Topik Terkait: Madain Ibu Kota Persia

  • Pasukan Muslim Merangsek ke Ibu Kota, Sejumlah Komandan Kompi Persia Tewas
    Hikmah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 11:12 WIB
    Hasyim bin Utbah melangkah maju dan menghantamnya dengan pedangnya demikian rupa sehingga singa itu tersungkur mati. Kompi itu langsung lari dan berlindung di Bahrasir.
  • Lagi, 100.000 Pasukan Persia Tewas di Jalula,  Sisanya Terdesak Lari ke Iran
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 10:40 WIB
    Pasukan Persia yang terbunuh ketika itu 100.000 orang, dan yang masih ada lari hendak menuju Hulwan, dekat Iran. Tetapi pasukan muslim terus mengejar mereka dan berhasil menyusul di Khaniqin.
  • Hadapi Muslim, Pasukan Persia Anggap Berperang dengan Jin
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 12:49 WIB
    Pihak Persia tercengang melihat apa yang dilakukan musuh mereka itu. Mereka berkata satu sama lain: Gila! Gila! Dan yang lain berkata: Kalian bukan berperang dengan manusia, tetapi dengan jin!
  • Kisah Penaklukan Persia: Begini Perubahan Jati Diri Bangsa-Bangsa dalam Keluarga
    Hikmah
    Sabtu, 30 Desember 2023 - 08:37 WIB
    Memang benar, dalam hati bangsa-bangsa yang sudah ditaklukkan itu - terutama Iran - masih tertanam rasa dendam kepada pihak pemenang yang dapat timbul dari waktu ke waktu.
  • Kisah Perang Persia dan Romawi sebelum Takluk kepada Kaum Muslimin
    Hikmah
    Senin, 08 Januari 2024 - 15:27 WIB
    Pihak Yahudi ternyata bergabung dengan pihak Majusi dan membantunya dalam memerangi kaum Nasrani. Sesudah keadaan di Syam stabil, Persia menyerbu Mesir dan menggantikan kekuasaan Romawi.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Pasukan Muslim Kepung Kota Bahrasir, Ajakan Damai Raja Persia Ditolak
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:30 WIB
    Ketika itulah Yazdigird mengutus orang kepada Saad menawarkan langkah perdamaian bahwa Tigris akan dijadikan batas pemisah dengan pihak pasukan Muslimin.
  • Kisah Budak Taglabi yang Berhasil Membunuh Panglima Perang Persia
    Hikmah
    Jum'at, 25 September 2020 - 05:00 WIB
    Seorang budak Nasrani berhasil membunuh Mehran kemudian merampas kudanya. Ia lalu pergi sambil berdendang: Saya budak Taglabi. Saya yang membunuh pemimpin Persia.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Kisah Matinya Panglima Perang Persia Firozan
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 05:15 WIB
    Firozan sendiri termasuk yang lari mencari selamat. Ia tinggal seorang diri sebagai pelarian, memacu kudanya ke arah Hamazan dengan harapan akan dapat berlindung.
  • Di Persia, Orang-Orang Arab Menjadi Kurus dan Loyo
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 14:23 WIB
    Saad bin Abi Waqqash menulis surat kepada Umar dengan mengatakan bahwa orang-orang Arab menjadi kurus-kurus dan tenaganya sudah sangat berkurang.
  • Begini Pengaruh Positif setelah Persia dan Romawi Ditaklukkan Kaum Muslim
    Hikmah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 16:12 WIB
    Setiap amir (emir) disibukkan oleh emiratnya (wilayahnya) masing-masing. Mereka berusaha memperbaiki kebijakannya agar tidak mendapat teguran dan kemarahan wakil-wakil Muslimin dan Amirulmukminin.
  • Kisah Buran, Putri Bizantium yang Jadi Maha Ratu Persia
    Hikmah
    Selasa, 09 November 2021 - 05:15 WIB
    Buran binti Kisra II bin Hurmuz IV bin Kisra I sempat jadi perhatian, menyusul kesuksesan dirinya menjadi perempuan pertama yang menjadi Ratu Persia.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Raja Kisra Mati di Pelarian, Persia Tak Pernah Melawan Lagi
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 14:48 WIB
    Menurut Haekal, mereka yang sungguh gembira dengan kemenangan ini warga Kufah, sehingga oleh mereka diberi nama kemenangan dari segala kemenangan.
  • Pra Islam: Ketika Orang-Orang Arab Menjadi Penyekat antara Romawi dan Persia
    Hikmah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:32 WIB
    Kala itu, kekuasaan di Irak dan di Syam silih berganti antara kedua imperium Persia dan Romawi. Adakalanya Persia merebut Syam dari Romawi lalu digabung dengan Irak yang ada di bawah kekuasaannya.
  • Pola Makan Ibu Hamil dalam Pandangan Syariat Islam
    Muslimah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:56 WIB
    Seorang wanita yang sedang mengandung (hamil) harus menjaga asupan makanannya agar bayi dalam kandungannya dapat menyerap makanan-makanan yang sehat, halal dan thayiiban
  • Ini Mengapa Byzantium dan Persia Takluk dengan Kekhalifahan Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:00 WIB
    John Louis Esposito mengatakan dalam waktu seratus tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, para penggantinya (khalifah-khalifah) mendirikan suatu kerajaan yang lebih besar daripada Roma.
  • Membangun Kota Basrah dan Kebijakan Umar bin Khattab Terhadap Petani
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 08:36 WIB
    Sejak semula Umar menolak membagikan tanah kepada anggota pasukan, supaya mereka tidak mendiami daerah pertanian dan membiasakan diri hidup menetap dan akan membuat mereka malas jika ada mobilisasi.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hak Ibu Itu Lebih Kuat daripada Hak Ayah
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 08:47 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sejarah tidak pernah mengenal adanya agama atau sistem yang menghargai keberadaan wanita sebagai ibu yang lebih mulia daripada Islam.
  • Inilah Pola Makan Ibu Hamil dalam Penjelasan Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:25 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengabarkan bahwa pentingnya memberi asupan yang baik, bergizi, serta halal, hingga ibu harus memberikan air susu kepada bayinya selama dua tahun. Begini penjelasannya!
  • Ibu Hamil Masih Punya Utang Puasa, Wajib Qadha atau Bayar Fidyah?
    Muslimah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 10:00 WIB
    Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa termasuk di Bulan Ramadan nanti. Tapi kalo masih ada utang puasa, bagaimana cara menggantinya?
  • Umar bin Khattab: Akan Kuhantam Raja-Raja Persia itu dengan Raja-Raja Arab
    Hikmah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab menyerukan semua orang yang memiliki senjata dan kuda, yang mempunyai keberanian atau kearifan pilihlah dan kirimkanlah kepada saya. Cepat! Cepat!! ujarnya.