Topik Terkait: Dasar Poligami (halaman 3)

  • Amalan Dasar yang Memudahkan Kaum Muslimah Masuk Surga
    Muslimah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 07:48 WIB
    Seorang muslimah memiliki amalan dasar yang akan memudahkannya masuk surga. Rasulullah SAW mengingatkan bahwa seorang perempuan bisa memilih masuk surga dari pintu mana saja, asalkan menunaikan amalan tersebut.
  • Puasa Asyura: Benarkah Diadaptasi dari Praktik Yahudi?
    Tausyiah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 14:33 WIB
    Terkait dengan puasa Asyura, terdapat asumsi bahwa ritual menahan haus dan lapar ini bukanlah tradisi orisinil umat Islam, melainkan diadaptasi dari ibadah umat Yahudi.
  • Ilmu Tasawuf: Cabang Keilmuan, Dasar dan Bentuk Ajarannya
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Sebelum kita membahas ilmu tasawuf: cabang keilmuan, dasar dan bentuk ajarannya kita patut mengetahu definisi tasawuf. Harun Nasution menyebut 5 arti kata sufi dan tasawuf.
  • Dalil-dalil Hadis Tentang Keutamaan Puasa Asyura
    Tips
    Rabu, 19 Juli 2023 - 11:08 WIB
    Keutamaan puasa Asyura (10 Muharram) banyak diterangkan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, yang derajatnya Shahih dan dapat diamalkan.
  • Awas! Hak Waris Banci Bisa Gugur, Ini Dasar Hukumnya
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 05:15 WIB
    Kejelasan jenis kelamin seseorang akan mempertegas status hukumnya sehingga ia berhak menerima harta waris sesuai bagiannya. Lalu, bagaimana dengan banci?
  • Dasar Hukum Khitbah atau Lamaran Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • Kisah Ali bin Abi Thalib Meminang Putri Abu Jahal
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:58 WIB
    Sayyidah Fathimah bersedih dan mengadu kepada ayahnya, Rasulullah SAW. Orang-orang berkata bahwa Anda tidak marah untuk membela putri Anda. Ini Ali akan mengawini putri Abu Jahal.
  • Abu Hurairah:  Dasar, Gak Biasa Puasa!
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:05 WIB
    Faedah fiqih kisah ini adalah bahwa makan dan minum di siang bulan puasa dalam keadaan lupa tidaklah membatalkan puasa karena itu bukanlah keinginan dirinya, melainkan anugerah dari Allah.
  • Biografi Imam Hanafi, Ulama Kelahiran Irak Peletak Dasar Fiqih Mazhab Hanafi
    Dunia Islam
    Senin, 08 Januari 2024 - 13:34 WIB
    Biografi Imam Hanafi atau imam Abu Hanifah (80-150 Hijriyah), penting diketahui umat Islam. Terutama mereka yang mengikuti mazhab Hanafi.
  • Abu Bakar Ashi-Shiddiq Menyadari Dasar Islam adalah Kedaulatan Sejagat
    Hikmah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:00 WIB
    Abu Bakar Ashi-Shiddiq menyadari benar bahwa dasar Islam adalah kedaulatan sejagat. Seruannya tidak terbatas hanya pada golongan Arab, tetapi ajakan kepada kebenaran itu ditujukan kepada seluruh umat manusia.
  • Saudagar Tajir Nan Dermawan Itu Peletak Dasar-Dasar Fikih
    Hikmah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Abu Hanifah memiliki prinsip bahwa tidak ada yang lebih bersih dan lebih mulia daripada orang yang makan dari hasil tangannya sendiri. Oleh sebab itu, beliau berdagang.
  • Istri Nabi Ibrahim Ternyata 4 Orang dan Memiliki 13 Orang Anak
    Hikmah
    Sabtu, 18 November 2023 - 13:01 WIB
    Nabi Ibrahim as populer hanya memiliki 2 orang istri yakni Siti Hajar dan Siti Sarah dan memiliki 2 orang putra, Nabi Ismail dan Nabi Ishaq. Padahal sesungguhnya Kekasih Allah ini memiliki 4 orang istri, 13 orang anak.
  • Seputar Tahlil: Beda Pendapat Para Ulama dan Bacaan Lengkap
    Tausyiah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 18:15 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang hukum menghadiahkan bacaan Al-Quran dan kalimat thayyibah kepada mayit. Sebagian ulama mazhab Maliki, misalnya, melarang praktik semacam itu.
  • Tafsir Ayat Poligami dalam Kisah Imam Abu Hanifah dan Khalifah Al-Mansur
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 10:10 WIB
    Suatu ketika hubungan Khalifah Al-Mansur dengan istrinya memanas, gara-gara sang Khalifahh berniat menikah lagi atau berpoligami. Mereka pun sepakat meminta nasihat Imam Abu Hanifah.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah Secara Pribadi, Jangan Disertai  Kutukan
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.
  • Mendalami Al-Quran Kini Lebih Mudah dengan Layanan Tafsir Digital
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.
  • Gus Mus:  Selamat Pagi Dunia yang Lelah
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 06:05 WIB
    Gus Mus seakan tengah bicara tentang kondisi kini, saat orang-orang sibuk berjemur pada matahari pagi dan lebih rajin membersihkan diri untuk melawan virus corona.