Topik Terkait: Takut Miskin

  • Hadis tentang Fakir Miskin, Golongan yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:30 WIB
    Bukanlah termasuk orang miskin mereka yang keliling meminta-minta kepada manusia, kemudian hanya dengan sesuap atau dua suap makanan dan satu atau dua buah kurma ia kembali pulang.
  • Dua Macam Perasaan Takut Manusia Terhadap Makhluk Gaib, Nomor 1 Paling Populer
    Tips
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 18:32 WIB
    Manusia adalah makhluk paling mulia di muka bumi dengan kesempurnaan melebihi makhluk yang lain, atas karunia dari Allah Subhanahu wa taala. Karena itu, manusia tidak boleh takut dengan makhluk ghaib seperti jin, apalagi takut yang tidak beralasan.
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Mengapa Manusia Tidak Boleh Takut pada Makhluk Ghaib? Ini Alasannya!
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:00 WIB
    Sebagai makhluk paling mulia di muka bumi dengan kesempurnaan melebihi makhluk yang lain atas karunia dari Allah Taala, maka rasa takut manusia kepada makhluk ghaib tidak diperbolehkan.
  • Pemuda Tajir Itu Memilih Memeluk Islam dan Menjadi Miskin
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 10:07 WIB
    Pemuda tajir itu adalah salah seorang sahabat Nabi. Para muarrikh menyebutnyadengan kalimat: Seorang warga kota Mekkah yang mempunyai nama paling harum.
  • 5 Kemuliaan Fakir Miskin yang Tidak Dimiliki Orang Kaya
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk berlaku baik dan mencintai orang-orang yang fakir dan miskin. Berikut 5 kemuliaan mereka.
  • Takut Miskin Karena Banyak Anak? Inilah Jawaban Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 14:30 WIB
    Dalam Islam, membatasi jumlah kelahiran dengan alasan takut miskin ternyata jauh lebih kuno dan ketinggalan zaman. Soal rezeki dan nafkah adalah keyakinan dan prasangka kepada Allah
  • Takut Kepada Makhluk Ghaib? Hati-hati Terjerumus Syirik
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 17:22 WIB
    Merasa takut terhadap makhluk ghaib seperti jin, lumrah dialami manusia. Namun, bila rasa takut itu muncul yang tidak beralasan semisal melewati jalan yang gelap, melewati kuburan atau pohon yang angker, hati-hati terjerumus ke dalam kesyirikan.
  • Kisah Nabi Hizqil: Menghidupkan Kembali Ribuan Orang Bani Israil yang Mati karena Wabah
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 15:47 WIB
    Kisah tentang Nabi Hizqil menghidupkan kembali ribuan orang Bani Israil yang sudah mati karena wabah diinformasikan dalam Al Quran Surat An-Baqarah ayat 243
  • Ketika Setan Menggoda Manusia dengan Kemiskinan
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:30 WIB
    Salah satu hal yang paling ditakutkan kaum perempuan adalah kemiskinan. Maka tak heran, banyak di antara mereka terjerumus dalam jurang kemaksiatan, hanya karena ingin memenuhi kebutuhan materi dunianya.
  • Apa Itu Gharim dalam Zakat?
    Tausyiah
    Senin, 08 April 2024 - 14:10 WIB
    Apa itu gharim dalam zakat? Imam Syafii membagi gharim ke dalam dua kategori. Pertama, orang yang berutang untuk maslahat dirinya. Kedua, orang yang berutang untuk maslahat publik atau masyarakat luas.
  • Kisah Seorang Pendosa Selamat Berkat Tauhidnya
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 21:42 WIB
    Sepintas kisah ini sulit diterima akal, namun begitulah Allah berkehendak dengan kekuasaan-Nya. Berkat tauhid yang dimilikinya, seorang pendosa selamat dari azab Allah.
  • Abdurrahman bin Auf Pernah Miskin, Begini Jawabannya ketika Ditawari Setengah Harta Saad bin Rabi
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 06:51 WIB
    Pada saat hijrah ke Madinah dari Makkah, beliau seperti umumnya saudara-saudaranya kaum Muhajirin, tanpa membawa rumah dan harta. Selanjutnya, Rasulullah SAW mempersaudarakan Abdurrahman dengan Saad bin Rabi.
  • Mereka yang Berhak Menerima Zakat, Apakah Harus Dibagi Rata kepada 8 Golongan?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:17 WIB
    Para ulama berselisih pendapat berkenaan dengan delapan golongan yang berhak menerima zakat, apakah wajib menyerahkan harta zakat kepada setiap golongan atau boleh diserahkan kepada sebagian golongan saja.
  • Zakat: Hak-Hak Lain Dalam Harta Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 11:49 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan orang-orang kaya wajib mencukupi dan menanggung kehidupan orang-orang fakir di lingkungan mereka. Hal itu bisa melalui zakat dan sedekah.
  • Si Miskin Tunanetra Ini Bikin Nabi Muhammad Dapat Teguran  Allah
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:37 WIB
    Lelaki buta itu beberapa kali mencoba bertanya dan memotong pembicaraan. Rupanya ini membuat Rasulullah agak kesal dan gusar. Pria ini dianggap sangat mengganggu.
  • Penjelasan Ulama tentang Keutamaan Sedekah di Saat Takut Miskin
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:21 WIB
    Islam mengajarkan agar jangan menunda-nunda sedekah. Karena sejatinya, semua harta adalah milik Allah Subhanahu wa Taala. Dan ketika Allah Taala menganjurkan sedekah, maka umat Islam tidak boleh lagi menunda-nunda, harus segera dilaksanakan.
  • Orang Saleh Tak Pantas Takut Pada Penampakan Jin
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:06 WIB
    Beberapa dalil menjelaskan bahwa jin bisa dilihat dengan mata kepala. Yaitu jika jin menampakkan diri kepada manusia. Jin menyamakan dimensinya dengan dimensi manusia sehingga mata bisa melihat pantulan cahaya dari tubuh (objek) jin.
  • Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Paling Miskin
    Hikmah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW yang paling miskin dan sepanjang hidupnya tetap miskin boleh jadi adalah Abu Dzar Al-Ghifari. Ada juga sahabat Nabi yang miskin seperti Ali bin Abu Thalib.
  • Kisah Ibnu Hajar Al-Haitami dan Istri yang Memilih Hidup Miskin
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 08:05 WIB
    Imam Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah? (909-973 Hijriyah) adalah ulama besar yang memiliki karamah luar biasa. Beliau diuji dengan seorang istri yang akhirnya memilih hidup miskin.