Topik Terkait: Kabar Duka

  • Makna Kalimat Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rojiun dan Penerapannya
    Hikmah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 10:16 WIB
    Ketika mendengar kabar kematian, seorang muslim pasti akan mengucapakan kalimat inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Sebenarnya apa makna dan keutamaan mengucapkan kalimat tersebut? Serta kapan waktu mengucapkannya yang benar?
  • Suka Duka Petugas Antar Jemaah Haji Kesasar: Dimarahi, Dipukul, hingga Dicium Tangannya
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juni 2023 - 00:02 WIB
    Menjadi petugas haji yang bertugas melayani para tamu Allah di Tanah Suci Makkah dan Madinah bukan pekerjaan mudah. Diperlukan ketulusan, keikhlasan, dan kesabaran dalam melayani para jemaah haji.
  • Buya Syafii Maarif Wafat, Haedar Nashir: Beliau Milik Semua Orang
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:36 WIB
    Indonesia berduka. Allah Taala memanggil Ahmad Syafii Maarif ke haribaan-Nya. Tokoh teladan bangsa ini wafat pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB. Buya Ahmad Syafii wafat dalam usia 87 tahun.
  • Ada Duka dan Ada Pesta Saat Sultan Muhammad Al-Fatih Wafat
    Hikmah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Kabar wafatnya Sultan menyebar di Barat dan Timur. Terjadilah kegemparan luar biasa di tengah kaum muslimin maupun kaum Nasrani. Orang-orang Nasrani sangat gembira, sebaliknya muslim sangat bersedih.
  • Kiamat Sudah Dekat: Kabar Terbaru dari Makkah di Jazirah Arab
    Hikmah
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 16:57 WIB
    Negeri-negeri Arab akan dilimpahi dengan air yang banyak, sehingga menjadi beberapa sungai, tumbuh di atasnya berbagai macam tumbuhan sehingga menjadi padang rumput, kebun-kebun, dan hutan-hutan
  • Kabar Gembira, Ketika Izrail Datang Membawa Kafan dan Wewangian dari Surga
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 19:04 WIB
    Kemudian datanglah malaikat maut, lalu duduk di dekat kepalanya dan berkata, Wahai jiwa yang baik (dalam riwayat lain: jiwa yang tenang), keluarlah menuju ampunan dan ridha Tuhanmu!
  • Kabar Kiamat dari Mata Air Zughar, Buah Kurma Baisan, dan Danau Tiberias
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 18:28 WIB
    Dalam hadis kisah Tamim Ad-Dari tersebut adalah keluarnya Dajjal ditandai dengan keringnya danau Tiberias, keringnya mata air Zughar, dan pohon kurma Baisan tidak lagi berbuah.
  • Ketika Kekalahan Kristen Romawi atas Persia Jadi Duka Kaum Muslimin
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 17:16 WIB
    Hubungan persaudaraan antara mereka yang menjadi pengikut Nabi Muhammad dan mereka yang percaya kepada Isa, selama hidup Nabi, besar sekali, meskipun antara keduanya sering terjadi perdebatan.
  • Kabar Gembira Terkait Obat Herbal Covid-19 Temuan Ustaz Adi Hidayat
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 07:23 WIB
    Alhamdulillah, kabar gembira terkait temuan obat herbal Covid-19 hasil riset Ustaz Adi Hidayat (UAH). Seorang tokoh muallaf Hanny Kristianto mengungkap nama obat herbal Covid-19 yang bersumber dari Hadis Nabi itu.
  • Suka Duka Sainah Calon Jemaah Haji Tertua dari Depok
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Mei 2023 - 03:28 WIB
    Sainah warga Beji Timur menjadi calon jemaah haji tertua asal Depok, Jawa Barat pada 2023 yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.
  • Kabar Gembira Bagi Orang yang Bertaubat di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 08:05 WIB
    Ramadan menjadi momentum terbaik untuk bertaubat, menutup lembaran kelam dengan amal-amal saleh. Berikut kabar gembira bagi orang yang bertabat di bulan Ramadan.
  • Makna dan Keutamaan Kalimat Istirja
    Tausyiah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 08:29 WIB
    Makna dan keutamaan kalimat istirja: Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun sungguh sangat dalam. Kalimat ini belum dipraktikan oleh umat para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.
  • Kabar Baik dan Buruk Mimpi Tentang Orang Lain Meninggal Dunia
    Hikmah
    Rabu, 02 Juni 2021 - 11:53 WIB
    Sedangkan jika ia bermimpi dapat menghidupkan orang yang mati, maka mimpi tersebut memiliki arti bahwa dia akan mengislamkan orang non-Muslim atau dia mampu membuat orang fasik tobat.
  • Duka dan Ketakutan di Jalan Arab Berlin ketika Israel Meratakan Gaza
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Maret 2024 - 15:09 WIB
    Jerman merupakan rumah bagi diaspora Palestina terbesar di Eropa yang dilaporkan berjumlah 30.000 orang. Jerman telah menjadi salah satu sekutu paling setia Israel dalam beberapa bulan terakhir.
  • Memilukan: Pelukan dan Perpisahan Terakhir Warga Palestina di Gaza
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Februari 2024 - 15:02 WIB
    Inilah pemandangan yang terjadi di jalan-jalan Jalur Gaza, ketika jumlah korban tewas akibat agresi rezim Israel yang tidak terkendali terus meningkat melampaui angka 29.000 jiwa.
  • 5 Kriteria Manusia yang Diberi Kabar Gembira Saat Sakaratul Maut
    Hikmah
    Jum'at, 17 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama Al-Faqih, Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai), menerangkan kriteria orang-orang yang diberi kabar gembira saat sakartul maut.
  • Duka Umar bin Abdul Aziz Ketika Diangkat Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz tidak memiliki ambisi menjadi khalifah. Ia bahkan berniat menghindar. Begitu ia tahu harus menggantikan Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik ia menangis dan berucap, Innalillah...
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (2): Berita Aneh dan Kabar Asing
    Tausyiah
    Kamis, 02 September 2021 - 09:15 WIB
    Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul Dahsyatnya Hari Kiamat memaparkan hadis tentang detik-detik menjelang terjadinya kiamat: dari munculnya Dajjal, matahari terbit dari barat, dan seterusnya.
  • Turunnya Surat An-Nasr sebagai Kabar Akan Wafatnya Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:22 WIB
    Allah SWT menurunkan Surat An-Nasr sebagai kabar bahwa Rasulullah SAW akan segera wafat. Hal ini termaktub dalam hadis dari Ibnu Abbas yang salah satunya diriwayatkan Imam al-Bukhari.
  • 3 Kabar Malaikat Jibril Menjelang Ramadhan
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 11:26 WIB
    Dalam sebuah hadits yang diriwiyatkan Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW menaiki mimbar khutbah, lantas beliau mengulang-ulang ucapan sebanyak tiga: &ldquo&Acircmiin.. &Acircmiin.. &Acircmiin!&rdquo