Kumpulan Artikel: Suku Quraisy

  • 5 Keutamaan Persia dalam Islam Berdasar Hadis Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 17 April 2024 - 11:38 WIB
    Setidaknya ada 5 keutamaan Persia dalam Islam. Salah satunya, Persia tersirat dalam Al-Quran Surat Al-Jumah ayat 3 dan Surat Muhammad ayat 38.
  • Peristiwa di Bulan Syawal: Nabi Muhammad SAW Berdakwah ke Thaif dan Diusir Warga Setempat
    Hikmah
    Selasa, 16 April 2024 - 12:52 WIB
    Pada tanggal 27 tahun ke-10 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW berdakwah di Thaif, sebelah tenggara Makkah sekitar 80 km. Kini, Thaif adalah kota terbesar ketiga setelah Kota Makkah dan Madinah.
  • Kisah Latta: Pembuat Adonan Roti bagi Jemaah Haji yang Dijadikan Berhala
    Hikmah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:21 WIB
    Sesungguhnya orang tersebut belum mati, akan tetapi ia masuk ke dalam batu. Kemudian ia memerintahkan mereka untuk menyembahnya, dan membangun rumah di atas batu itu. Dinamakan Laatta
  • Kisah Isaf dan Nailah: Sepasang Kekasih yang Berzina dalam Kakbah, Dikutuk Jadi Batu
    Hikmah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:12 WIB
    Menurut Ibnu Ishaq, orang-orang musyrik menjadikan Isaf dan Nailah sebagai sesembahan di dekat sumur Zam-zam. Mereka menyembelih kurban di sisi keduanya.
  • Apa Penyebab Terjadinya Perang Khandaq? Ini Jawabannya
    Dunia Islam
    Senin, 23 Oktober 2023 - 17:38 WIB
    Perang Khandaq menjadi salah satu perang yang terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW. Perang ini diketahui berlangsung pada bulan Syawal tahun 5 Hijriah atau tahun 627 Masehi.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Surat Quraisy Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Rabu, 19 Juli 2023 - 20:48 WIB
    Surat Quraisy lengkap Arab, latin dan terjemahan berikut ini termasuk surat-surat pendek dalam Al-Quran. Surat ke-106 ini memiliki keutamaan dan khasiat.
  • Mengapa Islam Diturunkan di Makkah? Begini Jawaban Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:10 WIB
    Mengapa Islam diturunkah di Makkah, bukan di Indonesia misalnya. Lalu ada yang menjawab itu karena penduduk Mekah sangat bejat. Begini penjelasan al-Quran.
  • Kisah Utbah bin Rabiah Merayu Rasulullah SAW Malah Tersihir Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 10 September 2022 - 14:38 WIB
    Kisah Utbah bin Rabiah merayu Rasulullah SAW, malah tersihir ayat-ayat Al-Quran dikisahkan antara lain oleh Imam Abdu bin Humaid dalam Musnad-nya, dengan sanad dari Jabir bin Abdullah.
  • Dialog Al-Walid dengan Abu Jahal untuk Menggembosi Dakwah Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 10 September 2022 - 14:28 WIB
    Dialog Al-Walid bin Al-Mughirah dengan Abu Jahal untuk menggembosi dakwah Rasulullah SAW ini terjadi pasca-pertemuan antara Al-Walid dan Rasulullah SAW.
  • Kisah Umar bin Khattab Memulai Pembangunan Pagar Tembok Kakbah
    Hikmah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 16:54 WIB
    Pada awalnya tidak ada dinding tembok atau pagar yang mengelilingi Kakbah. Yang pertama kali membangun dinding yang mengelilingi Kakbah adalah Khalifah Umar bin Khattab ra.
  • Kisah Abdul Muthalib Kaya Mendadak karena Menggali Sumur Zamzam
    Hikmah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 08:45 WIB
    Di era Abdul Muthalib, nilai kapital Kota Makkah meningkat sangat signifikan. Ditemukannya kembali Sumur Zamzam menjadi salah satu penyebabnya. Sumur ini menjadi aset paling berharga di Kota Makkah.
  • Kisah An-Nadhr Ibn Harits, Tantang Rasulullah SAW Ditimpa Hujan Batu
    Hikmah
    Selasa, 12 April 2022 - 03:00 WIB
    An-Nadhr Ibn Harits mengatakan kepada Nabi SAW, Wahai Muhammmad, jika yang kamu dakwahkan itu benar, maka mintalah Tuhanmu untuk mengazabku, turunkanlah hujan batu.
  • Kisah Sahidnya Sumayyah di Tangan Abu Jahal yang Kejam
    Hikmah
    Minggu, 13 Maret 2022 - 17:46 WIB
    Sumayyah binti Khayyat adalah Ibunda Ammar bin Yasir. Sang suami, Yasir, mendahului menghadap Ilahi pada saat disiksa kaum kafir Quraish. Ia menjadi Syahidah pertama dalam Islam.
  • Rasulullah SAW kepada Yasir: Kalian Akan Menemukan Tempat Tinggal di Surga
    Hikmah
    Sabtu, 12 Maret 2022 - 12:45 WIB
    Pada saat keluarga Yasir disiksa kaum kafir Quraisy, Rasulullah menghibur mereka dan mengangkat tangannya: Sabarlah, kalian sesungguhnya akan menemukan tempat tinggal kalian di Surga.
  • Kala Koreysh, Jejak Dakwah Islam Suku Quraisy di Rusia
    Dunia Islam
    Sabtu, 12 Maret 2022 - 10:44 WIB
    Suku Quraisy Mekkah ternyata meninggalkan jejak di pegunungan Rusia. Di dataran tinggi Kaukasus Utara wilayah Dagestan ada reruntuhan kota kuno bernama Kala Koreysh.
  • Kisah Walid bin Mughirah Protes Mengapa Bukan Dirinya yang Jadi Nabi
    Hikmah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Al-Walid Ibn Al-Mughirah adalah tokoh Quraisy yang tajir dan sangat berpengaruh. Itu sebabnya ia memprotes mengapa yang diangkat menjadi rasul bukan dirinya.
  • Abu Jahal, Sang Penyulut yang Tewas dalam Perang Badar
    Hikmah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 07:26 WIB
    Permusuhan Abu Jahal mencapai puncaknya pada saat Perang Badar. Dia menjadi pengobar semangat perang kaum Quraisy. Dan akhirnya Abu Jahal terbunuh dalam perang ini.
  • Al-Walid Bin Al-Mughirah, Tradisi Ciptaannya Dilanjutkan Islam Namun 10 Ayat Al-Quran Mencela Dirinya
    Hikmah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:03 WIB
    Al-Walid ibn Al-Mughirah adalah tokoh sepuh Quraisy, penentang dakwah Rasulullah SAW pada masa-masa awal kenabian. Ada lebih dari 100 ayat dalam Al-Quran yang membicarakan dirinya.
  • Kisah Akhir Tragis Ummu Jamil yang Menyebut Jibril sebagai Setan
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 10:19 WIB
    Tatkala Rasulullah SAW masih menunggu wahyu untuk menjawab pertanyaan kaum kafir Quraisy, Ummu Jamil meledek Nabi. Setanmu telah meninggalkanmu! serunya.
  • Leluhur Nabi Muhammad SAW Pimpinan Para Saudagar yang Tak Terlalu Tajir
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Januari 2022 - 09:21 WIB
    Para leluhur Nabi Muhammad SAW, seperti Hasyim dan Abdul Muthalib, adalah pemimpin kafilah dagang kaum Quraish. Hanya saja, mereka bukanlan taipan yang berlimpah harta.