Topik Terkait: Tanda Anak Baligh

  • Tanda-Tanda Anak Baligh, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Ketika mendapati tanda anak-anak kita telah mencapai usia baligh, apa yang harus dilakukan? Dan bagaimana orangtua harus menyampaikan hal tersebut sesuai ketentuan syariat?
  • Kewajiban yang Harus Ditunaikan Anak Ketika Sudah Ada Tanda Akil Baligh
    Muslimah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:49 WIB
    Dalam Islam, pertumbuhan dan perkembangan anak ada fase yang harus diperhatikan terutama di fase-fase anak mengalami akil baligh. Ada perbedaan tanda akil baligh pada anak perempuan dan akil baligh anak laki-laki.
  • Inilah 4 Tanda Akil Baligh Perempuan dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 13:30 WIB
    Setidaknya ada beberapa tanda akil baligh perempuan yang perlu diketahui. Pasalnya dalam Islam, seorang individu dianggap telah mencapai akil baligh atau kematangan fisik dan mental pada usia tertentu.
  • Hukum Mengimami Anak yang Belum Baligh Ketika Salat
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Hukum mengimami anak yang belum baligh ketika salat berjamaah penting untuk diketahui.
  • Syarat-Syarat Wajib Haji: Apakah Haji Anak-Anak Menggugurkan Kewajibannya saat Baligh
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:20 WIB
    Anak kecil yang belum baligh, hajinya sah dan walinya mendapatkan pahala karena menghajikan anaknya. Tapi haji anak kecil tidak menjadikan gugur kewajiban haji baginya ketika dia telah baligh
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Isyarat Kiamat Makin Dekat! Ini Tanda-tanda Kecil yang Sudah Terjadi
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 22:03 WIB
    Sebelum terjadinya 10 tanda besar Kiamat di akhir zaman, akan didahului dengan tanda-tanda kecil (As-Saaatush Shughra) seperti dinubuwahkan Nabi Muhammad ?.
  • Benarkah Banjir Dubai Merupakan Tanda Kiamat?
    Hikmah
    Minggu, 21 April 2024 - 18:03 WIB
    Menanggapi banjir besar yang melanda Dubai, sejumlah pakar menyebut peristiwa tersebut sebagai anomali tidak biasa. Selain itu, ada juga sebagian warganet yang menghubungkannya sebagai azab hingga tanda kiamat.
  • Salah Satu Tanda Kiamat: Orang Bodoh Diangkat Jadi Pemimpin
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 10:16 WIB
    Di antara tanda-tanda Kiamat adalah orang bodoh diangkat menjadi pemimpin. Hal ini seperti disabdakan Rasulullah SAW dengan menyebut akan datangnya masa atau tahun-tahun penuh penipuan dan kebohongan.
  • Tanah Arab Menghijau, Satu dari Puluhan Tanda-tanda Kiamat
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Tanah Arab menghijau dipenuhi rumput dan tumbuhan merupakan satu dari puluhan tanda-tanda Kiamat yang pernah dikabarkan Nabi Muhammad SAW 14 abad lebih lalu.
  • Tanda-tanda Fisik Sebagai Sebuah Peringatan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 08:11 WIB
    Al-Quran memberi hikmah dan penjelasan yang lengkap tentang tanda-tanda fisik yang ada pada tubuh kita dalam rentang usia kita agar manusia mampu mengambil pelajaran dan menambah iman.
  • Sifat Malu Menjadi Tanda Kecerdasan Seorang Anak
    Muslimah
    Minggu, 28 Mei 2023 - 11:26 WIB
    Dalam Islam, rasa atau sifat malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah.
  • Banyak Terjadi Gempa Bumi, Salah Satu Tanda Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Rabu, 23 November 2022 - 16:17 WIB
    Banyak terjadi gempa bumi ada hubungannya bahwa kiamat sudah dekat. Hal ini diinformasikan sejumlah hadis Nabi Muhammad SAW. Berikut penjelasannya.
  • Maraknya Perzinaan, Tanda Akhir Zaman dan Dekatnya Hari Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 12:23 WIB
    Saat ini kita berada di akhir zaman yang penuh dengan fitnah dan keadaan memprihatinkan. Salah satunya maraknya perzinaan dan tersebarnya kebodohan.
  • Gus Baha Sebut Salah Satu Tanda Kiamat Sudah Terjadi Sekarang
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 05:05 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengungkap salah satu tanda-tanda Kiamat sudah terlihat sekarang. Berikut penjelasannya.
  • Munculnya Perempuan Al-Muabarrijat, Tanda Datangnya Kiamat?
    Muslimah
    Selasa, 16 November 2021 - 08:10 WIB
    Kemunculan banyak perempuan dengan pakaian yang tidak menutup aurat, ternyata merupakan salah satu tanda datangnya kiamat kecil dan kiamat besar. Benarkah demikian?
  • Tanda Kiamat Sudah Dekat, Makin Marak Para Wanita Al-Mutabarrijat, Siapakah Dia?
    Muslimah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 11:25 WIB
    Tanda- tanda kiamat sudah dekat makin tampak nyata saat ini. Salah satunya kian marak muncul para wanita al-Mutabarrijat. Siapakah mereka?
  • Inilah Urutan 10 Tanda Kiamat Besar Menurut Syaikh Imran Hosein
    Hikmah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 14:31 WIB
    Setelah mengetahui beberapa tanda-tanda kecil Kiamat, kita beralih kepada tanda-tanda besar Hari Kiamat yang akan terjadi di akhir zaman. Berikut urutannya menurut Syaikh Imran Hosein.
  • Hadis-hadis Tanda Kiamat yang Akan Mengejutkan Dunia
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 07:05 WIB
    Berikut beberapa Hadis yang dipilih secara acak oleh Syaikh Imran Hosein berkaitan dengan tanda-tanda Hari Akhir (Kiamat). Hadis ini merupakan Nubuwah Rasulullah SAW.
  • Tanda dan Petunjuk Al Quran Tentang Siapa Jodoh Kita
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 07:33 WIB
    Dalam Islam, rejeki, jodoh dan kematian adalah rahasia Illahi. Tak ada seorang manusia, yang tahu akan rahasia Allah Taala ini. Namun, Allah telah membocorkan rahasia tentang pasangan hidup kita dalam Al-Quran,
  • Tanda Kiamat Waktu Terasa Kian Cepat, Ini Penyebabnya!
    Hikmah
    Jum'at, 10 November 2023 - 05:10 WIB
    Di antara tanda-tanda Kiamat yang dinubuwahkan Nabi Muhammad SAW, salah satunya waktu bergerak lebih cepat. Apa sebenarnya yang menyebabkan waktu terasa kian cepat?