terdahulu kepada Dzurriyah Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 19 November 2020 - 11:11 WIB
    Zaman dahulu ada seorang ulama besar menegur seorang pemuda yang masih tergolong keturunan dzuriat ahli bait yang kebetulan ketika itu dia masih melanggar hukum syariat.
  • Ulama Besar Abad 21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni Meninggal Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 21:08 WIB
    Innaa lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia ulama besar abad 21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni, Jumat (19/3/2021). Beliau wafat di hari yang mulia pada Jumat pagi waktu Turki.
  • Begini Tata Cara Thawaf Menurut Sejumlah Ulama
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 19:03 WIB
    Tatacara thawaf adalah memulai setelah menyentuh hajar aswad lalu menjadikan Kakbah di sebelah kirinya kemudian memutar mengelilingi di luar Hijr dari Hajar Aswad ke Hajar Aswad tujuh putaran.
  • MUI DKI Bahas Peran Ulama Betawi dalam Lintasan Sejarah
    Dunia Islam
    Minggu, 31 Juli 2022 - 12:26 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta mengajak umat muslim meneladani peran ulama Betawi dalam membentuk masyarakat yang agamis dan cinta Tanah Air.
  • Hakikat Golongan Salaf Menurut Nurcholish Madjid
    Dunia Islam
    Kamis, 10 November 2022 - 15:38 WIB
    Belakangan ini terjadi polemik mengenai Wahabi dan Salafi. Hal ini menyusul adanya rekomendasi salah satu ormas Islam agar pemerintah melarang dua paham tersebut. Lalu apa sejatinya Salaf itu?
  • Bahas Masalah Agama, MUI Jakpus Gelar Mudzakarah Alim Ulama
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:55 WIB
    Majelis Ulama Indonesia Jakarta Pusat (MUI Jakpus) menghidupkan kembali program Mudzakarah sebagai media sharing dan diskusi para alim ulama dan Dai.
  • Wafatnya Ulama dan Banyaknya Musibah Salah Satu Tanda Kiamat
    Tausyiah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 16:09 WIB
    Beberapa bulan terakhir Indonesia kehilangan ulama-ulama saleh yang lurus. Sebagian tanda datangnya hari Kiamat adalah diangkatnya ilmu dan tinggallah kedunguan (kebodohan).
  • Artis Lebih Dikagumi Daripada Ulama, Benarkah Ini Pertanda Kiamat?
    Tausyiah
    Selasa, 06 April 2021 - 15:31 WIB
    Mengapa artis lebih dikagumi daripada ulama atau dai? Benarkah ini pertanda Kiamat sudah dekat? Lalu siapa sebenarnya orang yang populer di mata Allah?
  • Mendidik Remaja Mencontoh Generasi Salafus Shalih, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 07:54 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umat Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Deretan 5 Ulama Besar Asal Uzbekistan, Salah Satunya Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Rabu, 01 Mei 2024 - 13:37 WIB
    Terdapat sejumlah ulama besar asal Uzbekistan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim. Bahkan dua di antaranya merupakan ahli hadits yang ternama.
  • 7 Ulama Asal Thailand yang Berjasa Terhadap Perkembangan Islam di Negeri Gajah Putih
    Dunia Islam
    Senin, 08 Mei 2023 - 16:03 WIB
    Ada beberapa ulama asal Thailand yang perlu diketahui. Ulama-ulama ini sangat berjasa terhadap perkembangan Islam di negara berjuluk negeri Gajah putih itu.