Kumpulan Artikel: Ulama (halaman 25)

  • Apabila Banyak Ulama yang Wafat, Kiamat Semakin Dekat?
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 16:52 WIB
    Di dalam 40 Hadis pertanda akhir zaman, salah satu hadis tentang wafatnya para ulama dijadikan indikasi bahwa pertanda Kiamat semakin dekat.
  • Gus Mus Ucapkan Bela Sungkawa Pada Mereka yang Dapat Jabatan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:24 WIB
    Jangan kaget kalau Gus Mus mengucapkan bela sungkawa kepada mereka yang dapat jabatan. Ia mengaku heran jika ada pejabat negara yang bersyukur atas amanat yang diembannya.
  • Innalillah, Satu Lagi Ulama Indonesia Wafat Hari Ini
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:05 WIB
    Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik asal Tegal Jawa Tengah, Al-Habib Abdullah bin Muhammad bin Hadun bin Umar Al-Athos pada Sabtu 2 Mei 2020 bertepatan 9 Ramadhan 1441 Hijriyah.
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • Jika Situasi Belum Normal Lebih Baik Salat di Rumah
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:14 WIB
    Rais Syuriyah PBNU, KH Afifuddin Muhajir, mengutip Imam Ghazali, menyampaikan bahwa salat sendiri dengan khusuk lebih baik daripada berjamaah tidak khusuk.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Imam Malik dan Imam Syafii Tertawa Menyikapi Rezeki
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 09:10 WIB
    Bagaimana memperoleh rezeki kerap mengundang perbedaan pendapat dari banyak orang. Hal ini pula pernah menjadi perdebatan Imam Maliki dan Imam Syafii yang merupakan guru dan murid.
  • Kenapa Imam Al-Ghazali Digelari Hujjatul Islam?
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 07:05 WIB
    Siapa yang tak kenal Imam Al-Ghozali? Beliau adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Kenapa beliau digelari Hujjatul Islam?
  • Menyentuh, Puisi Nasehat Ramadhan Buat KH Mustofa Bisri
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 12:18 WIB
    Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang lebih populer dipanggil Gus Mus mengungkit masa lalunya.
  • Menjadi Seperti Ibrahim bin Adham di  Zaman Now
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:55 WIB
    Al-kisah, ketika Ibrahim bin Adham sedang duduk bersama teman-temannya lalu lewatlah di hadapan mereka seorang temannya yang lain sambil melihat mereka tanpa mengucapkan salam.
  • KH Cholil Nafis: Jangan Sampai Ada Tetangga Tak Bisa Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 24 April 2020 - 17:11 WIB
    KH Muchamad Cholil Nafis mengemukakan, momentum puasa di tengah wabah ini dapat dimanfaatkan untuk membangun keakraban dengan keluarga.
  • Pesan Habib Umar Bin Hafizh di Malam Pertama Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 23 April 2020 - 19:33 WIB
  • Bolehkah Memakai Hand Sanitizer yang Mengandung Alkohol?
    Tausyiah
    Kamis, 23 April 2020 - 16:36 WIB
    Penggunaan Hand Sanitizer di saat musibah pandemik saat ini sudah tidak asing lagi. Muncul pertanyaan, bagaimana hukumnya jika Hand Sanitizer mengandung alkohol?
  • Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
    Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid abad kelima Hijriyah.
  • Kisah Imam Ahmad bin Hanbal dan Istighfar Tukang Roti
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 23:50 WIB
    Imam Ahmad bin Hanbal, ulama besar pendiri mazhab Hanbali (murid Imam Syafii) punya kisah menarik bertemu dengan seorang penjual (tukang) roti.
  • NU Minta Masjid Siarkan Pencegahan Corona dan DBD Sebelum Azan
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 20:24 WIB
    Lembaga Takmir Masjid PBNU meminta para pengurus atau takmir majid mengingatkan kewaspadaan kepada umat melalui pengeras suara masjid dan mushala terkait kondisi terkini.
  • Happy Beragama, Gus Baha: Agama Harus Membawa Keceriaan Hati
    Hikmah
    Minggu, 19 April 2020 - 10:25 WIB
    Gus Baha mengatakan agama harus dibawa secara menyenangkan agar agama membawa keceriaan hati. Keceriaan sosial. Nabi paling marah jika suatu kebaikan menjadi problem, katanya.
  • Khutbah Jumat Habib Jindan yang Menggetarkan Hati
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 22:08 WIB
    Pimpinan Yasasan Al-Fachriyah Al-Habib Jindan bin Novel Salim Jindan menyampaikan nasihat menggetarkan hati saat menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Al-Ikhlas Tangerang.
  • Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit, Bolehkan Fidyah Dibayar dengan Uang?
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 04:22 WIB
    Menjawab banyaknya pertanyaan seputar kewajiban membayar fidyah, apakah harus menggunakan makanan pokok ataukah boleh diganti uang, begini pendapat PB NU.
  • Kisah Pecinta Quran yang Jasadnya Berpindah dari Turki ke Madinah
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 18:59 WIB
    Al-Habib Quraisy Baharun menceritakan sebuah kisah pecinta Quran yang jasadnya berpindah dari Turki ke Madinah. Kisah ini dkutip dari Kitab Karomatul Auliya wa Thobaqotul Auliya dan Hilyatul Auliya.
  • Beginilah Tawakkal yang Diajarkan Habib Jindan (2)
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 17:12 WIB
    Dikisahkan, suatu hari Nabi Muhammad SAW pulang berjihad beliau berteduh di bawah pohon. Lalu ada orang mengambil pedangnya Rasulullah dan menodongkannya kepada beliau.