Kumpulan Artikel: Nikmat (halaman 3)

  • Tiga Sisi Syukur Menurut Al-Quran, Apa Saja?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:41 WIB
    Quraish Shihab mengatakan syukur mencakup tiga sisi: Syukur dengan hati, syukur dengan lidah, dan syukur dengan perbuatan, dengan memanfaatkan anugerah yang diperoleh.
  • Sehat Jasmani,  Salah Satu Kenikmatan yang Sering Diabaikan Manusia
    Tips
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 09:29 WIB
    Allah Subhanahu wa taala telah memberiknt nikmat yang tak terbilang dan tak terhingga, baik itu nikmat lahiriah maupun nikmat batiniah. Akan tetapi manusia terkadang mengabaikan nikmat tersebut
  • 5 Nikmat yang Didapat Ketika Sakit, Nomor 1 Diampuni Dosa-dosanya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:25 WIB
    Bagi seorang muslim, ketika diberi ujian sakit sebenarnya merupakan kenikmatan yang memiliki keutamaan. Kenapa demikian? Karena ternyata banyak keutamaan dari sakit yang tengah diderita itu sebagai karunia Allah Subhanahu wa taala.
  • Fadhilah Sakit, Demam Sehari Hapuskan Dosa Selama Setahun
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Jangan pernah mencela penyakit atau mengeluhkannya, sebab demam sehari dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun. Berikut hikmah dan fadhilah sakit.
  • Ghibtaah adalah Hasad yang Dibolehkan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 13 Juni 2022 - 13:28 WIB
    Hasad atau dengki adalah perkara yang membahayakan. Penderita hasad akan merasa sakit hati bila saudaranya berbahagia atau mendapat rezeki. Namun ada dua keadaan yang dibolehkan seseorang berbuat hasad.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 3 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Ar-Rahman
    Tips
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:32 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui keutamaan dan manfaat membaca Surat Ar-Rahman. Dalam Al-Quran, Ar Rahman merupakan surat ke-55 terdiri dari 78 ayat.
  • Inilah Obat Mujarab Dilapangkan Dada dan Dijauhkan dari Sempitnya Hati
    Tips
    Selasa, 07 Juni 2022 - 15:30 WIB
    Setiap manusia tentu mendambakan kebahagiaan dalam menjalani hidup, seperti dilapangkan dadanya oleh Sang Pencipta dan dijauhkan dari hal hal yang bisa mempersempit dada sang pemiliknya.
  • Ini Alasan Mengapa Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Diulang 31 Kali
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 11:41 WIB
    Mengapa Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban diulang 31 kali pada Surat Ar-Rahman? Berikut alasan dan artinya perlu untuk kita ketahui terutama kaum muslimin.
  • Inilah Tanda Orang yang Beruntung Dalam Pandangan Syariat
    Tips
    Kamis, 02 Juni 2022 - 10:14 WIB
    Salah satu tanda orang yang beruntung dalam pandangan syariat adalah mereka yang mendapat hidayah Allah Subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Inilah Mengapa Setiap Mukmin Ingin Kiamat Dipercepat Saat Menghuni Alam Kubur
    Tausyiah
    Senin, 23 Mei 2022 - 16:22 WIB
    Seorang mukmin dalam kuburnya, ketika melihat surga yang disiapkan Allah, berkata, Ya Tuhan, segerakanlah terjadinya kiamat agar aku tidak kembali ke keluarga dan hartaku!
  • Pakaian adalah Nikmat Terbesar Kaum Muslimah, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 15:09 WIB
    Pakaian atau busana adalah nikmat terbesar yang Allah Subhanahu wa taala berikan kepada kaum muslimah. Apa maksudnya? Dan bagaimana penjelasannya tentang hal tersebut?
  • 6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan
    Hikmah
    Minggu, 27 Maret 2022 - 08:05 WIB
    Penciptaan alam semesta berikut isinya perlu direnungkan kaum muslimin agar menambah keimanan kita kepada Allah. Ada 6 tanda kebesaran Allah yang wajib kita syukuri.
  • Inilah Pakaian yang Paling Baik di Mata Allah
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 18:22 WIB
    Pakaian yang paling baik di mata Allah Azza wa Jalla dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Araf Ayat 26. Pakaian terbaik ini menghimpun segala kebaikan.
  • 4 Hal yang Diambil Ketika Sakit, Nomor Terakhir Tidak Kembali Saat Sehat
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 22:16 WIB
    Tahukah Anda, ada empat hal yang diambil Allah ketika seseorang mengalami sakit. Namun setelah sembuh, Allah mengembalikan semuanya kecuali perkara yang keempat.
  • 3 Anugerah Nikmat Allah Taala yang Tak Terhitung di Dalam Rumah
    Muslimah
    Senin, 27 Desember 2021 - 11:08 WIB
    Senang dan betah tinggal di dalam rumah, ternyata memiliki kebaikan dan anugerah luar biasa bagi seorang muslim. Rasulullah pernah menggambarkan betapa bahagianya orang seperti itu.
  • Nasihat Berharga Ustaz Zulkifli Muhammad Ali
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 17:16 WIB
    Dai asal Pariaman Sumatera Barat ini mengingatkan kita agar tidak melupakan nikmat dan menyalahkan Allah hanya karena satu musibah. Berikut nasihatnya.
  • 3 Nikmat yang Sering Diabaikan Manusia
    Muslimah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:23 WIB
    Nikmat Allah Taala itu tak terbilang dan tak terhingga, baik itu nikmat lahiriah maupun nikmat batiniah. Tetapi, manusia terkadang mengabaikan tiga jenis nikmat ini. Apa saja itu?
  • Pentingnya Kesehatan, Ini Doa Nabi Agar Tetap Diberi Sehat
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Di antara nikmat Allah yang sangat berharga bagi manusia adalah kesehatan. Berikut doa yang diajarkan Nabi shallallahu alaihi wasallam agar tetap diberi sehat.
  • Hati-hati, Penyakit Hati Bisa Menyebabkan Kufur Nikmat
    Muslimah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 21:29 WIB
    Penyakit hati harus diwaspadai setiap muslim, karena kotoran hati akan menjadikan seseorang kufur nikmat dan mendatangkan azab Allah Subhanahu wa Taala. Kenapa penyakit ini selalu menghinggapi manusia?
  • Menjaga Nikmat Hidayah
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 09:11 WIB
    Kata hidayah, banyak sekali disebutkan dalam Al-Quran, baik dalam doa atau disandingkan dengan para Rasul yang dijadikan teladan dalam kehidupan terutama dalam mempertahankan nikmat hidayah ini.