Topik Terkait: Kemandirian Ekonomi

  • Syaikh Al-Qardhawi: Kaidah Penting dalam Ekonomi Islam adalah Kemandirian
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Kemandirian Seorang Istri dalam Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 15:21 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam tidak membiarkan kepribadian wanita itu larut untuk mengikuti kepribadian suaminya sebagaimana tradisi barat.
  • Tujuan Ekonomi Islam dan Urgensinya Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 06:55 WIB
    Sesungguhnya manusia itu apabila terpenuhi kebutuhannya dan keamanannya maka mereka merasa tenteram dan berkonsentrasi untuk beribadah kepada Allah dengan khusyu.
  • Tausiyah Menarik! Begini Cara Rasulullah Mengajarkan Kemandirian Finansial
    Tausyiah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Sejak 14 abad lebih lalu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah mengajarkan bagaimana agar mandiri secara finansial sehingga bermanfaat bagi orang lain.
  • Tutup Istiqlal Halal Expo, Nasaruddin Umar: Jadikan Masjid Pusat Ekonomi Umat
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 23:13 WIB
    Istiqlal Halal Expo diharapkan berkelanjutan sehingga bisa mengubah paradigma masjid yang sebelumnya diberdayakan umat menjadi masjid yang memberdayakan umat.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • MES Gandeng ISYEF Kembangkan Masjid sebagai Sentra Ekonomi Kreatif & Wisata Halal
    Dunia Islam
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:28 WIB
    Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bekerja sama dengan Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) menggelar talk show bertajuk Masjid Sebagai Pusat Ekonomi Kreatif dan Wisata Religi. Talkshow ini diselenggarakan secara virtual Rabu, 26 Mei 2021 sebagai rangkaian dari acara Road to ISYEF 2021 dan Eid Al-Fitr Creative and Tourism (ECT) Expo 2021.
  • Pesantren Modern Berciri Khas Wirausaha, Penopang Kemandirian
    Santri
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Pondok Pesantren (ponpes) Daarut Tauhid yang berlokasi di Jalan Gegerkalong Girang, Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, termasuk salah satu ponpes populer di Tanah Air.
  • Ini Perbedaan Paham Ekonomi Islam dengan Sosialisme Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan jika paham ekonomi materialis liberal mengkultuskan kebebasan individu maka paham ekonomi sosialis juga memiliki pandangan tersendiri.
  • Mengenal Hukum Subsidi dalam Sistem Ekonomi Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 14:59 WIB
    Istilah subsidi kini menjadi perbincangan hangat menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Berikut pengertian subsidi dalam sistem ekonomi Islam.
  • Kuwait, Negeri Islam dengan 15 Persen Penduduk Jutawan
    Dunia Islam
    Senin, 17 Juli 2023 - 13:30 WIB
    Sekitar 15% penduduk Kuwait adalah jutawan, menempatkan negara itu di peringkat ketiga dunia. Kuwait adalah negara kaya raya karena melimpahnya minyak bumi.
  • Sandiaga Uno Minta Para Hafidz dan Hafidzah Doakan Ekonomi Bangkit, Indonesia Kembali Pulih
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juli 2021 - 12:28 WIB
    Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meminta para hafidz dan hafidzah untuk mendoakan agar Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19.
  • Konspirasi Yahudi: Kisah Alexander Hamilton dan Robert Morris Menguasai Ekonomi Amerika
    Dunia Islam
    Selasa, 05 Desember 2023 - 10:06 WIB
    Para direktur Bank Inggris telah memilih wakil mereka di Amerika pada tahun 1780, yaitu Alexander Hamilton, yang muncul berkat propaganda Yahudi. Namanya pun mengorbit sebagai salah satu pejuang kemerdekaan.
  • Mau Menikah Tapi Takut Soal Ekonomi, Ini Janji Allah
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 21:42 WIB
    Di antara pemuda muslim mungkin banyak yang ingin segera menikah, ingin punya rumah tangga Islami. Namun, keterbatasan ekonomi sering dijadikan hambatan.
  • Islam Mendorong Investasi, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Di antara kewajiban masyarakat Islam adalah mengeluarkan harta yang di tangannya untuk diputar dan diinvestasikan, karena uang dan harta itu ada bukan untuk ditahan dan ditimbun.
  • 2 Hadis tentang Kemandirian sebagai Karakter Perempuan di Era Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:17 WIB
    Setidaknya ada 2 hadis yang menceritakan tentang kemandirian sebagai karakter perempuan di era Rasulullah SAW. Hadis tersebut dinukil dari kitab shahih Bukhari dan Muslim.
  • Perempuan Arab Saudi Sudah Berubah: Isi 36 Persen Angkatan Kerja
    Dunia Islam
    Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:16 WIB
    Reformasi yang dilakukan di Arab Saudi telah mengubah partisipasi perempuan dalam angkatan kerja, bisnis dan kepemimpinan, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.
  • Gus Baha Nikah Naik Bus Ekonomi Jogjakarta-Pasuruan Sendirian,  Begini Kisahnya
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 September 2021 - 14:35 WIB
    Gus Baha nikah naik bus ekonomi Yogjakarta ke Pasuruan. Kesederhanaan memang sudah melekat pada ulama asal Rembang ini.
  • Fintech: Pilihan Investasi Halal yang Jauh Lebih Nyaman dan Mudah
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:34 WIB
    Hal ini akan berubah, kata para ahli, dengan hadirnya fintech teknologi keuangan yang dapat membuat investasi lebih mudah diakses oleh konsumen biasa dan investor individu.
  • Dubes Kanada Akui Pentingnya Agama, Budaya dan Ekonomi Madinah bagi Arab Saudi
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 08:55 WIB
    Tempat suci kedua, Masjid Nabawi, berada di Madinah, sebuah kota yang terus memainkan peran penting dalam memajukan kepemimpinan tradisional Arab Saudi di dunia Muslim.
  • Anti Syariah yang Menjadi Pelaku Bisnis Syariah
    Hikmah
    Senin, 16 Desember 2019 - 09:00 WIB
    Di berbagai belahan dunia terjadi prilaku aneh nan lucu manusia. Seringkali kita lihat prilaku paradoks, atau sikap inkonsistensi dalam banyak hal.