Kumpulan Artikel: Ramadhan 2022 (halaman 6)

  • Doa Menyambut Ramadhan dari Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 17:10 WIB
    Selain doa yang diajarkan Rasulullah SAW, kaum muslimin perlu mengamalkan doa yang diajarkan Sulthonul Auliya Syaikh Abdul Qodir Al-Jilani (471-561 H).
  • Hukum Sengaja Tidak Puasa Ramadhan Menurut Para Ulama
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 14:33 WIB
    Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah wajib bagi semua muslim yang sudah baligh. Lantas bagaimana hukumnya bila mereka tidak menjalankannya?
  • Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:14 WIB
    Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah (pengganti/penebus).
  • Asal Usul Penamaan Bulan Ramadhan dan Artinya
    Hikmah
    Jum'at, 01 April 2022 - 05:15 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui asal usul penamaan bulan Ramadhan dan artinya. Untuk diketahui, Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Hadirkan 7 Niat Ini Sebelum Memasuki Ramadhan, Insya Allah Puasanya Berkah
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 22:24 WIB
    Sebelum memasuki bulan Ramadhan ada baiknya kita menghadirkan niat untuk meraih keutamaan dan keberkahan puasa. Ada 7 niat mulia yang dapat kita amalkan.
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnahnya, terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.
  • Mengenal 2 Metode Penentuan Hilal, Ini Perbedaannya
    Hikmah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ada dua metode penentuan hilal yang selalu berpolemik, yaitu metode Rukyatul Hilal bil Fily (Rukyat) dan metode Hisab (perhitungan astronomi). Ini perbedaannya.
  • 5 Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan agar Tetap Meraih Pahala
    Muslimah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 17:06 WIB
    Kodrat kaum wanita yang sudah baligh yakni mengalami haid dan mestruasi, siklus bulanan ini, bisa jadi datang pada di awal Ramadhan, yang tentu saja membuat sebagian kaum muslimah kecewa karena tidak bisa melaksanakan ibadah puasa wajib ini
  • Bolehkah Berenang Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:43 WIB
    Bolehkah berenang saat berpuasa Ramadhan dan benarkah olahraga tersebut bisa membatalkan puasa? Pertanyaan ini muncul, karena banyak muslim yang menggemari olahraga berenang dalam aktivitas hariannya
  • Berikut Amalan Menyongsong Ramadhan yang Dicontohkan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:08 WIB
    Rasulullah kerap melakukan amalan ibadah sunnah yang bernilai kebajikan dalam menyambut Ramadhan. Tak lupa, beliau juga kerap memotivasi umat Islam di sekelilingnya menyambut Ramadhan.
  • Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 15:33 WIB
    Bagi yang tidak mampu ke masjid, berikut tata cara sholat tarawih sendiri di rumah. Namun, bagi yang mampu sebaiknya mengerjakan sholat tarawih di masjid secara berjamaah.
  • Doa Rasulullah Menyambut Bulan Suci Ramadhan
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 14:49 WIB
    Bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah tinggal hitungan hari. Maka sambutlah kedatangannya dengan penuh suka cita di antaranya dengan memperbanyak doa dan istighfar.
  • Cara Menentukan Awal Ramadhan Berdasarkan Hadis Nabi
    Tausyiah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 13:42 WIB
    Cara menentukan awal Ramadhan perlu diketahui umat muslim. Ada dua metode penentuan awal bulan Ramadhan maupun bulan-bulan lainnya dalam kalender Hijriyah.
  • Fadhilah Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 09:00 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat islam, begitupun dengan ibadah puasa yang ditunaikan di bulan suci tersebut. Karena keistimewaannya, puasa Ramadhan juga memiliki beberapa fadhilah atau keutamaan yang luar biasa.
  • Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 22:13 WIB
    Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Siyam. Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Berikut 15 keutamaannya.
  • Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 29 Maret 2022 - 18:55 WIB
    Persiapan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan sangat diperlukan, termasuk mengetahui apa saja yang boleh dilakukan maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan seorang muslim
  • Arti Marhaban Ya Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:07 WIB
    Kalimat Marhaban Ya Ramadhan bisa diartikan sebagai ucapan selamat datang bagi bulan Ramadhan. Namun, agar lebih jelas sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.
  • Dahsyatnya Keutamaan Sahur, Tidak Lagi Kesiangan Sholat Subuh
    Tips
    Senin, 28 Maret 2022 - 23:46 WIB
    Sambil menyambut Ramadhan yang tinggal hitungan hari, umat muslim sebaiknya memahami keutamaan sahur. Salah satu keberkahan sahur tidak lagi kesiangan sholat Subuh.
  • 5 Hari Lagi! Program Inspiring Ramadhan Akan Tayang di iNews
    Dunia Islam
    Senin, 28 Maret 2022 - 21:31 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadhan, iNews kembali mempersembahkan sajian program spesial penuh inspirasi yang menemani pemirsa mulai dari waktu sahur hingga sholat tarawih.