Topik Terkait: Dasar Poligami

  • Hikmah Poligami dalam Pandangan Islam dan Syaratnya
    Muslimah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hikmah poligami dalam pandangan Islam dan syaratnya perlu diketahui agar tidak keliru sebagaimana pandangan negatif kaum sekuler barat. Berikut penjelasan Syaikh Yusuf Qardhawi.
  • Pahami!  Bolehkah Membuat Perjanjian Pra Nikah Agar Tidak Poligami?
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Tafsir Ayat Poligami dalam Kisah Imam Abu Hanifah dan Khalifah Al-Mansur
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 10:10 WIB
    Suatu ketika hubungan Khalifah Al-Mansur dengan istrinya memanas, gara-gara sang Khalifahh berniat menikah lagi atau berpoligami. Mereka pun sepakat meminta nasihat Imam Abu Hanifah.
  • Kesalahan dalam Pelaksanaan Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:25 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan tidak sedikit kaum Muslimin yang salah dalam melaksanakan keringanan hukum untuk berpoligami sebagaimana yang telah disyariatkan oleh Allah.
  • Begini Hukuman di Hari Kiamat bagi Suami yang Berpoligami tapi Tidak Adil
    Tausyiah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 16:05 WIB
    Kebanyakan umat-umat dahulu dan agama-agama sebelum Islam membolehkan kawin tanpa batas yang kadang-kadang sampai sepuluh orang wanita, bahkan ada yang sampai seratus.
  • Syarat Poligami dalam Islam: Sanggup Berlaku Adil
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:53 WIB
    Syarat poligami dalam Islam adalah adil di antara para isterinya, dalam masalah makan, minum, berpakaian, tempat tinggal, menginap dan nafkah. Berikut pendapat Syaikh Yusuf al-Qardhawi.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Poligami Merupakan Sistem yang Bermoral dan Manusiawi
    Tausyiah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Sistem poligami yang diatur dalam Islam adalah sistem yang bermoral dan manusiawi. Manusiawi, karena Islam tidak memperbolehkan bagi laki-laki untuk berhubungan dengan wanita yang ia sukai di luar pernikahan.
  • Inilah 5 Dasar Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:14 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlak serta kondisi keilmuan pribadi masing-masing. Bukan hanya sekedar ilmu duniawi, lebih dari itu, yakni ilmu agama.
  • Saudagar Tajir Nan Dermawan Itu Peletak Dasar-Dasar Fikih
    Hikmah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Abu Hanifah memiliki prinsip bahwa tidak ada yang lebih bersih dan lebih mulia daripada orang yang makan dari hasil tangannya sendiri. Oleh sebab itu, beliau berdagang.
  • Dasar Hukum Khitbah atau Lamaran Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • 10 Hal Terkait Puasa Syawal: Pertama, Dasar dan Fadilah
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 16:45 WIB
    Ada beberapa hal yang perlu diketahui umat Islam seputar puasa sunah Syawal. Hari ini kita baru emasuki 1 Syawal 1445 Hijriyah bertepatan Rabu, 10 April 2024.
  • Hadis Asyura, Puasa Sehari sebagai Penghapus Dosa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:20 WIB
    Asyuro adalah hari kesepuluh dari bulan Muharam. At-Turmudzi meriwayatkan sebuah hadis hasan sahih bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk puasa Asyuro, yaitu pada hari ke-10 dari bulan Muharram.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Abu Hurairah:  Dasar, Gak Biasa Puasa!
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:05 WIB
    Faedah fiqih kisah ini adalah bahwa makan dan minum di siang bulan puasa dalam keadaan lupa tidaklah membatalkan puasa karena itu bukanlah keinginan dirinya, melainkan anugerah dari Allah.
  • Haram Menolak Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19, Ini Dasar Hukumnya
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 11:18 WIB
    Pernahkah kita membayangkan jenazah yang tertolak itu adalah keluarga kita, saudara kita, atau tenaga medis, dokter, perawat yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan virus ini.
  • Kisah Ali bin Abi Thalib Meminang Putri Abu Jahal
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:58 WIB
    Sayyidah Fathimah bersedih dan mengadu kepada ayahnya, Rasulullah SAW. Orang-orang berkata bahwa Anda tidak marah untuk membela putri Anda. Ini Ali akan mengawini putri Abu Jahal.
  • Pra-Islam: Dari Praktik Poliandri sampai Anak Kawin dengan Ibu Tirinya
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 17:19 WIB
    Pada masa pra-Islam atau zaman jahiliyah, di Jazirah Arab mengenal beberapa jenis perkawinan. Salah satunya adalah perkawinan antara anak tertua dengan ibu tirinya.
  • Hadis Arbain: Islam Dibangun di Atas 5 Dasar
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:39 WIB
    Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah subhanahu wa taala dan Muhammad adalah utusan Allah.
  • 5 Akhlak Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Muslim, Nomor 1 Sangat Gampang Dilakukan
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 14:39 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlaknya. Akhlak yang baik seorang muslim harus mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa demikian? Akhlak dasar apa yang harus dimiliki setiap muslim ini?
  • Habis Manis Sepah Dibuang
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 18:25 WIB
    Kisah cinta dua insan di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ini, banyak hikmah dan nasehat. Kisahnya menjadi sangat abadi dalam sejarah percintaan hingga masa kini.