Topik Terkait: Akad Nikah

  • Bacaan Akad Nikah Arab dan Indonesia Lengkap
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 07:30 WIB
    Bacaan akad nikah Arab dan Indonesia lengkap di bawah ini bisa menjadi referensi bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut lafaz bacaannya.
  • Bacaan Sighat Taklik setelah Akad Nikah
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:04 WIB
    Bacaan sighat taklik setelah akad nikah yang diucapkan oleh mempelai laki-laki (suami) adalah sebagai berikut. Sighat takliq talak merupakan sebuah kebijakan khusus yang dibentuk oleh pemerinah.
  • Syarat Nikah di KUA Lengkap dengan Prosedurnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:43 WIB
    Syarat nikah di KUA penting diketahui calon pengantin yang akan melansungkan pernikahan. Nikah merupakan sunnah Nabi dan diwajibkan bagi yang mampu. Berikut persyaratannya.
  • Nikah Misyar: Solusi Perempuan Tajir dan Tidak Butuh Biaya Suami?
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:24 WIB
    Benarkan nikah misyar bisa menjadi solusi bagi perawan tua yang kaya raya dan tidak butuh biaya dari suami. Juga solusi bagi lelaki miskin yang tak kuat membayar mahar untuk calon istrinya?
  • Bacaan Khutbah Nikah Lengkap dengan Contohnya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 22:21 WIB
    Pernikahan merupakan sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Islam mengatur bagaimana melaksanakan pernikahan sesuai Sunnah, termasuk bacaan khutbah nikah.
  • Doa Setelah Akad Nikah yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Doa atau mendoakan pengantin setelah akad nikah adalah hal penting yang mesti dilakukan demi mengantar dan membekali kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumah tangga.
  • Arab Saudi Izinkan Akad Nikah di Masjidilharam dan Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Senin, 29 Januari 2024 - 08:37 WIB
    Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan akad nikah di Masjidilharam Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Silakan bagi muslim yang berminat.
  • Nikah Misyar: Pendapat yang Melarang dan yang Membolehkan Sama-Sama Relevan
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:11 WIB
    Ulama yang membolehkan nikah misyar mendasarkan pada hukum paling utama yakni terpenuhinya segala syarat sahnya pernikahan. Karena itulah pernikahan menjadi sah menurut agama.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Terminologi Nikah Misyar, Tak Sekadar Bobok-Bobok Siang
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Pernikahan misyar telah menimbulkan perdebatan terutama di kalangan ulama kontemporer. Karena model nikah misyar baru dikenal masa kini, maka para ulama kontemporer berbeda pendapat menghukuminya.
  • Begini Alasan Ulama yang Membolehkan Nikah Misyar
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:56 WIB
    Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum nikah misyar. Dalam hal ini setidaknya terdapat dua kelompok ulama yang memiliki pandangan hukum yang berbeda. Salah satunya adalah membolehkan nikah misyar.
  • Saat Ibadah Haji: Dilarang Pinangan, Akad Nikah, dan Jimak!
    Tips
    Selasa, 30 Mei 2023 - 14:14 WIB
    Barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat kefasikan, dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.
  • Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Indonesia dan Arab
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:35 WIB
    Bacaan ijab kabul akad nikah bahasa Indonesia dan Arab mengandung arti penyerahan dari pihak wali si perempuan. Sedangkan Kabul (Qobul) mengandung arti penerimaan dari pihak calon suami.
  • 7 Pernikahan yang Dilarang dalam Islam, Salah Satunya Nikah saat Ihram
    Tausyiah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:00 WIB
    Ada beberapa jenis pernikahan yang dilarang dalam Islam, bahkan wajib dibatalkan karena haram hukumnya. Pernikahan apa saja itu?
  • Status Anak di Luar Nikah dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Status anak biologis atau kehadiran anak tanpa ikatan pernikahan kembali ramai diperbincangkan. Kasus tersebut terjadi, dari pasangan muda mudi yang kebablasan dalam menjalin cinta
  • Pahami!  Bolehkah Membuat Perjanjian Pra Nikah Agar Tidak Poligami?
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Doa setelah Akad Nikah kepada Istri
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 16:21 WIB
    Doa setelah akad nikah kepada istri berdasarkan hadis yang diriwayakan Abu Dawud no. 2160 dan Ibnu Majah no. 2252, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani adalah sebagai be
  • Benarkah Menikah di Bulan Dzulhijjah Sangat Dianjurkan?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:39 WIB
    Salah satu yang dianjurkan, ketika ingin melaksanakan pernikahan adalah digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian?
  • 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Anak di Luar Nikah
    Muslimah
    Sabtu, 18 September 2021 - 05:15 WIB
    Banyak pasangan muda mudi kebablasan dalam menjalin cinta. Sebagian remaja, bahkan terjerumus pada zina, hingga sang perempuan hamil. Tentu saja ini menjadi masalah karena terkait status anak setelah dilahirkan.
  • Bolehkah Memilih Wanita untuk Dinikahi karena Kecantikannya Saja?
    Muslimah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 17:30 WIB
    Ketika memilih perempuan untuk dinikahi, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut ada empat hal syarat yang dapat mewujudkannya.