Topik Terkait: Kh Said Aqil Siroj

  • NU Peduli Covid-19, Said Aqil: Kita Berjuang Lahir dan Batin
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 11:06 WIB
    Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengaku bangga atas kerja Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 yang bergerak di daerah masing-masing untuk melakukan pencegahan dan penanganan wabah virus corona.
  • Kiai Miftachul dan Kiai Said Aqil  Akan Pimpin Doa Bersama Lawan Covid-19
    Hikmah
    Sabtu, 04 April 2020 - 14:30 WIB
    PBNU menginisiasi Doa Bersama dan Pertaubatan Global Bersatu Melawan Corona, pada Kamis 9 April mendatang. Acara tersebut akan diselenggarakan secara serempak mulai pukul 19.30 WIB melalui Zoom Conference.
  • Ustaz Abdul Somad Dapat Kado Istimewa dari KH Said Agil Al-Munawwar
    Hikmah
    Senin, 21 Juni 2021 - 22:10 WIB
    Pendakwah kondang Ustaz Abdul Abdul Somad (UAS) melakukan silaturrahim ke salah satu ulama besar yang juga pernah menjabat Menteri Agama, Al-Habib Prof Dr KH Said Agil Husin Al-Munawwar MA.
  • Ibadah Ramadhan di Tengah Wabah, Ini Kata KH Said Aqil Siroj
    Tausiyah
    Kamis, 09 April 2020 - 03:38 WIB
    Berdasarkan pertimbangan para ahli, virus Corona yang kini tengah mewabah masih akan berlangsung hingga Mei. Itu sebabnya PBNU memutuskan ibadan di bulan Ramadhan dilakukan di rumah.
  • Legasi KH Abdullah Syukri Zarkasyi
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:54 WIB
    Di Gontor ada masa perkenalan untuk santri baru dan lama. Tahun 1994 saya alami masa perkenalan itu, sama sekali tidak diminta bawa batu kali, jangkrik atau yang aneh-aneh.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Doa Menguatkan Hafalan, Ijazah dari Habib Said Agil Husin Al-Munawar
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:15 WIB
    Setiap orang tentu ingin punya hafalan yang kuat terutama bagi penuntut ilmu dan penghafal Al-Quran. Berikut ijazah menguatkan hafalan dari Habib KH Said Agil Husin Al-Munawar.
  • Biografi Ibnu Aqil, Penulis Kitab Terbesar dalam Islam dan Kisahnya yang Unik
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 19:10 WIB
    Berikut biografi ulama penulis Kitab Al-Funun, kitab terbesar dan paling tebal dalam sejarah Islam. Kitab ini ditulis Ibnu Aqil, seorang ulama besar Hanbali asal Baghdad.
  • KH Miftachul Achyar Bicara Soal Kematian dan Proses Kehidupan  Abadi
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Achyar mengatakan, kematian seseorang menjadi proses menuju kehidupan yang abadi di akhirat.
  • Ketika KH Ahmad Dahlan Undang Tokoh Komunis Semaoen dan Darsono
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:37 WIB
    KH Ahmad Dahlan dikenal sangat terbuka. Sejumlah penulis menyebut beliau pernah mengundang tokoh-tokoh nasional, termasuk tokoh komunis, pada acara penting Muhammadiyah.
  • KH Ali Yafie: Hukum dalam Al-Quran Merupakan Bagian Integral dari Akidah
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:02 WIB
    KH Ali Yafie menyatakan hukum yang diperkenalkan al-Quran bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian integral dari akidah. Begini penjelasannya.
  • Syariah, Thariqah, Haqiqah, dan Marifah Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 21:47 WIB
    Kata syariah telah beredar luas di kalangan umat muslim. Dalam al-Quran, kata tersebut telah dipakai antara lain pada Surah al-Jatsiyah ayat 18.
  • 8 Syarat Orang yang Ingin Menjalankan Tarekat Menurut KH Hasyim Asyari
    Tausyiah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 18:23 WIB
    KH Muhammad Hasyim Asyari menyebut ada delapan syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bakal menjalankan thariqat. Salah satunya harus mempunyai tujuan yang benar.
  • KH Cholil Nafis: Jangan Sampai Ada Tetangga Tak Bisa Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 24 April 2020 - 17:11 WIB
    KH Muchamad Cholil Nafis mengemukakan, momentum puasa di tengah wabah ini dapat dimanfaatkan untuk membangun keakraban dengan keluarga.
  • Kisah Syahidnya Imam Said di Tangan Penguasa Zalim Hajjaj bin Yusuf
    Hikmah
    Sabtu, 05 November 2022 - 07:05 WIB
    Kisah syahidnya Imam Said bin Jubair (wafat 95 H atau 714 Masehi) di tangan penguasa zalim Hajjaj bin Yusuf patut dijadikan pelajaran berharga. Berikut kisahnya.
  • Kisah Tobat Imam Ibnu Aqil dari Paham Mutazilah
    Hikmah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 22:18 WIB
    Kisah tobat Imam Ibnu Aqil Al-Hanbali (wafat 513 H) dari paham Mutazilah termasuk di antara kisah hikmah yang sarat pelajaran berharga. Simak kisahnya.
  • KH Cholil Nafis Pimpin Gerakan Pengasuh Pesantren Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 08:43 WIB
    Gerakan Pengasuh Pesantren Indonesia (GAPI) dideklarasikan oleh sejumlah tokoh di Pesantren An Nahdhah, Depok, Jawa Barat dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan, Dua Tokoh Satu Guru
    Hikmah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:04 WIB
    Kisah KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan layak untuk diketahui umat muslim di Tanah Air. Kisah dua tokoh ulama ini sangat menginspirasi dan patut diambil iktibar (pelajaran).
  • KH Ahmad Baso: Nasionalisme Merupakah Strategi Jitu Walisongo Merangkul Semua Kalangan
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 10:44 WIB
    Cendekiawan Muslim KH. Ahmad Baso memaparkan bagaimana Walisongo berdakwah di masanya, ketika Nusantara masih didominasi oleh warga beragama Hindu dan Buddha.
  • Besok Jumat, Rektor UIM Makassar Prof KH Muammar Bakry Jadi Khatib di Masjid Istiqlal
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:41 WIB
    Besok Jumat 15 Shafar 1445 Hijriyah bertepatan 1 September 2023, Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MAg akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta.
  • Salat Rebo Wekasan Amalan Sufi  yang Tidak Ada Dasar Hukumnya, Begini Penjelasan KH Hasyim Asyari
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 17:00 WIB
    KH Hasyim Asyari melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan salat Rebo Wekasan. Beliau menegaskan bahwa salat Rebo Wekasan tidak ada dasarnya dalam syariat.