Kumpulan Artikel: Ramadhan 2022 (halaman 4)

  • Asal-usul Imsak dan Pergeseran Makna yang Perlu Diluruskan
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 03:01 WIB
    Setiap Ramadhan kita sering mendengar pemberitahuan Imsak dari masjid-masjid sebelum Subuh. Inilah tradisi Ramadhan yang hanya ada di Indonesia.
  • Jangan Tinggalkan Amalan Ini di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 23:18 WIB
    Bulan Ramadhan tak dapat dipisah dari amalan yang satu ini. Bahkan Allah dengan sifat Rahmah-Nya memberi pahala berlipat kepada orang yang menghidupkan amalan ini.
  • Ramadhan, Altruistik dan Persatuan Indonesia
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 22:36 WIB
    Ramadhan memiliki kekuatan multiplier effect, terutama secara spiritual, psikologi, dan kekauatn integrasi sosial. Secara spiritual, Ramadhan bulan latihan bagi iman.
  • Nurcholish Madjid: Puasa Ramadhan Ibadah Wajib yang Paling Mendalam
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 19:05 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan dari berbagai ibadah dalam Islam, puasa di bulan Ramadhan barangkali merupakan ibadah wajib yang paling mendalam bekasnya pada jiwa seorang Muslim.
  • Ramadhan Melatih Kesabaran, Berikut 3 Tingkatan Sabar
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 15:28 WIB
    Ramadhan dijuluki Syahrus Shobr atau bulan kesabaran. Di bulan inilah setiap muslim diuji, ditempa, dilatih untuk bersabar dalam segal hal. Berikut tiga tingkatan sabar.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:36 WIB
    Apakah menangis membatalkan puasa Ramadhan? Karena bukan tidak mungkin, kondisi emosional seseorang bisa membuat dirinya menangis, padahal ia tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan.
  • 3 Hal yang Allah Janjikan pada Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 18:01 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Di Bulan ini ada satu ibadah yang tidak diwajibkan pada bulan-bulan lain yakni puasa Ramadhan.
  • Puasa Sebagai Ujian Kesadaran Adanya Tuhan yang Maha Hadir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 17:13 WIB
    Salah satu hakikat ibadah puasa ialah sifatnya yang pribadi, bahkan merupakan rahasia antara seorang manusia dengan Tuhannya. Dan segi kerahasiaan itu merupakan letak seorang manusia dengan Tuhannya.
  • Diwajibkan Atas Kamu Berpuasa, Siapa yang Mewajibkan?
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:24 WIB
    Redaksi diwajibkan atas kamu puasa, boleh jadi ini mengisyaratkan bahwa seandainya pun bukan Allah yang mewajibkan puasa, maka manusia akan mewajibkannya atas dirinya sendiri.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Doa Ketika Buka Puasa yang Dapat Menghapus Dosa Besar
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 15:42 WIB
    Selain dua doa yaitu Allahumma Laka Shumtu... dan Dzahabaz zhamau..., berikut doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa Ramadhan.
  • Hukum Meng-share Foto Makanan Saat Berpuasa
    Muslimah
    Jum'at, 08 April 2022 - 10:46 WIB
    Di saat puasa Ramadhan ini, tidak sedikit di antara kita yang sering mengirimkan gambar makanan dan minuman yang menggoda kepada mereka yang sedang berpuasa.
  • Jumat Pertama Bulan Ramadhan, Berikut 3 Amalan Penggugur Dosa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 03:01 WIB
    Alhamdulillah kita memasuki Jumat pertama bulan Ramadhan bertepatan hari ke-6 puasa atau hari ke-7 menurut perhitungan Hisab (7/4/2022). Berikut 3 amalan penggugur dosa.
  • Keistimewaan Anak Lahir pada Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 07 April 2022 - 18:03 WIB
    Anak adalah titipan Allah kepada orang tuanya. Dalam Islam, anak menjadi ladang amal bagi kedua orang tuanya. Berikut keistimewaan anak lahir di bulan Ramadhan.
  • Rasululullah SAW Sempat Bertemu 9 Kali Puasa Ramadhan
    Hikmah
    Kamis, 07 April 2022 - 17:19 WIB
    Rasulullah SAW diperkirakan hanya mengalami puasa Ramadhan sebanyak 9 kali. Perintah puasa turun pada 28 Syaban 2 H. Sementara Rasulullah SAW wafat pada 12 Rabiul awal 11 H
  • Khutbah Jumat Pertama di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 16:57 WIB
    Besok adalah Jumat pertama bulan Ramadhan 1443 Hijriyah (8/4/2022). Berikut materi Khutbah Jumat pertama Ramadhan yang bisa dijadikan materi khutbah.
  • Pedagang Acar Gurih Meraup Berkah Selama Ramadhan di Palestina
    Dunia Islam
    Kamis, 07 April 2022 - 12:01 WIB
    Di persimpangan jalan di pasar, sejumlah pedagang telah mendirikan kios yang menawarkan acar berwarna-warni cerah, yang dikenal sebagai turshi, di Palestina.
  • Makan Sahur Memiliki Keberkahan Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 20:02 WIB
    Makan sahur memiliki keberkahan dunia dan akhirat. Ibnu Hajjar dalam kitab Fat-hul Baari mengatakan bahwa keberkahan dalam makan sahur dapat diperoleh dari banyak segi.
  • Siang di Selandia Baru 11 Jam di Islandia 16 Jam, Bagaimana Ketentuan Waktu Puasanya?
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 16:18 WIB
    Waktu siang antara satu negara dengan negara lainnya berbeda-beda. Ada negara yang waktu siangnya lebih lama. Ada juga yang pendek. Haruskah waktu puasa mengikuti ketentuan Surat Al-Baqarah ayat 187?
  • Puasa Merupakan Ibadah yang Unik, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 13:56 WIB
    Puasa merupakan satu ibadah yang unik. Tentu saja banyak segi keunikan puasa yang dapat dikemukakan, misalnya bahwa puasa merupakan rahasia antara Allah dan pelakunya sendiri.