Kumpulan Artikel: Makanan (halaman 5)

  • Bagaimana Meraih Keberkahan dalam Makanan?
    Muslimah
    Selasa, 08 September 2020 - 13:06 WIB
    Inti dari doa sebelum makan adalah memohon keberkahan dari rezeki yang telah Allah karuniakan, sehingga kita terpelihara dari keburukan (terutama dari siksa neraka).
  • Allah Taala Pernah Haramkan Hal yang Baik kepada Kaum Yahudi, Ini Penyebabnya
    Tausyiah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Allah pernah juga mengharamkan hal-hal yang baik kepada orang-orang Yahudi sebagai hukuman atas kedurhakaan yang mereka perbuat dan pelanggarannya terhadap larangan Allah.
  • Begini Pokok-Pokok Ajaran Islam tentang Halal dan Haram
    Tausyiah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Al-Quran telah menegaskan kesesatan mereka yang berani menghalalkan sesuatu yang seharusnya haram, dan mengharamkan sesuatu yang seharusnya halal
  • Halal dan Haram: Asal Tiap-Tiap Sesuatu Adalah Mubah
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:39 WIB
    Arena haram dalam syariat Islam itu sangat sempit sekali dan arena halal justru sangat luas. Nas-nas yang sahih dan tegas dalam hal-haram, jumlahnya sangat minim sekali
  • Pesan-Pesan Al-Quran Mengenai Makanan
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Allah Taala berfirman, makanlah apa yang direzekikan Allah dan jangan ikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya dia adalah musuh kamu yang sangat nyata.
  • Makanan Olahan: Setiap yang Memabukkan Adalah Haram
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Khamr terambil dari kata khamara yang menurut pengertian kebahasaan adalah menutup. Karena itu, makanan dan minuman yang dapat mengantar kepada tertutupnya akal dinamai juga khamr.
  • 8 Sunnah Nabi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 21:43 WIB
    Semasa hidup Rasulullah SAW tidak pernah ditimpa penyakit parah. Beliau pernah sekali menderita demam saat menjelang wafat. Mengapa Rasulullah SAW jarang sakit?
  • Halalkah Makanan Sembelihan Kaum Yahudi, Kristen, dan Budha?
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Timbul perselisihan pendapat di kalangan ulama tentang siapa yang dimaksud dengan Ahl Al-Kitab, dan apakah umat Yahudi dan Nasrani masa kini, masih sebagai Ahl Al-Kitab.
  • Halal dan Haram, serta Perintah Makan dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 11:55 WIB
    Dapat dikatakan bahwa Al-Quran menjadikan kecukupan pangan serta terciptanya stabilitas keamanan sebagai dua sebab utama kewajaran beribadah kepada Allah
  • Wirid Agar Makanan Tidak Membahayakan Tubuh
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 22:20 WIB
    Semua orang pasti menginginkan keberkahan. Bagaimana agar makanan yang dikonsumsi menjadi berkah dan tidak membahayakan tubuh? Berikut amalan wiridnya.
  • Ingin Diet? Yuk, Lakukan Sesuai Petunjuk Syariat
    Muslimah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 14:20 WIB
    Dalam ajaran Islam memiliki kesehatan dan postur ideal untuk tubuh adalah hal yang dianjurkan. Namun Islam juga tidak membenarkan jika cara diet yang dilakukan terlalu berlebihan apalagi menggunakan bahan-bahan yang haram.
  • Pola Makanan Sehat Menurut Al-Qur’an dan Hadis (2)
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 16:17 WIB
    Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh. Al Quran telah menjelaskan semuanya tentang makanan sehat.
  • Pola Makanan Sehat Menurut Al-Qur’an dan Hadis (1)
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 07:21 WIB
    Islam sangat memerhatikan pola makanan sehat. Tidak hanya baik secara unsur tapi juga harus halal secara zat dan perolehannya. Dalam Islam, tidak semua makanan atau minuman boleh dimakan. Ada yang diharamkan oleh Allah Taala.
  • Idul Fitri, Bukan Sekadar Kembali Makan
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 05:51 WIB
    Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idul Fitri pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Memaknai Idul Fitri Antara  Kembali Suci dan Kembali Makan
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 03:47 WIB
    Idul fitri, secara umum ada yang melihat kepada makna substansinya di satu sisi. Ada juga yang memandang dari aspek makna literalnya dan asal kata fitri
  • Anjuran Tawakkal dan Makan 7 Butir Kurma Ajwah
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 16:59 WIB
    Syeikh Prof Abdur Rozzaq mengatakan, syariat Islam mengajarkan untuk mengambil sebab-sebab (pencegahan sebelum sakit) dan berobat ketika sakit. Namun, tidak menafikan tawakkal kepada Allah.
  • Subhanallah, Dia Bagaikan Bulan Purnama di Malam yang Gelap
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 08:51 WIB
    Tanpa pikir panjang dipungut dan dimakannyalah buah apel itu. Akan tetapi baru setengahnya dimakan, Tasbit berhenti mengunyah. Ia seakan tersadar akan sesuatu.