Topik Terkait: Belajar Islam

  • Pentingnya Belajar Islam kepada Guru yang Bersanad dan Bermazhab
    Tausyiah
    Kamis, 30 September 2021 - 22:42 WIB
    Bagaimana cara belajar Islam agar tidak salah jalan? Jawabannya sederhana, belajarlah sesuai ahlus sunnah yang benar dan ambillah ilmu dari guru bersanad dan bermazhab.
  • Kongres Islam Dunia sebagai Landasan Berdirinya Organisasi Kerjasama Islam
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Secara sepintas lalu, kongres tersebut gagal. Sang mufti menindaklanjuti dengan tur ke India pada tahun 1933, di mana nizam Hyderabad menyumbangkan uang untuk usulan universitas Islam di Yerusalem.
  • Kisah Bangsawan Lady Evelyn Zeinab Cobbold Memilih Islam
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Lady Evelyn Zeinab Cobbold saat lahir bernama Lady Evelyn Murray. Dia menyatakan diri memeluk Islam pada tahun 1915 yakni pada era Victoria. Berikut penuturannya.
  • Terbanyak di Eropa, Begini Sejarah Masuknya Islam di Rusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:10 WIB
    Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Islam di Rusia adalah agama kedua terbesar setelah Kristen. Populasi muslim di Rusia merupakan yang terbanyak di Eropa.
  • Kisah Louis Farrakhan Yakin Didukung Allah Taala Membangun Islam di Amerika
    Dunia Islam
    Rabu, 30 November 2022 - 05:15 WIB
    Louis Farrakhan yakin dirinya telah dipilih secara ketuhanan. Dia tidak melihat dengan cara bagaimana dirinya dapat berhasil jika bukan karena pilihan Tuhan dan dukungan-Nya, untuk membangun Islam di Amerika
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • John Louis Esposito: Islam Terbukti Merupakan Agama yang Lebih Toleran
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 11:39 WIB
    Esposito mengatakan Islam terbukti merupakan agama yang lebih toleran, memberikan kebebasan beragama yang lebih besar bagi orang-orang Yahudi dan Kristen.
  • Kisah Carla Memeluk Islam Sangat Mengagumkan
    Hikmah
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 18:04 WIB
    Ada sebuah kisah nyata yang sering saya sampaikan di berbagai tempat dan kesempatan. Kisah seorang muallaf, wanita Hispanic keturunan Colombia.
  • Kisah Laksamana Cheng Ho Menyebarkan Islam di Nusantara
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Cheng Ho menyebarkan Islam di Nusantara atau Indonesia cukup membekas. Hanya saja, pada saat Cheng Ho datang ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah banyak yang memeluk Islam.
  • Derbent, Gerbang Masuknya Islam ke Rusia pada Tahun 642 Masehi (2)
    Hikmah
    Sabtu, 25 Januari 2020 - 07:32 WIB
    Salah satu monumen penting sekaligus bukti keberadaan Islam yang telah masuk di Derbent, Rusia, pada masa awal Islam adalah Masjid Juma atau Djuma Mosque.
  • Mekkah Tidak Dikenal dalam Manuskrip Pra-Islam, Begini Penjelasannya
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Januari 2022 - 17:00 WIB
    Pada era jahiliyah atau pra-Islam, Mekkah tidak begitu dikenal. Bahkan dalam manuskrip Raja Babilonia belum ditemukan nama Mekkah dalam daftar berbagai tempat yang telah dikuasai.
  • Orang Gemuk dalam Pandangan Islam
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 09:10 WIB
    Pada hakekatnya, Islam tidak melihat fisik dan bentuk tubuh seseorang, apakah Anda orang yang tampan atau cantik, demikian juga apakah tubuh Anda tinggi semampai, atau pendek. Lalu bagaimana dengan orang gemuk?
  • Indahnya Islam, Ajarannya Tidak Melanggar Fitrah Manusia
    Tausyiah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 19:27 WIB
    Allah Taala memilih seorang Rasul (Muhammad SAW) yang berasal dari kalangan manusia sehingga ajaran yang dibawanya pun adalah ajaran yang cocok dan sesuai fitrah manusia.
  • Trilogi Ajaran Ilahi: Islam, Iman, dan Ihsan
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:40 WIB
    Ketiga istilah itu memberi umat Islam (Sunni) ide tentang Rukun Iman yang enam, Rukun Islam yang lima dan ajaran tentang penghayatan terhadap Tuhan Yang Maha Hadir dalam hidup.
  • Konsep Taabbudi dan Taaqquli dalam Islam, Penjelasan dan Contohnya
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 17:23 WIB
    Taabbudi dan Taaqquli merupakan dua konsep pemahaman yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam. Berikut penjelasan dan contoh-contohnya.
  • Pemilu: Hakikat Kekuasaan dalam Pandangan Islam
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 10:03 WIB
    Beberapa ayat Al-Quran yang menjadi dalil dan landasan bahwa kedaulatan rakyat bersumber pada hukum Allah adalah QS Fthir 35: 16-17, QS alMarij 70: 40-41 dan QS al-Furqn 25: 36-39
  • Kisah Sosiolog Wieslaw Zejieski Pilih Islam karena Anggap sebagai Ideologi Jalan Tengah
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:51 WIB
    Wieslaw Zejieski setelah memeluk Islam menambah namanya menjadi Ismail Wieslaw Zejieski. Sosiolog ini memilih memeluk Islam karena anggap Islam sebagai ideologi jalan tengah.
  • Kaya vs Hedonisme, Begini Pandangan Islam
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Sikap Islam terhadap kehidupan dunia ini terekspresi dengan peringatan Allah di Surah Al-Baqarah: Dan bagimu di atas bumi ini kesenangan hingga pada batas tertentu (ilaa hiin).
  • Persepsi Kristen Terhadap Islam Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:08 WIB
    Persepsi ini merupakan persepsi yang mempunyai tempat sentral dalam pemikiran Eropa hingga akhir abad ke-19. Perbedaan antara persepsi Kristen ini dapat dikelompokkan menjadi empat.
  • Begini Gambaran Jenis Pengobatan di Rumah Sakit pada Era Kejayaan Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Operasi mata (terutama katarak) adalah salah satu kisah sukses pengobatan Islam terbesar, dengan polymath Andalusia Abu Al Qasim Al Zahrawi (Albucasis), dianggap sebagai bapak operasi modern.
  • Ini Mengapa Penjajahan Tak Mampu Hapus Pola Berpikir Ideologi Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Meskipun perang ini telah membawa keberhasilan Eropa menguasai Dunia Islam selama dua abad, tetapi suatu yang tidak dapat dilakukannya adalah menghapuskan pola berpikir ideologi sosiokultural berlabel Islam.