Topik Terkait: Rukun Shalat

  • Mengenal 6 Rukun Haji, Pengertian dan Syaratnya
    Tips
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 13:12 WIB
    Rukun haji menjadi pengetahuan penting yang perlu dipahami umat Islam. Terlebih bagi mereka yang akan berangkat menunaikan ibadah haji sebagai penyempurnaan rukun Islam kelima.
  • Subhanallah! Shalat Tepat Waktu Berpengaruh pada Kesuksesan
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 16:44 WIB
    Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisab di hari Kiamat. Saking berharganya shalat, Islam menempatkannya sebagai rukun kedua setelah syahadat.
  • Tingkatan dan Tips Khusuk dalam Shalat
    Tips
    Senin, 13 September 2021 - 13:26 WIB
    Khusyuk menjadi faktor penting dalam menjalankan ibadah shalat. Namun, setiap muslim, mempunyai tingkatan berbeda-beda dalam urusan khusyuk saat menunaikan shalat ini.
  • Tata Cara Sujud Sholat yang Benar untuk Perempuan
    Tips
    Senin, 18 Oktober 2021 - 19:24 WIB
    Meski syarat sujud antara laki-laki dan perempuan sama, namun terdapat perbedaan mengenai tata cara pelaksanaan sujud sholat antara laki-laki dan perempuan.
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Shalat Malam, Cara Terbaik Mendeteksi Naik Turunnya Iman
    Tips
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 08:29 WIB
    Salah satu cara mendeteksi naik atau turunnya iman yang dilakukan sebagian ulama pada zaman dahulu adalah dengan melihat shalat malam mereka.
  • Ibadah Haji: Haruskah Mencium Hajar Aswad dan Mengusap Rukun Yamani?
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Mereka melakukan itu dalam rangka mengikuti Rasulullah SAW dan menjadikan Beliau sebagai suri tauladan, bukan karena meyakini bahwa Hajar Aswad bisa mendatangkan manfaat atau bisa mendatangkan celaka.
  • 6 Rukun Haji, Pengertian, Syarat dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 12:49 WIB
    Rukun haji menjadi salah satu rukun yang penting untuk diketahui oleh umat Islam. Terutama bagi mereka yang akan menyempurnakan rukun Islam yang kelima.
  • Wajibkah Wanita Haid Mengganti Shalat?
    Muslimah
    Kamis, 16 September 2021 - 06:00 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan setelah selesai haid wajib mengganti atau mengqadha puasanya setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah shalat, apakah ia wajib menggantinya?
  • Kenapa Tak Mau Berlama-lama Dalam Shalat?
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 08:06 WIB
    Berapa banyak di antara muslimah yang mengerjakan shalat sementara pikirannya pergi ke mana-mana! Sehingga menghalangi kenikmatan shalat, dan hatinya tidak khusyuk, serta badannya tidak tunduk.
  • Ancaman Serius Bagi yang Meninggalkan Shalat
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 23:31 WIB
    Amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Ketahuilah kemungkaran dan dosa terbesar sebagian umat Islam adalah meninggalkan shalat lima waktu.
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.
  • Apakah Dagu Perempuan Termasuk Aurat Ketika Shalat?
    Muslimah
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:29 WIB
    Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat? Apakah dagu termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Seperti diketahui bahwa aurat perempuan dalam shalat adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan.
  • Begini Aturan Mengganti Shalat Saat Haid Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 31 Januari 2022 - 16:57 WIB
    Ada keistimewaan bagi seorang muslimah ketika mengalami siklus datang bulan atau haid. Mereka tidak diwajibkan melaksanakan ibadah shalat dan puasa ketika haid tersebut.
  • Rukun Wudu dan Hal-hal yang Wajib Diketahui agar Ibadah Sah Sesuai Syariat
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 18:25 WIB
    Banyak sekali keutamaan dari wudu, beberapa di antaranya karena wudu dosa terampuni, wudu yang sempurna wajib masuk surga, karena wudhu derajat diangkat dan lainnya.
  • Rukun Umroh Sesuai Sunnah Lengkap Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:16 WIB
    Rukun Umroh sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebaga bekal untuk menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Dalam pelaksanaannya, rukun ibadah haji dan umroh hampir sama.
  • Rukun Salat Iduladha Tak Berbeda dengan Salat Idulftri
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Rukun salat Iduladha tidak berbeda dengan rukun salat Idulfitri dan mirip dengan salat lain. Demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunahkan.
  • 3 Perbedaan Syiah dan Sunni, Salah Satunya Rukun Islam
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 14:59 WIB
    Perbedaan Syiah dan Sunni cukup banyak. Salah satunya adalah perihal rukun Islam dan rukun Iman. Rukun Islam Syiah adalah: (1) sholat, (2) puasa, (3) zakat, (4) haji, dan (5) Wilayah.
  • Perbedaan Antara Rukun Haji dan Wajib Haji
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:35 WIB
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan umat Islam bagi yang mampu. Berikut ini perbedaan antara rukun haji dan wajib haji.
  • Menunda Shalat, Dosa yang Sering Diremehkan Perempuan
    Muslimah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Menunda-nunda waktu sholat tanpa ada udzur, merupakan perbuatan yang sering diremehkan kaum wanita. Penyebabnya, karena lemahnya perhatian mereka terhadap masalah tersebut dan karena kelalaiannya.