Topik Terkait: Hikmah Burung Terbang

  • Faridud-Din Attar Pencipta Musyawarah Burung
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:29 WIB
    Konon ia memiliki pengertian yang lebih dalam tentang alam pikiran sufi dibandingkan dengan siapa pun di zamannya. Ia mengarang sekitar 200.000 sajak dan banyak karya prosa.
  • Burung Hantu, Tikus, Si Bakhil, dan Rayuan Emas
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:16 WIB
    Jiwa orang yang telah mengorbankan segalanya demi cinta akan emas menjelma menjadi tikus. Ingat baik-baik tentang diriku, tinggalkan cinta akan emas itu!
  • Burung-Burung Membicarakan Perjalanan Menuju Simurgh
    Hikmah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Bintang-bintang berkelompok menurut kecenderungan masing-masing, dan setiap susunan bintang memiliki tugasnya sendiri. Syaikh itu berjalan terus tak melihat sekilas gerak atau seorang pun manusia.
  • Perjalanan Cinta Burung-burung dalam Manthiq Al-Thayr
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 16:33 WIB
    Dan Sulaiman telah menerima warisan dari Daud. Dan dia berkata: &lsquoWahai umat manusia! Telah diajarkan kepada kami Bahasa burung (manthiq al-thayr). (QS. 27:16)
  • Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 16:31 WIB
    Menyembunyikan kebaikan dan kehebatan yang dimiliki akan bernilai baik manakala disertai dengan niat ikhlas lillahi taala. Namun, menampakkan kebaikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain agar juga mau berbuat baik, juga dianjurkan.
  • Musyawarah Burung: Madah Doa
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:32 WIB
    Ia tinggikan angkasa di atas bumi bagai tenda tanpa tiang-tiang penyangga. Dalam enam masa Ia ciptakan ketujuh kaukab dan dengan dua huruf Ia ciptakan kesembilan kubah langit.
  • Puasa Ramadan Mengajarkan Banyak Hikmah, Salah Satunya Menjauhkan dari Ketamakan
    Hikmah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 10:12 WIB
    Puasa Ramadan adalah rangkaian amal terbaik setelah syahadat dan salat. Banyak sekali manfaat dan hikmah ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa.
  • Mantiqut-Thair: Burung-Burung Berkumpul
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:55 WIB
    O Hudhud! Kau yang menjadi penunjuk jalan Raja Sulaiman dan menjadi utusan sejati dari lembah, yang beruntung dapat pergi hingga ke batas-batas Kerajaan Saba.
  • Kisah Hikmah : Perempuan Pemintal Benang
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 19:31 WIB
    Kisah ini tentang seorang perempuan kaya raya namun hidupnya sangat kesepian. Terjadi di era sebelum Islam datang. Dialah Rithah Al Hamqa, perempuan Arab dari Bani Makhzum.
  • Hikmah Agama Menurut Nurcholish Madjid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • Kisah Hikmah : Belajar Tolong Menolong dari Dzulqarnain
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 15:54 WIB
    Menolong orang lain yang kesusahan merupakan amalan yang sangat mulia. Banyak dalil yang menerangkan tentang hal tersebut. Salah satunya dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahuanhu.
  • Surat An Naba’ Ayat 10-11: Hikmah Dijadikan Siang dan Malam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 10:38 WIB
    Allah menciptakan malam hari sebagai waktu untuk mengistirahatkan semua anggota badan, setelah bekerja selama seharian, begitu juga siang hari diciptakan untuk mencukupi segala kebutuhan manusia.
  • Hikmah Khitan Saat Masih Bayi dan Manfaatnya
    Tips
    Selasa, 24 Mei 2022 - 21:11 WIB
    Hikmah khitan saat masih bayi perlu diketahui umat muslim terutama kaum perempuan. Dalam satu Hadis disebutkan: Siapa yang masuk Islam maka berkhitanlah, walau sudah besar.
  • Burung Gereja, Kisah Nabi Yakub dan Nabi Yusuf
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Setelah Yusuf dibawa pergi, maka ayahnya, Yakub, kehilangan penglihatan karena airmata darah yang mengalir dari matanya. Nama Yusuf senantiasa di bibirnya.
  • Hikmah yang Dapat Diambil dari Peristiwa Isra Miraj
    Tausyiah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 15:01 WIB
    Salah satu pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa Isra Miraj adalah bahwa ilm dan qudrat Tuhan meliputi dan menjangkau, bahkan mengatasi, segala yang finite dan infinite tanpa terbatas waktu atau ruang.
  • Hikmah Diperbolehkannya Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 09:49 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya Islam adalah risalah terakhir yang datang dengan syariat yang bersifat umum dan abadi. Yang berlaku sepanjang masa, untuk seluruh manusia.
  • Kisah Hikmah : Nasihat Seorang Wanita dan Amar Maruf Nahi Munkar
    Muslimah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:37 WIB
    Kisah hikmah berikut menunjukkan bahwa kaum Hawa pun dapat memberikan andil dalam nasihat dan amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Kisah Sufi Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Sabtu, 13 November 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • Hikmah Ibadah Haji : Kedudukan Manusia Sama di Hadapan Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 09:36 WIB
    Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang terpenting. Dalam ibadah haji inilah, Allah mengumpulkan semua umat Islam di seluruh dunia untuk mengagungkanNya
  • Inilah Hikmah dan Manfaat Puasa 6 Hari di Bulan Syawal
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 09:44 WIB
    Setelah merayakan Idul Fitri, umat Islam dianjurkan mengamalkan 6 hari puasa Syawal. Banyak keistimewaan dan hikmah serta manfaat dari puasa Syawal ini. Apa saja hikmah dan manfaatnya?