Topik Terkait: Perang Irak

  • Inggris Resmi Akui ISIS Lakukan Genosida Kaum Yazidi di Irak
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 15:06 WIB
    Pemerintah Inggris secara resmi mengakui bahwa kelompok Islamic State (ISIS) melakukan genosida terhadap orang-orang Yazidi di Irak pada tahun 2014.
  • Perang Irak di Era Khalifah Umar bin Khatab Bukan Perang Agama
    Hikmah
    Senin, 28 September 2020 - 06:24 WIB
    Tatkala surat Musanna sampai ke tangan Khalifah Umar bin Khattab dan ia mengetahui persiapan Persia sesudah ada persepakatan, ia berkata: Akan kuhajar Raja-raja Persia itu dengan raja-raja Arab!
  • Tindakan Momeka Membakar Al-Quran di Swedia Membuat Umat Kristen Irak Ketakutan
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juli 2023 - 08:21 WIB
    Salwan Momeka yang membakar Al-Quran di Swedia itu adalah warga Irak. Dia keturunan minoritas Kristen Irak. Akibat tindakannya, orang-orang Kristen Irak kini dihinggapi rasa takut.
  • Tragedi Perang Jembatan: Langgar Pesan Umar Bin Khattab, Pasukan Muslim Berguguran
    Hikmah
    Senin, 21 September 2020 - 14:37 WIB
    Abu Ubaid sudah berwasiat, kalau dia mati, kepemimpinan dipegang oleh tujuh orang dari Banu Saqif secara bergantian dengan menyebutkan nama-nama mereka.
  • Tragedi Perang Jembatan dan Sikap Umar bin Khattab yang Lembut
    Hikmah
    Selasa, 22 September 2020 - 14:18 WIB
    Pada saat kalah dalam Perang Mutah, penduduk Madinah berdatangan menaburkan tanah kepada pasukan itu seraya mengatakan: Hai orang-orang pelarian! Kamu lari dari jalan Allah!
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kini Menginjakkan Kaki di Istana Legendaris Saddam Hussein Bukan Lagi Mimpi
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 14:46 WIB
    Pada 20 tahun silam, sebelum Amerika Serikat dan sekutunya menghancurkan Irak, menginjakkan kaki di tanah lingkungan istana Saddam Hussein adalah di luar imajinasi terliar siapa pun.
  • Pembebasan Irak: Kisah Benteng Perempuan dan Seorang Putri Bangsawan Persia
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 12:08 WIB
    Putri bangsawan itu kemudian tahu apa yang telah menimpa suaminya. Ia mengadakan perundingan perdamaian dengan Muanna. Setelah masuk Islam putri itu kemudian kawin dengan Muanna.
  • Pembebasan Irak: Kisah Khalid bin Walid Kalahkan Pasukan Persia di Mazar
    Hikmah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 11:28 WIB
    Musanna yang pada awalnya bermaksud menghabisi sisa-sisa tentara Persia tersadar bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan. Musuh terlalu kuat. Oleh karena itu ia mencari tempat bermarkas yang tak jauh dari Mazar.
  • Sang Pembebas Irak Itu Bernama Musanna Bin Harisah
    Hikmah
    Selasa, 29 September 2020 - 15:53 WIB
    Bersama Musanna, Abu Ubaid mendapat kemenangan di Namariq, dan sesudah Abu Ubaid dan anak buahnya terbunuh dalam pertempuran di jembatan, Musanna mengambil alih memegang bendera.
  • Pembangunan Irak di Era Umar bin Khattab dan Fitnah Atas Saad bin Abi Waqqash
    Hikmah
    Kamis, 12 November 2020 - 15:33 WIB
    Ada lagi golongan yang melaporkan Saad kepada Umar, bahwa salatnya tidak becus. Umar mengutus orang untuk menanyakan kepada penduduk tentang kebenaran berita tersebut.
  • Catatan Perang Atrisi: Omong Kosong Perdana Menteri Israel Golda Meir
    Dunia Islam
    Minggu, 15 Oktober 2023 - 07:10 WIB
    Serangan-serangan itu secara khusus ditujukan pada pasukan Israel yang menduduki tanah Mesir. Tidak ada penduduk sipil Israel atau harta benda mereka yang terancam.
  • Pembebasan Irak: Kontroversi Banjir Darah yang Diciptakan Khalid bin Walid
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 14:16 WIB
    Kejadian-kejadian di Ullais dan Amgasyia, beberapa penulis sejarah menyatakan penyesalannya bahwa seorang jenderal jenius sekaliber Khalid telah melakukan perbuatan yang begitu biadab.
  • Kisah Persahabatan Shalahuddin Al Ayyubi dan Raja Richard di Tengah Panasnya Perang Salib
    Dunia Islam
    Senin, 20 November 2023 - 18:50 WIB
    Shalahuddin Al Ayyubi biasa dikenal bangsa Barat sebagai Saladin. Ia merupakan salah seorang panglima Muslim yang cukup terkenal di eranya.
  • Perang Tabuk, Pertempuran Terakhir Rasulullah SAW yang Terjadi di Bulan Rajab
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:26 WIB
    Perang Tabuk merupakan salah satu pertempuran yang pernah diikuti Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi pasukan Romawi. Perang ini terjadi pada bulan Rajab Tahun 9 Hijriyah.
  • Pembebasan Syam: Kisah Khalid bin Walid dan Pasukannya Melakukan Perjalanan dari Irak
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:05 WIB
    Panglima perang kaum muslimin, Khalid bin Walid menempuh perjalanan dari Irak menuju Syam sesuai perintah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Khalid dan pasukannya harus membebaskan Syam dari Romawi.
  • Pembebasan Irak: Doa Khalid bin Walid dan Kisah Sungai Darah
    Hikmah
    Rabu, 17 Januari 2024 - 16:50 WIB
    Di tepi sungai itu terdapat beberapa penggilingan, yang selama tiga hari menggiling makanan untuk delapan belas ribu orang anggota pasukan, sementara air sungai berwarma merah padam mengalir deras di bawahnya.
  • Inilah Hikmah Besar dari Perang Badar
    Tausiyah
    Kamis, 23 Mei 2019 - 17:21 WIB
    Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Abu Bakar Al-Hamid menjelaskan hakikat Perang Badar dan hikmah yang terkandung di dalamnya.
  • Sa’ad bin Muadz (1): Pengobar Semangat Jihad Kaum Anshar dalam Perang Badar
    Hikmah
    Jum'at, 03 September 2021 - 09:37 WIB
    Saad bin Muadz adalah tokoh Anshar yang mengobarkan semangat jihad pada perang Badar. Beliau syahid dalam usia 31 tahun setelah er,ibat dalam Perang Badar, Perang Uhud, dan Perang Khandaq.
  • Apa Penyebab Terjadinya Perang Khandaq? Ini Jawabannya
    Dunia Islam
    Senin, 23 Oktober 2023 - 17:38 WIB
    Perang Khandaq menjadi salah satu perang yang terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW. Perang ini diketahui berlangsung pada bulan Syawal tahun 5 Hijriah atau tahun 627 Masehi.
  • 100.000 Pasukan Persia Tewas,  Bertahun-Tahun Mayatnya Tak Dikubur
    Hikmah
    Kamis, 24 September 2020 - 13:02 WIB
    Anggota pasukan Persia yang terbunuh mencapai 100.000. Mayatnya tergeletak di medan pertempuran sampai busuk dan hanya meninggalkan timbunan tulang belulang.