Topik Terkait: Abd Al Rahman Al Sufi

  • Abd-al Rahman al-Sufi, Astronom Muslim yang Mengindentifikasi 100 Bintang Baru
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 November 2021 - 14:21 WIB
    Abd-al Rahman al-Sufi adalah astronom muslim yang mengindentifikasi 100 bintang baru, bersama dengan deskripsi dan ilustrasi pertama yang diketahui dari galaksi Andromeda.
  • Amalan 4 Surat Yusuf Mansur : Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah dan Al-Mulk, Beserta Keutamaannya
    Tips
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:07 WIB
    Amalan 4 surat Yusuf Mansur : Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah dan Al-Mulk, merupakan amalan yang dipopulerkan Ustadz Yusuf Mansyur dalam menghadapi permasalahan hidup.
  • Kisah Sufi: Air Surga dan Khalifah Harun al-Rasyid
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:38 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Kisah Guru Sufi Menyarankan Bayazid Al-Busthami Membatalkan Haji
    Hikmah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 08:11 WIB
    Kisah epik mistik seorang guru sufi yang menyarankan Bayazid Al-Busthami agar membatalkan haji dipaparkan Jalal al-Din Rumi dalam dalam buku Masnavi-ye Manai.
  • Obat Segala Masalah Menurut Imam Hasan Al-Bashri
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 13:40 WIB
    Suatu ketika datang seseorang mengadu masalah kepada Imam Hasan Al-Basri. Beliau menyarankan istighfar. Jawaban yang sama juga diberikan kepada beberapa orang yang bertanya kemudian.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Asy-Syibli dan Al-Junaid: Guru Sufi Awal
    Hikmah
    Sabtu, 14 November 2020 - 07:20 WIB
    Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli), dan Abul Qasim al-Junaid, si Merak Kaum Terpelajar, adalah dua guru Sufi awal. Mereka berdua hidup dan mengajar lebih dari seribu tahun yang lalu.
  • Inilah 4 Faedah Menghadiahkan Al Fatihah untuk Diri Sendiri
    Tips
    Senin, 21 November 2022 - 09:41 WIB
    Banyak sekali keutamaan Surat Al Fatihah, termasuk manfaat menghadiahkan surat ini untuk diri sendiri, selain akan mendapatkan pahala karena membacanya.
  • Memahami Makna Al-Kautsar dalam Surat Al-Kautsar
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 23:05 WIB
    Makna Al-Kaustar dalam Surat Al-Kautsar penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Kautsar termasuk surat-surat pendek terdiri 3 ayat, namun kandungannya sangat agung.
  • 7 Keutamaan Surah Al-Baqarah
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 20:11 WIB
    Surah Al-Baqarah (sapi betina) adalah surah kedua dari 114 surah Alquran. Surah Al-Baqarah dimasukkan dalam golongan surat Madaniyyah dan merupakan surah terpanjang dalam Alquran.
  • Inilah Manfaat Surat Al-Waqiah jika Dibaca Rutin
    Tips
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:57 WIB
    Bila rutin membaca surat Al-Waqiah, maka Allah Taala akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah kemudahan rezeki dan dihindari dari kesusahan.
  • Kisah Kesatria Eropa Membela Al-Aqsha di Masa Shalahuddin Al-Ayyubi
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:03 WIB
    Kisah Kesatria Eropa membela Al-Aqsha di masa Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi (1137-1193) termasuk kisah yang jarang dibahas. Simak kisahnya berikut ini.
  • Surat Al-Ikhlas Doa untuk Apa? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 17:13 WIB
    Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang mengandung makna keesaan Allah SWT. Surat ini terdiri dari empat ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Surat Al-Fatihah: Amalan untuk Mendatangkan Jodoh
    Tips
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 14:43 WIB
    Surat al-Fatihah adalah surah pertama dalam al-Quran. Sebagian kaum muslim meyakini bahwa fadhilah surat Al-Fatihah antara lain dapat menjadi amalan untuk mendatangkan jodoh.
  • Surat Nasehat al-Hasan al-Bashri  untuk Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Minggu, 04 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kisah di bawah ini, syarat dengan hikmah tentang bagaimana sosok pemimpin yang bijaksana dan dapat mengemban amanah dunia ini dengan sebaik-baiknya, dan ia pun terbuka pada nasehat orang lain.
  • Manfaat Membaca Surat Al-Fatihah 100 Kali
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 22:29 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan manfaat membaca Surat Al-Fatihah 100 Kali. Berikut penjelasannya.
  • Asbabun Nuzul Surat Al Maun dan Keutamaannya
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 17:22 WIB
    Asbabun nuzul surat Al Maun dan keutamaannya penting diketahui umat Muslim. Arti surat Al Maun sendiri adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini.
  • Inilah Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas Paling Dahsyat, Setara dengan Sepertiga Al-Quran
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 13:16 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas sangat banyak. Tapi ada keutamaan yang paling dahsyat yang pernah disabdakan Rasulullah SAW, yakni akan disetarakan Allah SWT seperti membaca sepertiga Al-Quran
  • Fadhilah Membaca Al-Fatihah Ketika Membuka Acara Atau Pengajian
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 06:30 WIB
    Keagungan Surah Al-Fatihah tidak ada tandingannya sehingga dijuluki Ummul Quran. Tak heran jika surat yang satu ini sering dibaca ketika membuka acara atau pengajian.
  • Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:01 WIB
    Waktu terbaik membaca Surat Al Waqiah disebutkan dalam sejumlah hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yakni pada pada malam hari dan saat shalat subuh
  • Malam Jumat Baca Surat Al-Kahfi Atau Yasin?
    Tips
    Kamis, 09 Desember 2021 - 18:08 WIB
    Banyak yang bertanya, malam Jumat membaca Surat Al-Kahfi atau Yasin? Mana yang harus diamalkan? Mari kita simak penjelasannya berikut.